[BEAUTY]: Review Pemakaian Sebulan Avoskin Miraculous Retinol Ampoule

11:53 PM Nova Zakiya 6 Comments

Review Avoskin Miraculous Retinol Ampoule

Awalnya, saya gak tertarik buat beli Avoskin Miraculous Retinol Ampoule sewaktu dia launching di Sociolla. Alasannya ya karena saya masih punya Miraculous Refining Serum (produk exfoliant-nya Avoskin), jadi kayak biar satu-satu aja dulu gitu. Tapi, kok lama-lama ini retinol ini booming dan habis dimana-mana. Jujur, saya jadi penasaran. Apalagi di usia saya saat ini, sama sekali belum pakai skincare yang fungsinya untuk anti-aging. Makanya, begitu dia restock, langsung saya masukin ke keranjang dan bayar. Lemah saya kalau soal skincare haha.

Kenapa Pakai Retinol?

Retinol itu turunan dari Vitamin A, khususnya berasal dari retinoid. Fungsi utamanya sebagai anti-aging karena retinol dipercaya punya kemampuan buat merangsang produksi kolagen. Gak cuma itu, retinol juga bisa mempercepat proses regenerasi sel-sel kulit mati dan membuat tekstur kulit jadi lebih halus.

Kapan Waktu yang Tepat Pakai Retinol?

Beberapa ahli dermatologi merekomendasikan penggunaan retinol ini di awal usia 20-an karena produksi kolagen secara alami mulai menurun di usia ini. Mungkin efeknya gak akan terlalu kelihatan seperti orang-orang yang lebih tua karena ini masih bersifat pencegahan.
Review Avoskin Miraculous Retinol Ampoule

Saya sendiri menggunakan retinol pertama kali alias si avoskin ini di usia 28 tahun karena baru 3 tahunan terakhir bener-bener fokus buat merawat kulit dengan skincare. Karena baru pertama, saya mau membiasakan kulit saya dulu dengan memakai retinol 1x seminggu. Baru setelah merasa baik-baik saja, pelan-pelan saya naikkan frekuensinya jadi 2-3x seminggu.

Yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan Retinol

Pada dasarnya, retinol itu sensitif dan bisa rusak saat terkena sinar UV. Makanya, skincare yang mengandung retinol disarankan untuk digunakan malam hari. Selain itu, besok paginya jangan sampai skip pakai moisturizer dan sunscreen ya walau gak kemana-mana alias di rumah aja.
Oh ya, produk retinol juga tidak disarankan untuk digunakan bersamaan dengan produk yang mengandung AHA, BHA, Vitamin C, atau Benzoyl Peroxide. Karena perpaduan kandungan aktif tersebut bisa membuat kulit jadi memerah dan iritasi akibat over-exfoliated. Kalau skincare kalian mengandung kandungan aktif tersebut, sebaiknya digunakan di hari yang berbeda.

Tentang Avoskin Miraculous Retinol Ampoule

Review Avoskin Miraculous Retinol Ampoule

Ada 5 kandungan aktif yang di-highlight di ampoule terbaru dari Avoskin ini yaitu:
Retinol + Peptide + Vitamin E + Pomegranate + Green Tea
Actosome Retinol contains of 0.09% active Retinol, 0.1% Hexapeptide, Vitamin E which is suit for sensitive skin. 
Fragrance Free + Sensitive Skin Friendly
Review Avoskin Miraculous Retinol Ampoule

Klaimnya, ampoule dengan kandungan aktif di atas bisa bekerja optimal untuk memacu regenerasi sel kulit baru sehingga meningkatkan produksi kolagen alami pada kulit. Berfungsi untuk menyamarkan garis halus, menjaga kekenyalan kulit, dan membantu mencerahkan kulit.

Kemasan Avoskin Miraculous Retinol Ampoule

Review Avoskin Miraculous Retinol Ampoule

Secara packaging terlihat gak ada bedanya dengan Miraculous Refining Series. Sekilas warnanya sama. Kalau diperhatikan lagi, botol yang retinol ini warnanya lebih coklat. Tapi, itu kalau benar-benar diperhatikan dengan saksama ya, selain harus membaca keterangannya yang tentu saja berbeda.
Karena hampir miripnya, teman saya ada yang sampai salah beli. Rencananya, dia mau beli Retinol Toner. Pas cerita ke saya, dia bilang beli toner yang ukuran mini buat coba dulu. Setahu saya, seri retinol ini belum mengeluarkan versi mininya. Dan bener ternyata, pas dia kirim capture belanjaannya, yang dia beli adalah Miraculous Refining Toner. Emang kudu teliti dan jeli sih pas baca keterangannya.

Review Avoskin Miraculous Retinol Ampoule

Saat dibuka, bentuknya pipet seperti serum pada umumnya. Tapi, sekali lagi, bener-bener mirip dengan Refining serum-nya sih.

Tekstur Avoskin Miraculous Retinol Ampoule

Review Avoskin Miraculous Retinol Ampoule

Avoskin Miraculous Retinol Ampoule ini punya tekstur kental dengan warna putih susu. Sesuai klaimnya yang fragrance free, wangi yang kecium ya bener-bener plain aja gitu. Biarpun kental, dia cukup cepat menyerap ke kulit tanpa meninggalkan residu di wajah.

Saat Pemakaian Avoskin Miraculous Retinol Ampoule

Review Avoskin Miraculous Retinol Ampoule

Karena ini jadi pertama kali saya pakai retinol, kulit saya harus disiapkan dulu biar gak kaget. Caranya, dengan mencoba produk ini secara bertahap. Di minggu pertama, saya pakai 1x seminggu. Saya mulai di tanggal 10 Mei 2020, tepat satu bulan yang lalu.
Tidak ada tingling alias cekit-cekit yang saya rasakan di awal pemakaian. Selayaknya memakai serum seperti biasa saja sebelum tidur yang cepat menyerap. Justru saat bangun tidur saya merasa kulit saya kering, agak gatal, dan muncul 2 jerawat kecil di jidat.
Review Avoskin Miraculous Retinol Ampoule

Urutan pemakaiannya di saya, setelah cuci muka dengan Senka, saya gunakan hydrating toner (saya pakai Hada Labo), essence (SK-II FTE), baru saya pakai avoskin miraculous retinol ampoule ini. Sebenarnya dianjurkan menggunakan moisturizer setelahnya karena retinol bisa menyebabkan kulit kering. Tapi, saya kurang nyaman menggunakannya, jadi moisturizer baru saya gunakan di pagi harinya bersama dengan sunscreen.
Review Avoskin Miraculous Retinol Ampoule

Baru setelahnya, saya mulai naikkan frekuensi pemakaiannya menjadi 2-3 kali seminggu saat saya merasa kulit saya sudah mulai baik-baik saja. Sekali pemakaian, saya ambil satu tarikan pipet lalu saya teteskan di jidat, pipi, dagu, dan hidung.

Setelah Pemakaian Avoskin Miraculous Retinol Ampoule

Review Avoskin Miraculous Retinol Ampoule
Bare face before after pemakaian Avoskin Miraculous Retinol Ampoule selama satu bulan

Setelah hampir 2 minggu pemakaian, saya merasa kulit muka saya membaik. Bruntusan di jidat mulai menghilang walau menyisakan sedikit noda hitam. Saat bangun tidur, kulit saya juga tidak sekering pemakaian di awal, justru jadi lebih lembab. Pun sudah tidak ada rasa gatal yang saya rasakan.
Saya suka tekstur kulit saya yang terasa lebih mulus, terutama di bagian jidat dan pipi. Tanpa sadar saya jadi sering menyentuh wajah gitu karena saking lembab dan mulusnya (padahal gak boleh banyak sentuh wajah karena tangan suka kotor hihi). FYI, dulu pipi dan jidat saya suka terasa kasar karena ada bruntus atau mungkin semacam fungal acne ya. Lalu, di hidung juga sama mulusnya. Padahal, seringnya hidung saya agak kasar karena komedo.
Review Avoskin Miraculous Retinol Ampoule
Bare face pemakaian 2 minggu Avoskin Miraculous Retinol Ampoule

Kulit juga terlihat lebih glowing dan plumpy. Rona kulit lebih merata dan segar. Noda bekas jerawat di pipi lumayan memudar, tinggal di jidat yang belum tersamarkan.
Sementara untuk pori-pori, saya merasa belum banyak perubahan. Kerutan atau garis-garis halus juga, mungkin karena ya belum ada kerutan yang berarti di wajah saya hihi. Kecuali garis halus di bawah mata ya.
Review Avoskin Miraculous Retinol Ampoule
Bare face pemakaian sebulan Avoskin Miraculous Retinol Ampoule

Efek pemakaiannya tentu akan berbeda antara saya dan kalian karena skin type dan problem kita yang berbeda. Pun mungkin rangkaian skincare yang kita pakai juga berbeda. FYI, tipe kulit saya adalah normal to dry. Tapi, kalau saya boleh sedikit rangkum, kira-kira begini plus minusnya setelah satu bulan mencoba Avoskin Miraculous Retinol Ampoule.

(+)
Cepat menyerap di kulit walau teksturnya agak kental
Tidak meninggalkan residu saat pemakaian
Fragrance free
Kulit terasa lebih mulus dan plumpy
Rona kulit jadi lebih merata dan segar
Noda bekas jerawat di pipi perlahan memudar
Nyaman digunakan sebelum tidur

(-)
Packaging mirip dengan series refining jadi kudu teliti pas ambil
Di awal pemakaian, agak terasa gatal dan muncul purging di kulit
Untuk mengecilkan pori-pori, masih belum kelihatan hasilnya dalam sebulan pemakaian

Oh ya, satu lagi yang jadi alasan kenapa saya akhirnya membeli retinolnya Avoskin. Karena, di salah satu sesi sharing di Instagram Story, mereka bilang bisa digunakan dengan Avoskin Miraculous Refining Serum. Tentunya beda hari ya. Apalagi, mereka juga membagikan ilustrasi jadwal pemakaian Retinol series dan Refining Series. Benar-benar story itu mengubah pemikiran saya dan langsung berniat untuk membelinya haha.
Review Avoskin Miraculous Retinol Ampoule

Overall, pemakaian retinol saya untuk pertama kalinya berjalan dengan baik. Mungkin, setelah ini saya akan mulai coba selang-seling dengan pemakaian Refining Serum-nya. Yang jelas, saya senang karena retinol ini adalah produk lokal yang gak kalah kualitasnya dengan produk luar yay!
Kalian bisa beli Retinol Series ini di official store-nya atau lewat Sociolla. Saya beli waktu itu pas gak ada potongan seharga Rp 229 ribu. Oh ya, kalau belanja di Sociollakalian bisa pakai kode voucher punya saya untuk dapat potongan Rp 25 ribu dengan minimal pembelian Rp 150 ribu berlaku untuk semua produk di Sociolla baik diskon maupun nondiskon. Cukup masukkan kode SBN0646AF saat checkout ya!
Voucher sociolla SBN0646AF

Gimana? Tertarik buat coba Avoskin Miraculous Retinol Ampoule gak nih? Sejauh ini, ada 3 teman kantor saya yang berhasil saya racuni untuk membeli ampoule ini hihi. Sampai jumpa di review selanjutnya ya!

XOXO!
Zakia

6 comments:

  1. Mbaa tanya dong heheh itu pemakaian seminggu 3x. Satu botol bisa cukup untk berapa lama ya? Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mmm.. aku pakai dari Mei sekarang udah sisa 1/3 sih mba. cuma ini aku sebulan terakhir lagi ga pake dulu karena lagi cobain serum baru pemakaian sebulan tanpa dicampur serum lain. hehe

      Delete
  2. Wah terimakasih kak atas penjelasannya. Sangat membantu!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama kak. seneng kalo bisa membantu hihi

      Delete