a lot of story about our communication class

1:10 AM Nova Zakiya 0 Comments

sesuai sama janji gue kemaren, kali ini gue pengen ceritaaaa tentang suka duka ngajar di kelas SC yang banyak anak 45 nya alias di mata kuliah Dasar-Dasar Komunikasi hahahaha.

Liburan semester kemaren, Alhamdulillah banget tiba-tiba gue dapet sms dari KPM buat daftar ulang asisten praktikum Daskom (FYI, gue daftar asprak tuh pas liburan semester ganjil pokonya pas jaman jaman ada MPF MPD 47 aja). Biar pulang ke Bogor lebih cepet ngga masalah buat gue yang penting gue dapet gawe hahaha (yep gue juga dapet panggilan privat matematika SMA cuy)

Pas udah di Bogor, mau daftar ulang emang ada nama gue hahaha. Besokannya ada pelatihan dan milih jadwalnya. Gue milih hari Senin di RK U 2.02 sama Feni jam 3 sore. Eh ternyata Feni bilang dia ada kuliah, jadilah gue sms ke koordinator asprak minta solusi alias ganti jadwal ato ganti pasangan. Jadilah gue sama ka Testa dan Feni jadi Sabtu. Okelah ngga papa yang penting ada yang udah pengalaman ya.

Minggu pertama masuk kuliah tuh ceritanya, gue janjian sama Ka Testa masuklah ke kelas. Sebelumnya gue udah ngecek di KRS siapa aja sih anak-anaknya dan taraaaaaa KOSONG -,,-
dan pas gue masuk pun sama, KOSONG. Akhirnya kita bilang ke sekretnya kok kelasnya kosong, eh mereka bilang gara gara KRS jebol jadinya masih banyak jadwal yang ngga fix dan perlu diganti. Baiklah, gue disuruh menunggu. Asli gue takut aja gara gara ini jadi ngga jadi ngajar -,,-

Beberapa hari kemudian, gue dapet jarkom kalo ada jadwal baru buat para pengajar. dan gue dapet hari Sabtu jam 10, masih tetep sama ka Testa. Iseng iseng gue cek siapa aja yang di kelas dan WOW BANGET dah ya ADA SESUATU. Tapi ternyata banyak yang ngga cocok sama jadwal baru hingga akhirnya ada pertemuan asprak lagi buat bahas jadwal. Dan pada akhirnya gue milih bareng Novy yang tadinya pasangannya sama Didi dan Didi bareng Deniss terus Feni sama Fitri (nah lhoh).

Minggu kedua. Awal masuk kelas sama Novy di RK IPB W 4 402 (kalo ngga salah hahaha) jam 3 sore ngegantiin kelasnya ka Ayay sama ka Giwai (kayanya juga). Pas tau di dalemnya ada anak 45 nya, asli jiper abis mameeeeeennnnn. ada cerita kalo aspraknya angkatan bawah suka dikerjain -,,-
JENGJENG! Pas udah masuk kelas nih ceritanya, ada muka-muka yang gue kenal yang dulu sempet ada di MAX!! - yap ada Agung sama Mai -,,-
makin makin lah gue jiper ya ngajar orang yang udah kenal. FYI, gue emang belum pernah ngajar anak yang seangkatan ato bahkan angkatan atas gue. Dulu pas Perilkon megangnya anak 47 semua sih ya. Jadi di awal tuh ya rasanya bingung mau ngapain. Ya kita sama sama belajar jadi ngga ada aturannya kalo asprak selalu bener, ya ngga?

Sebelum masuk kelas, gue selalu prepare entah itu baca materinya, nyiapin ntar mau ngapain, diskusi sama Novy biar praktikum tetep asyik dan ngga garing (walo ujungnya garing garing juga kali ya)
Apapun kita selalu pikirin sampe kemungkinan kemungkinan yang mungkin ngga terjadi sekalipun kita pikirin buat nyikapinnya (maklum, feedback dari mereka kadang ngga biasa). Tapi pernah ada tuh anak 45 yang nyeletuk gini, "enak ya jadi asprak bisa ngerjain praktikannya sambil ngetawain gitu".
Ya terserah sih dia mau komentar apa, yang penting semua senang ngga cuma gue HAHAHAHA

Lambat laun, gue makin hapal sama nama anak-anaknya. Ya awal awal sih masih yang sering aktif doang hahaha. Tapi kesini sini gue makin tau oh ini yang namanya ini hehehe. Cuma ya, kelas gue tuh anak-anaknya recet setengah idup susaaaah banget diatur. giliran udah berisik aja si Novy kasih ke gue. Kadang gue jadi suka kepancing emosi gara-gara recetnya mereka (tah makanya kalo ada orang ngomong di depan dengerin zha, ngga enak kan kalo ngga didengerin tuh). Jadi dapat disimpulkan bahwa Novy si malaikat kebaikan dan gue si devil yang suka marah marah -,,-

Kadang gue juga bosen belajarnya di kelas mulu, mana sebelumnya gue harus buru buru gara gara kuliah gue beres jam 3.10 sore kan terus kelas daskomnya naik sampe lantai paling atas waaaah satu harapan gue sih cuma pengen kurus aja. Praktikum demi praktikum sudah terlewati dengan sejutaaa kelucuan dari si anak-anaknya. Konyol abis dah mereka ge. Sampai pada akhirnya ada event yang bisa dimanfaatin buat praktikum di luar. Yak di Bab Komunikasi Antar Budaya. Gue ngajak kelasnya si Deniss Didi buat join battle sama kelas gue gitu main roleplaying kan lucu tuh seru di Gladiator ya. dan si Deniss pun setuju dan kita berempat pun mulai merancang konsepnya sampai hal hal yang paling detail :D

Sayangnya, jarkoman yang gue kasih ke anak-anaknya tentang pembagian tema ngga nyampe ke beberapa orang. Anak-anak gue kalah di properti yang mereka bikin, ngga kaya anaknya Deniss yang banyak banget propertinya dan lebih siap. Jiper kan gue hahahha. But, the show must go on. Apapun yang ada mereka tetep harus tampil. Dari kelas gue ada 4 kelompok dan Deniss ada 3 kelompok. Asli kocak banget dah mereka. Satu yang kocak sih emang kelompoknya si Mai dari kelas gue (kelompok 3), pada kaga tau malu semua hahahaha. Dan selamat kalian lah yang menjadi juaranyaaa hahahahaha :D

Minggu terakhir, 28 Mei 2012.
ngga berasa satu semester itu cepet banget abisnya. di awal-awal pertemuan, kadang gue mikir kapan ini beres ya kalo lagi capek banget. Tapi justru pas di akhir-akhir rasanya udah klop aja di kelas itu. bisa ngebaur sama anak-anak dari FPIK, FAPET, FAHUTAN, MIPA, sama FEM, ngga peduli lo angkatan berapapun itu. Di pertemuan terakhir ini sih kita sengaja ngga ngadain kuis, mau review soal pun garing, yaudah akhirnya kita main kesan dan pesan buat asprak sama praktikan. ya semacam pengakuan dosa kalo buat gue mah hahaha. Masing-masing anak dikasih dua buah kertas, satu buat gue satu lagi buat Novy. Sambil ngisi itu, Novy dan gue gantian ngasih pesan dan kesan secara singkat, kaya jangan telat lah, jangan recet kalo di kelas, dsb. Giliran gue yang ngomong, gue bilang aja kalo awalnya gue emang jiper abis gara gara banyak anak 45 nya, tapi kesini-sini semua bisa di-handle hahaha. Ah lupa kemaren ngomong apa lagi jadi yuk kita komenin satu satu (banyak amet)

Buat genk FPIK nih ya. Hmmm gue minta maaf kalo mungkin gue kurang deket ke kalian. Ya mentok mentok yang gue inget sih Oka, Wanda, Yowan sama Iqbal hahahaha. Tapi bukan berarti gue lupa ato ngga tau yang lain. Kesannya sih ngajar kalian, emmm apa ya? Seru kok seru, tapi kadang yang 45 pinter banget buat ngebawa anak 47 nya -,,-

Buat genk FAPET yang AHOY (gue suka nebeng nonton futsal di tribun lo hahaha), agak kewalahan ya gue (lebay) ngajar kalian, ngga deng boong. SERU kalian sih pada NGGA TAU MALU alias NGGA PADA JAIM kalo praktikum sih. Ya dua orang yang udah gue kenal, Agung sama Mai, terus ditambah Fichar, Junita, Rini, Citra, Resti, Any, Dara, dan yang lainnya, satu kata, WOW!!!! Kocak banget sama kalian sih ya ngga tau kenapa suka pengen ketawa sendiri jadinya hahaha

Trio FAHUTAN ASIK a.k.a Rio Dita sama Harlyn. Sama aja sama komentar gue yang di atas, pada ngga tau malu sih ya jadinya makin asyik kalo praktikum teh. Rio dulu kaku makin kesini makin lentur (lo kata karet hahaha), Dita juga makin asyik, Harlyn ayooo kamu bisa lebih rame lagi hehehe jangan malu malu amat ya :D

Nah MIPA nih yang banyak dedengkotnya alias anak 45 semua, ada teh Zhia, Anggi, Ilman, Alfin, Mulyana, Gina, Stefanus, Fulsi (udah bukan segini aja kan? ngga pegang absen nih gue absennya di rumah hahaha). Terima kasih sekali ya sudah memberikan pengalaman berharga karena ini pertama kali gue ngajar anak 45. Ngga sejail yang gue bayangin sebelumnya hehehe. Pengakuan dosa nih sama Alfin sama Anggi. Punten banget ya ketemu tapi ngga nyapa. Kalo sama Alfin pas di warkop gue mau nyapa malu pake banget karena banyak temen-temennya dan gue pun sama temen temen gue yang notabene cowok -,,-
Kalo sama si Anggi teh sekelas praktikum Binjut dan ngga nyapa pula HAHAHAHA asli malu lah anak 46 sok kenal sama anak 45 -,,-

Dan yang terakhir ada dari FEM yang isinya anak 47 semua. Nah yang ini sih seterah kalian mau panggil gue kakak sampe ntar pun hahaha. Kalian semua lucu lucu lhoh, asli suka banget ngeliat kalian teh, kocak ngga tau kenapa.

Tulisan tulisan dari kalian bakal gue tempel di dinding kamar lhoh. Abis komentarnya lucu-lucu sih (padahal standar sebenernya mah ahahaha). Ada beberapa hal yang dapat gue simpulkan:
  • gue pendiem katanya, banyak duduk, ngga serame si Novy (pembelaan dari gue, ya kita berdua saling melengkapi lah, ada yang recet ada yang diemnya juga hahahaha)
  • suara gue kurang keras (padahal itu udah pake teriak lhoh enak amet dibilang suara gue kurang jelas)
  • kalo ngejelasin suka kecepetan (ya kalo ini gue akuin iya jadi no comment)
  • suka numpang ketawa doang cengengesan (yak sejalan kan sama apa yang dibilang sama temen serumah gue kalo gue itu DIVISI KETAWA)
  • suka senyum-senyum sendiri kalo salting (nah yang ini yang gue minta penjelasannya doooong. kapan gue senyum senyum salting sih? emang iya gue salting tah?)
ya apapun komentar kalian, pasti bakal gue inget lah. mengingat kalo semester depan gue ngasprak lagi ngga akan mungkin kita sekelas lagi. kadang kangen sih ya pengen kelasnya masih ada (lebay kan), abis itu bisa jadi hiburan banget di tengah penatnya tugas hahahaha. Akhir kata karena sudah kepanjangan ketikan gue sih, sukses aja buat kalian semuanyaaa yaa, keep in touch jangan putus komunikasinya insyaallah kalo ketemu di jalan dan gue ngeliat dengan jelas bakal disapa hehehehe

Terima kasih telah memberikan sejuta warna dan sejuta cerita selama 6 bulan ini :)



Thanks to:
Ni Komang Ayu Oka. Werdhiningtyas A. Ikhlash Kautsar. M Iqbal Hidayat. Arsheila Febrina. Octa Frida Sania. Wanda Putri Utami. Yowan Riyandi. Febrina Berlianti. Indri Nopita. Any Anggraeny. Winda Ayu Pangesti. Junita. Nyoman Ayu. Cindi Lukitasari. Yunia Deva. Shinta Citra Wardani. Miftahur Rahman a.k.a Agung. Abdul Fichar Muzakki. Resti Zulia Dinaniar. Dara Melisa. Citra Alif Siamifta. Rini Anggini. M Ichsan Almai. Rio Andreas. Dita Muwartami. Harlyn Harlinda. Alfin Khairi. Gina Kusuma Intani. Hafizhia. Stevanus. Fulsi Wiyata. Anggi Putrantio Juniard. Ilman Dwi Santoso. Mulyana. Maslina. Irgandhini. Elis Maisari. Selly Efriani. Luqman Azis. Nadya Megawati. Dimas Priyo.

my best partner in crime, Novy Tri Muktiyah a.k.a @novytrim
asisten kelas sebelah, Denissa Chika Finira a.k.a @Denissadeniss dan Hardiyanti Nurillah a.k.a @diidiidiii

Success for you guys :)
Nova Zakiya a.k.a @zhazhaqia

0 comments: