it's all about my little family in Sengare :)

11:02 PM Nova Zakiya 0 Comments

Bulan ini, lagi hits-hits-nya buat posting tentang KKP, apapun yang berhubungan tentang KKP pokoknya mah. Tapi masing-masing orang punya cerita masing-masing dan ini versi gue :D

Awalnya, KKP bener-bener merupakan momok yang menakutkan buat gue ngejalaninnya. Banyak selentingan yang mengatakan, “hayolohh lo bakal tinggal di desa 2 bulan, ngga ada sinyal, parah parah ngga ada listrik, terus mistis nyeremin masih percaya dukun, temen sekelompok lo baru kenal semua ngga ada yang deket, terus juga lo bakal tinggal di rumah warga, lo harus adaptasi di sana, lo ngejalanin program lo dan belum tentu warga mau ikutan, lo dianggap dewa karena lo anak kuliahan, blablablaa…” dan masih banyak omongan yang lainnya yang pada intinya menyatakan bahwa KKP itu sengsara. Tapi, begitu lo udah disana, semua pikiran buruk lo tentang KKP bisa berubah 180’ :)

Setelah sebelumnya gue sedikit cerita tentang hari-hari awal tiba di tempat KKP gue, Desa Sengare Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan, ternyata itu belum seberapa. Masih banyak cerita lainnya, senang, sedih, marah, gondok, kecewa, semuanya ada disini. Dan kali ini mungkin gue pengen cerita tentang kelompok gue dulu. Karena bagaimanapun juga mereka adalah keluarga baru gue #edisimellow
Rujito, Erli, Yuki, Zha, Sitti, Tame
Sengare’s family consist of Rujito (Gizi Masyarakat), Tama (Peternakan), Sitti (Komunikasi Pengembangan Masyarakat), Erli (Ilmu Tanah), Yuki (Ekonomi Sumberdaya Lingkungan) and of course me (Ilmu Keluarga dan Konsumen). Awalnya sih gue sama Tama bukan di kelompok ini, tadinya kita sekelompok sama Selvi, Lele, Qyqy Yasmin, Suryadi, sama Eca Bagea di Desa Batursari. Tapi karena beberapa alasan (belakangan gue tau katanya kita ga jadi di tempatin disitu karena Pak Lurahnya ngga bersedia karena ibunya ngga bisa masak -,,-),  akhirnya kelompok ini dipecah belah macam piring yang dibanting ke lantai #plak. Selvi, Lele, Qyqy Yasmin di Desa Kalirejo, Suryadi di Karangasem, Eca Bagea di Jolotigo dan gue sama Tama di Sengare. Nah pas pertama kumpul sama kelompok yang baru, jujur aje gue masih ga yakin bisa klop sama kelompok ini. Entah gimana cara gue ngeliat saat itu, anak-anaknya kaku kaku, kaya si Jito sama Sitti yang masih ngomongnya formal abis -,,- sedangkan gue aja anaknya agak agak selengekan. Ntar bisa kebanting lah gue -,,-
Foto bareng keluarganya Pak Kades :)
Dan tibalah hari yang penuh misteri itu, tanggal 26 Juni 2012, kita tinggal dalam satu rumah bareng keluarganya Pak Kades. Di rumah Pak Kades sendiri rame tapi sepi #nahlhoh. Maksud gue disini tinggal istrinya bapak, mbah, 4 anaknya bapak; 1 laki dan 3 perempuan (Nita masih SMA, Indah masih SMP, Lala masih PAUD). Kita disediain 2 kamar, buat anak laki sama cewe. Kurang lebih satu setengah bulan lamanya kita bakal tinggal disini menjadi keluarga baru.

Jujur aja gue bener bener baru kenal sama mereka. Yuki sama Tama gue sebatas kenal nama karena mereka temennya Herna, sempet sih dulu kayanya satu kepanitiaan sama Tama tapi ga inget dan ga kenal. Rujito juga anak GM tapi gue ga banyak tau tentang doi. Sitti sama Erli bener bener ngga kenal, ngawang banget. Tapi mau ngga mau ya harus mau buat lebih mengenal dan memahami mereka satu sama lain demi kemashlahatan kelompok selama satu setengah bulan.

Tinggal serumah dalam waktu satu setengah bulan aja kita bisa liat tabiat anak-anak yang mungkin ngga pernah keliatan kalo diluar. Banyak pelajaran yang bisa diambil disini, tentang bagaimana mengerti dan memahami orang lain, tapi terkadang gue malah ngga bisa ngertiin -,,-

Kadang gue itu suka gatel kalo ngeliat orang males-malesan ngga disiplin ngerjain tugasnya malah santai kaya di pantai dan itu bikin gue suka ngedumel marah-marah sendiri. Kadang gue juga suka badmood tiba-tiba macam durian jatoh dari pohonnya **lhah kaga nyambung oon**
Foto bareng keluarganya Pak Kasturi :D
Oya disini selain anggota kelompok gue, ada juga anggota keluarga baru selain keluarga Pak Kades, yaitu keluarganya Pak Kasturi. Beliau itu ketua kelompok tani di Dukuh Picis, dukuh yang gue tempati. Tiap sore kerjaannya main ke kebun kecil punya beliau, terus buka puasa di rumah Pak Kasturi. Suka dipetikin kelapa muda asli dari pohonnya yang kesegarannya tiada tara HAHAHAHAH. Terus kalo malem tuh rutin dateng ke rumah ngobrol-ngobrol di ruang tengah *spot favorit gue nih* sampe malem sampe begadang. Banyak banget ilmu yang dibagi sama Bapak, baik ilmu pertanian maupun 'ilmu' yang lainnya HAHAHAHAHA

Oke. Daripada gue ngomong makin ngelantur dan udah bingung juga apalagi yang harus gue ketik disini, sampailah kita di penghujung posting yang masih panjang. Mungkin gue keluarin uneg-uneg kali ya tentang semuanya hahahha. Baiklah mari kita mulai!
RUJITO. Koordinator Desa Sengare alias ketua kelompok gue. Emang gue ngga banyak tau tentang lo sebelumnya yak, semuanya juga sih. Tapi emang kesan pertama gue ngeliat lo itu emang kaku banget, bahkan gue ajak salaman aja ngga mau, malu gue -,,-
ada juga si Jito itu yang gue tau orangnya lebih suka ngedekem di rumah. Berapa kali gitu kita main doi lebih milih buat ngga ikutan, maunya di rumah aja. Contohnya pas kita mau belanja ke grosir batik setono, doi ngga mau ikut. Pas di Kajen EXPO 2012, doi juga bawaannya pengen cepet-cepet pulang. Hobinya tidur cepet jarang begadang -,,-
Entah doi emang polos apa gimana, kadang komentarnya itu sedikit tapi langsung JLEB. Tapi senangnya doi kalo bercanda jadi kocak abis saking polosnya. Tak ayal gue suka ngebully dia hahahahah. Kalimat andalan doi, "nanti kalo kalian ketemu aku di pesawat, aku duduk di kelas eksekutif terus kalian mau jalan ke kelas ekonomi, jangan malu buat nyapa aku ya". tengil banget kan -,,-
M. RIZKI PRATAMA. Satu dari lima anak Fapet yang ikutan uji nyali taun ini. Hmm, gue udah tau nama sih dari si Herna, dan juga kayanya gue pernah satu kepanitiaan sama doi tapi gue nya belum tau kayanya mah. Doi yang suka mencairkan suasana alias hobi ngebanyol, tapi kadang banyolannya ngga tau tempat alias ngeselin. Terus sekalinya doi lagi badmood anjir nyeremin plus ngeselin setiap kata yang keluar tuh suka bikin emosi. Hobinya nonton film, suka sama Korea. Kalo tidur kebluk banget lama anjir kaya orang mati. Sekalinya marah nyeremin tapi malah bikin orang pengen maki-maki doi. Suka dongkol gue jadinya.
Tapi doi baiknya dahsyat macem jargonnya FEM. Suka jagain banget hahahaha makasih yooooo tem maaf kalo gue suka jutek kalo sama lo :D
YUKI INDAH PERTIWI. Mojang favorit kota Bogor HAHAHAHA. Gue tau dia dari Herna sama Fato. Kata mereka anaknya baik dan emang bener emang baik. Ngga tau gue klop aje sama doi. Satu setengah bulan disana gue udah bisa baca mata doi dan doi pun baca mata gue terus tawa tiwi barengan. Nih ya kalo gue sama doi cowo cewe mah pasti udah cinlok dah. Paling ribet kalo udah panas-panasan. Sama sama nyiapin peralatan perang macam sunblock, lotion, payung, kaos kaki sama slayer. Temen gosip, kepo, bobo, tawa tiwi, bikin susu, sereal, makan 3 sendok, berbagi obat dan masih banyak lainnya yang ngga bisa diungkapkan disini. Yang jelas, gue sangat senang dan bersyukur bisa mengenal anda :)
Erli, Maya, Sitti
SITTI HADIJAH. hei Nabire! hahahaha suka kasian lo sama sekali ngga ngerti kalo ada orang ngomong Jawa hahaha. anaknya disiplin tek tek tek tek gue suka cara lo kerja terorganisir di buku keramat lo. gue malah nganggep lo leader. kalo tidur cepet sekali nempel bantal langsung molor. tapi suka ngeri ngusik lo kalo abis bangun tidur ato di beberapa situasi yang terkesan underpressure. tapi ya tetep aje gue godain juga hahahahaha. bu Ustadzah ini ya sehari dapet 1 juz kalo ngaji nyusul gue *DIE
Yang jelas, gue suka kerja sama orang kaya lo, kadang santai tapi serius. Temen setia naik kuda di sungai kering menuju Condong :D

ERLIANA CANDRA DEWI. Hobi bet main leptop. Mungkin seperti lagunya Duo Maia, "aku mau makan, ku ingat leptop. aku mau tidur, ku ingat laptop..." dan lagu anak-anak, "bangun tidur ku buka leptop, nonton film ato main games" hahahha piss li :D
ngga terlalu banyak yang bisa gue tulis disini dah hahahaha

Yah itu sih cuma sekilas ulasan tentang anak-anak sekelompok gue yang ada di hati gue yang gue rasain. Ya gue sih maaf maaf aje kalo ada yang kesinggung tapi ngga ada niat hahaha. semoga kita bisa terus menjadi keluarga kecil untuk selamanya. moment-moment macem ini pasti bakal selalu diingat guys! keep contact yeiy!

Bukannya mau pilih pilih temen, tapi berasa klop aja sama kalian berdua, Yuki sama Tame. Makasih yaa udah bikin KKP gue lebih berwarna dan bermakna. Senang bisa kenal lebih dekat sama kalian berdua :D 
Yang ini pas diajakin liburan ke Linggo Asri sama keluarganya Pak Kades hihihi

Pas moment Pemetaan Sawah, program titipan dari Kementan, selalu ada kesempatan buat foto :D

yang ini pas gue Yuki Tame Sitti iseng main ke Museum Batik Pekalongan hihihi
ini pas main ke Kajen EXPO 2012. asik dapet arum manis :9
THANKS FOR EVERYTHING :)
SAMPAI JUMPA DI CERITA SELANJUTNYA :D

CAST
Nova Zakiya as Zha
Yuki Indah Pertiwi as Yuki
M. Rizki Pratama as  Tame
Rujito as Jito
Sitti Hadijah as Sitti
Erliana Candra Dewi as Erli
Bapak Hasanudin as Kepala Desa Sengare
Ibu Winarni as Bu Kades
Nita as Anak Pak Kades yang masih SMA
Indah as  Anak Pak Kades yang masih SMP
Diki as Anak Laki-laki Pak Kades yang masih SMP
Lala as  Anak Pak Kades yang masih PAUD
Bapak Kasturi as Ketua Kelompok Tani Dukuh Picis 

0 comments: