TIM FUTSAL IKK ayey \m/

1:24 PM Nova Zakiya 0 Comments

Pekan olahraga dan seni mahasiswa Fakultas Ekologi Manusia tahun ini sudah berakhir. Ya, ESPENT yang ke-5 ini sudah dimulai sejak tanggal 17 Maret 2012 dan berakhir pada tanggal 29 Maret 2012. Seperti biasa, gue ikut di tari kreasi tradisional bareng Rena, Feni sama Juli. Tapi kali ini yang mau gue ceritain bukan tentang lomba tari gue, melainkan tim yang gue pegang.

Tim futsal IKK baru dibentuk setahun yang lalu, pas jaman gue masih di tingkat 2. Sebelumnya, kita gabung sama tim futsal GM (mungkin atas nama GMSK), as you know, jumlah cowo di IKK memang ngga seberapa, dan tahun 2011, kita sudah bisa membentuk tim sendiri atas nama IKK. Dan selama 2 tahun ini, gue yang megang tim futsal IKK, as a manager. Awalnya kenapa gue mau jadi manager di tahun awal tim ini kebentuk, karena gue udah akrab (ya paling ngga kenal nama) sama cowo masing-masing angkatan. Di angkatan 44, ada bang Rheza sama ka Agus. Si bang Rheza ini gue kenal karena dia GM MAX!! ke-5, udah jelas gue tau dia. Kalo ka Agus karena dia sering jadi entah itu moderator ataupun pembicara di event-event yang dibuat sama anak IKK. Selain itu, gue tau mereka berdua karena mereka asprak Perilaku Konsumen. Di angkatan 45, gue cuma tau si Ari. Dia pernah satu kelompok sama gue pas praktikum Pengantar Ekologi Keluarga. FYI, dia itu Ketua UKM FUTSAL IPB pas waktu itu. Nah, dia ajakinlah si ka Reza sama ka Yuris. Di angkatan gue sendiri ada Bagus, Mail, Febrika, Reza, Iki sama Fernando.

Pada akhirnya yang bersedia main saat itu cuma Ari, Ka Reza, Bang Rheza, Bagus, Mail, Febrika, Iki sama Fernando. Ka Agus ngga ikutan karena harus keluar kota ada kerjaan, begitu juga ka Yuris. Reza sendiri emang ngga bersedia buat ikutan dan gue juga ngga punya hak buat maksa kan? Pertama kalinya gue megang mereka, gue cuma berusaha buat bantu semampu yang gue bisa. Gue nurutin apa yang Ari bilang pas pertandingan, gue harus ngapain aja, dsb. Cuma pas ESPENT 4th kita belum bisa memberikan apa yang IKK harapkan ke kita. yah, namanya juga permulaan, wajar bukan?

Setahun kemudian, masih gue yang megang juga buat ESPENT 5th cabang futsal. Kali ini tim kita kedatangan anak 47, ada Mardi, Rahmat, Fajrun sama Rizqi. 47 masuk itu berarti 44 udah lulus, bang Rheza udah ngga main lagi disini. Latihan tahun ini cukup tidak teratur, ngga seperti tahun sebelumnya. Entah itu karena cuaca, ataupun kesibukan masing-masing, termasuk gue yang jarang ikut nemenin mereka karena ada latihan nari juga ngajar. Sempet punya pikiran juga buat gue mundur jadi manager futsal dan pengen nyerahin ke anak 47 nya. Cuma di akhir-akhir gue sadar, kalo gue udah mutusin buat mulai sesuatu, gue harus nyelesein itu sampe beres. Ngga ada yang namanya mogok di tengah jalan. Setelah lomba tari selesai, barulah gue bisa nemenin mereka latihan, walau cuma duduk diem nyediain minuman buat mereka, tapi gue senang. Sayangnya tahun ini, gue ngga ikutan pesen kaos timnya, padahal bagus, ya tapi financial sedang diarahkan untuk kebutuhan yang lebih mendesak lainnya.

Pesan gue sama anak anak saat itu, “gue udah nyatet jadwal futsal di agenda gue sampe tanggal 29 Maret 2012. Mau ngga mau lo semua harus main sampe tanggal itu.

Dan hari itu pun tiba. Jumat, 23 Maret 2012 adalah awal pertandingan kita melawan KPM 47. Yah walaupun sepi supporter karena hari itu libur, gue sangat menghargai temen-temen IKK yang nyempetin buat dateng ke kampus ngasih dukungan buat tim kita. tim inti hari ini ada Ari, Mardi, Bagus, Rizqi sama Ka Reza. Mail, Febrika, Fajrun, Rahmat ada di kursi cadangan dulu. Rizqi kipernya. As usual, saat pertandingan, gue ribet sama stopwatch hp gue, buat ngitung waktu pertandingan dan ngasih tanda kalo udah 5 menit ke Ari, juga nyiapin minum buat mereka dan nyiapin suplemen alias gula jawa buat Bagus. Pertandingan hari itu cukup seru dan berakhir seri 3-3. Mail sama Febrika ngga sempet kita mainin, ya tapi support dari mereka buat pemain kata gue sangat ngebantu lah ya. Masih inget banget gue kalo abis itu muka si Rizqi pias banget, ya mungkin ini baru awal dia jadi kipper. Muka dia keliatan bersalah banget karena udah kebobolan mungkin. But it isn’t your fault Rizqi. Emang ada seseorang yang merasa kesal, karena bola dari jauh yang harusnya bisa diprediksi arahnya tapi justru reflek dia terlambat. Bukan mau membenarkan atau membela salah satu pihak, gue cuma berusaha untuk memberi pengertian sama dia, meredam emosi dia. Kalo kata sahabat baik gue, “bola itu bulat men!

Senin, 26 Maret 2012, kita tanding lagi. Kali ini lawan KPM 46. Oh ya, ESPENT tahun ini ada basket putra dan hari ini kita juga ada tanding basket jam 6 sore. Sebenernya gue udah ngasih opsi ke mereka buat mundur aja, prepare buat futsal malemnya. Ya tapi mereka maksa dan akhirnya cuma Rahmat, Bagus, Mardi sama Febrika yang main basket hari itu. Semacam lawakan permainan mereka sama anak GM, ngga keliatan tanding sama sekali. Pas IKK mau masukin, anak GM pada diem ngasih kesempatan buat mereka. Malemnya, jam 10an, mainlah futsal kita lawan KPM 46. Kali ini tim inti kita ada Ari, Mardi, Bagus, Rahmat sama Fajrun kipernya. Rizqi izin sakit. Karena udah malem jadi cenderung sepi suasananya, tapi buat gue itu sangat sangat menegangkan. Setelah sebelumnya KPM 47 menang atas GM 46 dengan skor 6-3, bikin malem ini makin sengit. Mainnya pun keliatan kasar, asal gentrok aja. Dan lagi-lagi, kita seri 2-2 sama KPM 46. Itu artinya perolehan skor sementara IKK (2), KPM 47 (4), KPM 46 (1) dan GM 46 (3). Mau ngga mau kalo kita pengen masuk semifinal, kita harus menang di pertandingan selanjutnya!

Selasa, 27 Maret 2012. Penentuan kita masuk semifinal atau ngga, sebagai juara atau runner up Grup A. kali ini kita lawan GM 46, banyak yang pada awalnya ngga enak karena harus lawan saudara sendiri -___________-“. Asal kalian tau, di pertandingan kali ini gue ngga bisa diem, mondar mandir kanan kiri sambil gigitin jari. Ari sama Mardi makin keliatan aura bintangnya hahaha. Dan Alhamdulillah kali ini IKK menang 5-3 dari GM 46 dengan 2 gol dari Mardi dan 3 gol dari Ari (satu gol terakhir dia sebut gol liga Djarum Super). Itu artinya, BESOK KITA TANDING LAGI DI BABAK SEMIFINAL!!!!!!

Rabu, 28 Maret 2012. SEMIFINAL.
4 grup yang berhasil maju sampai ke babak ini ada KPM 47 sebagai juara grup A, IKK as runner up grup A, GM 45 juara grup B dan FEMA 48 runner up-nya. Dan kali ini, lawan kita adalah GM 45 (lagi). Tahun lalu, kita menang dari GM 45, tahun ini? sebenernya sebelum futsal, seperti biasa ada basket, dan kali ini dengan tegas gue nyatakan TIDAK sama panitia dan anak KPM, yaaa sumberdaya kita sedikit, dan malem ini penentuan. Gue nyiapin mereka buat futsal, dan kali ini anak-anak nurut sama omongan gue. Yak. Mainlah kita di futsal dengan tim inti sama dengan kemaren dan cadangan hanya satu orang, Ka Reza. Mail sama Febrika ngga dateng dan ngga ada kabar (beres tanding Febrika baru ngrespon sms gue dengan alasan ketiduran). Mungkin sebenernya mereka marah sama gue karena ngga pernah dimaenin kali ya. Dan pada akhirnya kita masuk ke perebutan juara 3, bertemu kembali dengan KPM 47, karena kita kalah 2-5 dari mereka. (tadinya gue ada tantangan dari Juli, Didi sama Bagus buat pake kerudung ala hijabers yang banyak renda rendanya kalo masuk final. Tapi maaf tantangan ini ngga berlaku yak karena kita masuk ke juara 3 :p)

Kamis, 29 Maret 2012. IT'S SHOW TIME!!!
Hari ini sekalian acara penutupan ESPENT, yang diawali dengan final Voli baru perebutan juara 3 dan final futsal. Sangat ramai! Supporter pun lebih banyak dari hari biasanya.  Kubu kanan diisi sama anak GM dan IKK, kubu kiri ada KPM sama FEMA 48. Masing-masing menyorakkan jargon yang mereka punya. Riuh dan bising! Voli selesai ada hiburan dulu dari juara vocal group, KPM 47 dan lanjut eksibisi. Bagus minta ijin Ari buat main, Ari bilang terserah aja asal jangan capek capek amat (dia ngga berani bilang ke gue -___________-“). Kali ini, tim kita ada 8 orang. pas eksibisi, gue minta Ari buat ganti baju, eh gue malah dipamerin ke temen-temennya (anak GM 45) yang dibilang kalo gue manajer galak -__________-“

Akhirnya saat yang ditunggu-tunggu tiba! Gimana deg-deg-an-nya gue malem itu ngga bisa diungkapin lewat kata-kata. Gue harus ngikutin mereka ke kubu kiri, bawain minum (kali ini ada Pocari Sweat sesuai janji gue kalo gue mau bawain pocari kalo main di tanggal 29) dan suplemen gula jawa. Jadi kemana-mana gue bawa Tupperware sama buku agenda dan gigitin tutup pulpen. Waktu permainan kali ini 2 x 20 menit. Gue bisa ngebayangin gimana capenya Ari, Mardi sama Bagus yang lari lari kesana kemari ngga pernah diganti. Kali ini semua pemain yang datang gue maenin, atas petunjuk Ari tentunya, ka Reza sama Febrika, ya biar mereka juga ngga merasa dianaktirikan lah ya. Waktu tambahan 2 x 5 menit pun dilakoni karena skor terus kejar-kejaran dan seri waktu habis 3-3. Udah makin spaneng aja gue, jalan mondar mandir gigitin pulpen sendirian. Teriak-teriak buat neriakin mereka sampe tenggorokan agak sakit. Tapi semua kecapekan mereka, kepanikan gue, terbayar sudah dengan skor 5-3 atas KPM 47 waktu si wasit niup peluit tanda waktu habis. Seneng gue waktu liat Ari Mardi sujud syukur di lapangan saat itu, dan seneng juga karena itu berarti kita berhasil jadi juara 3 :D

Waktu kita balik ke tribun IKK kita pun disambut dengan tepuk tangan dan sorak sorai yang sangat meriah. Senang rasanya. Dan pada akhirnya, kita foto tim juga setelah memberi penghormatan kepada supporter IKK (fotonya ada di kamera Anggi dan gue belum sempet buat minta fotonya huhuhu). Bangga banget sama tim ini, walaupun baru tahun kedua ikutan futsal atas nama IKK tapi bisa juga dapet juara 3. Artinya omongan gue di awal jadi kenyataan. Alhamdulillah :D

Sebagai manager, gue mengucapkan banyak banyak terima kasih sekaligus permohonan maaf karena gue belum bisa ngasih yang terbaik buat kalian semua. Ya, kalian menang karena usaha dari kalian sendiri, dan gue bangga akan hal itu. Maaf karena gue belum bisa maksimal ngurusin kalian. 

Ari : maaf ya kalo gue masih banyak kurangnya selama 2 tahun ini. proses belajar Ri. Maaf juga kalo kesannya gue galak sama lo ya? Padahal lo kaka kelas gue. Sebenernya niatnya bukan galak sih, lebih ke tegas, biar pada disiplin hehe. Mungkin cara gue masih banyak yang salah kali ya? Tapi gue ngucapin makasih sebanyak-banyaknya buat lo Ri, lo bisa ngebakar semangat anak-anak pas di lapangan. Suka kasian gue kalo lo jatoh ge, tapi pasti langsung bangun. Ya body pemain futsal pada tahan banting kali ya. Hahaha. Gue bakal terus inget kata-kata lo, “tiap 5 menit kasih tau ya!”

Mardi : wow! Kalian anak 47 pada kompakan ya sms gue ngucapin makasih? Hahahhaha tapi itu sukses bikin gue terharu lhoh! Well, makasih juga ya buat permainan lo yang bagus sampai akhirnya lo dapetin tuh top scorer hahaha. Lo banyak juga ngasih masukan ke gue, bantuin buat ngoordinir kostum dan lo orangnya nurut. Seneng bisa kerja bareng lo :D

Bagus : aura lo kemana gus? Hahahaha makasih banyak lo udah nyempatin waktu buat ikutan main, padahal gue tau, sebagai ketua pelaksana ni acara lo pasti capek juga banyak pikiran. Tapi permainan lo tetep bagus. kalo kata orang sih, pas maen lo itu ibaratnya tembok besi jadi lawan ngga pernah ngarah buat lewatin lo hahahaha. Suplemen yang kata orang-orang kamseupay, tapi gue juga suka kok ngemut gula jawa kalo lagi olahraga dulu hahaha. Semangat gus! Ini artinya lo udah punya nama yang dipercaya juga sama anak-anak. Yang rajin ya kuliahnya hahaha. Satu lagi, kemenangan kita ini juga sebagai hadiah ulang tahun lo yak!

Fajrun : pak ustad yang bikin gue sempet cangak karena ngga mau diajak salaman, hahah malu gue. Taun depan jadi kipper lagi nih? Cara lo buat nangkep atau ngehalau bola itu keren sekali lhoh! :D

Rahmat : walau awalnya gue sempet sebel yak karena lo itu ngga talk less do more dan terkesan menggurui, tapi gue ngucap makasih banyak karena lo juga bisa ngebakar semangat anak-anak. Semangat lo sendiri juga ngga pernah mati. Itu yang gue suka

Rizqi : sayang banget lo cuma ikutan satu kali pertandingan di awal dan selanjutnya lo ngga pernah dateng karena lo sakit. Pesan gue, jangan pernah nyesel jadi kipper ya. Gue tau itu pertama kali dan mungkin lo langsung dapet pengalaman yang ngga enak. Tapi dari hal itu lo bisa dapetin pelajaran lain yang bisa berguna buat diri lo sendiri. Tahun depan ngga mau tau pokonya lo harus main yak!

Ka Reza : beribu-ribu gue ucapin buat lo ka. Salut banget gue sama lo yang ngga pernah absen dateng ke pertandingan, entah itu lo bakal dimaenin ato ngga. Makasih juga ya buat ka Jesica yang selalu ngasih support ke ka Reza, nemenin latihan sama dateng ke pertandingan ih so sweet hehehe. 

Febrika sama Mail : maaf ya mungkin kalian marah sama gue atau sama Ari karena kita jarang maenin kalian. Bukan tanpa alasan apapun, kita ngejar target buat masuk babak semifinal dan ternyata prediksi kita meleset sehingga kalian belum sempat kita maenin. Makasih buat Febrika yang ngrespon sms gue dan dateng di pertandingan terakhir. Maaf gue belum bisa maksimal juga belum bisa berlaku adil.

Well, pada intinya gue mengucapkan banyak terima kasih buat para pemain dan para supporter juga tentunya yang selalu ngasih semangat buat pemain. Gue minta maaf belum bisa ngasih yang terbaik. Mungkin tahun ini jadi tahun terakhir gue buat jadi manager tim futsal IKK. Tahun depan  saatnya kalian anak 47 dan 48 yang meneruskan tugas sukarela ini. pesen gue, apapun yang terjadi, tim futsal ikk harus punya manager yang bener-bener ngurusin tim ya, karena mereka butuh dukungan dari kita hahahah ngomong apalah aku ini -_______________-“

Tugas gue selanjutnya adalah, gue diberi amanah sama ketua kontingen FEMA buat OMI 2012 untuk ngurusin TIM FUTSAL FEMA. Ngga disangka dan ngga diduga kata dia gue dipilih karena gue cekatan saat ngurusin tim futsal IKK (emang iya?). ya apapun alasannya, terima kasih sudah memberikan amanah itu sama gue. Insya Allah gue bakal ngejalaninnya semaksimal mungkin semampu gue, tentunya dengan orang-orang yang baru lagi. So, sampai bertemu lagi di pertandingan futsal OMI 2012, 5-31 Mei 2012 tentunya hanya di IPB hahahaha :D

0 comments: