Mencoba Peruntungan Baru :3

12:32 PM Nova Zakiya 0 Comments


“Kuliah 4 tahun di IPB, 3 tahun belajar di Ilmu Keluarga dan Konsumen, ujung-ujungnya balik lagi ke cita-cita masa kecil”
Ya itulah gue yang saat ini mencoba peruntungan untuk mempunyai pengalaman kerja di perusahaan broadcast :3. Yap sekarang gue lagi magang di tvOne, di bagian litbang redaksi alias di Divisi News Gathering, Departemen Editorial Support. Sama sekali nggak ada nyambung sama jurusan gue emang, ya paling nggak gue berbekal minor komunikasi gue pas gue apply. Kenapa gue apply? Karena emang gue tertarik di bidang komunikasi media massa. Cita-cita gue dari kecil sebenarnya pengen jadi reporter atau gue jadi yang ada di belakang layar dalam hal siar-menyiar hahaha. Baik, gue cerita dari awal.


Awalnya, gue emang sering sharing sama temen gue sekitar 3-4 bulanan yang lalu yang saat itu ketrima magang di Research and Development-nya Global TV, si Manda. Doi cerita gimana-gimananya disana, gimana serunya jadi bagian dari mereka, yang mana itu membuat tekad gue semakin bulat untuk apply ke perusahaan mass media pas gue lulus ntar. Manda nawarin apply magang-magang buat bekal nanti pas lulus ntar, yang sayangnya waktu itu gue bener-bener lagi bimbang antara apply magang apa utamain penelitian. Doi memperkenalkan gue sama sebuah akun di jejaring sosial twitter, @KampusUpdate, dimana akun itu berbagi sangat banyak informasi tentang internship, part-time, volunteer, ataupun scholarship. Gue follow lah itu akun, dan memang banyak gue dapet informasi magang yang bikin gue semakin galau antara mau apply sekarang apa ntar.

Setelah banyak ngobrol sama orang tua, sahabat, temen-temen sepenelitian gue khususnya, dan juga sama asisten dosen pembimbing gue, akhirnya gue putuskan beresin penelitian dulu sampai ambil data karena itu makan waktu sekali buat datengin responden gue. Di sela-sela itu, gue terus benahin CV gue, siapin CV gue buat apply nantinya. Banyak masukan dari banyak orang tentang membuat CV supaya dilirik sama orang, termasuk gue belajar dari blog salah satu anchor favorit gue yang selalu menginspirasi, Marissa Anita, anchor-nya 8-11 show. Dan banyak pula gue belajar baca-baca tentang broadcast hahaha.

Maret penelitian gue udah beres sampe ambil data, tinggal gimana olah dan interpretasinya. Saat April datang, gue mulai cari-cari info magang, gue pantengin akun @KampusUpdate dan cari-cari info lain di internet. Setiap ada lowongan gue selalu coba buat apply, banyak itu di sent items email gue subject-nya magang magang dan magang. Ya mungkin belum rejeki belum ada yang manggil gue buat magang. Tapi gue terus-terus apply setiap ada lowongan, salah satunya di Litbang Redaksi ini.

Hari itu, gue masih haha hihi sama Memey Iam Bari Khalid kumpul kumpul cerita cerita lagi sibuk apa masing-masing, penelitian udah sampai mana dan apa rencana-rencana ke depannya. Sudah lama ngga kumpul gini sama geng MAX!!6, minus si Herna doang yang ngga bisa dateng ke kampus hari itu. Pulangnya, gue sama Iam Khalid Bari mainlah ke sekret MAX!!, emang ada rencana mau rekaman lagi setelah kemarin-kemarin haha hihi dapet 1 lagu buat direkam. Pas liat hp, ada 1 missed call. Awalnya ga kepikiran juga kalo itu panggilan magang soalnya gue berpikir mana mungkin udah malem juga kan, tapi agak takut juga kalo ternyata itu emang panggilan magang. Emang dasar sinyal di sekret agak-agak, pas nomor itu telpon lagi pas gue angkat udah mati. Sampai akhirnya telpon yang keberapa, berhasil juga gue angkat dan pas itu sekret udah rame mau mulai rekaman lagi pada genjrang genjreng gitar cajon dan sebagainya. Gue ke tempat yang ngga terlalu ramai biar bisa jelas suaranya. Yes, itu telpon dari orang Litbang Redaksi, yang mana siangnya gue baru aja kirim CV gue kesana. Agak deg-deg-an juga karena jujur aja suaranya ngga jelas men sinyal ngadat gitu di SC. Di pembicaraan via telpon itu, gue dijelasin sedikit jobdesk-nya bagaimana, ngapain aja dan sebagai-bagainya. Di tengah pembicaraan yang susah sinyal itu, tiba-tiba dari sebelah SC, anak anak TPB di gymnasium nyalain kembang api jedar jeder yang bikin gue makin keki ngga denger mbaknya ngomong apa. gue lari sampe depan FMIPA yang nyatanya disana lebih susah sinyalnya (mungkin di IPB emang di-setting susah sinyal biar belajarnya bener -,,-). Aseli dah itu gue ngga enak banget sama mbaknya, yang akhirnya telponnya keputus sendiri. Gue telpon balik ngga diangkat. Okesip. KALUT.

Gue ngga jadi nemenin anak-anak rekaman, gue langsung pamit balik saking kalutnya. Dan pas banget pas udah nyampe rumah, ada telepon lagi dari nomer yang sama. Langsung aja gue minta maaf ngga enak asli dah -,,- terus dijelasin lagi gimana-gimananya, kalo emang minat gue datang ke kantor hari Selasa jam 2 ketemu sama HRD-nya. Sudah campur aduk seneng bingung tapi banyak senengnya akhirnya ada panggilan juga hahaha. Akhirnya gue tau yang nelpon gue namanya mba Mayya, bagian Litbang Redaksinya. Baik sekali dia memberi tahu nanti enaknya gue naik apa aja ke kantornya. Langsung aja gue ngabarin Manda, gue certain detail-nya sampe gue bikin janji buat ketemu sama doi.

Ketemuanlah sama Manda, gue cerita step by step-nya. Ngga beda jauh antara Litbang dan R&D, antara bagian Manda, sama bagian gue ntar. Manda cerita gimana pengalamannya pas wawancara, dikasih ilmu gue nanti ngapain aja dan segala macemnya. Manda banyak ngebantu pokoknya :*

Hari Selasa, gue ke kantor. Setelah ribet semaleman gue bingung mau pake baju apa biar rapi tapi tetep simple. Sampailah gue di kantor jam 12.45 dan gue bingung mau kemana dulu. Langsung aja gue masuk ke kantor. Ketemu sama mba Mayya di lobby, gue daftar dan akhirnya sekitar jam 2 lebih, gue ketemu sama mba Sabrina, orang HRD. Ngobrol banyak tentang gimana-gimana ntarnya, keberatan atau ga Bogor-Jakarta dan sebagai-bagainya, akhirnya gue dibawa ketemu sama user gue, mas Arief buat ngobrol lebih lanjut. Ditanya apa motivasi gue magang, dan gue jawab:
"saya ingin memiliki pengalaman kerja di perusahaan mass media, karena memang saya tertarik untuk bekerja di bidang komunikasi media massa. Maka dari itu, pas ada lowongan disini, saya ingin belajar karena jujur saya jurusan saya kuliah kan ngga ada sangkut pautnya dengan broadcast."
Pada intinya seperti itu. Dan akhirnya mas Arief mengaku kalo dia lulusan IPB juga -,,-

Setelah itu gue dibawa ke tempat kerjanya, diliatin ngapain aja. Disitu masih ada Yuke, mahasiswa magang juga yang bakal gue gantiin karena periode dia udah abis. Baru deh abis itu gue ketemu sama mba Sabrina lagi buat ngurus administrasinya dan HARI KAMIS 18 APRIL GUE UDAH MULAI KERJA. hahaha

Iseng setelah itu gue buka email, dan ada 2 panggilan. Satu interview marcomm Gramedia hari Senin ntar dan satunya ada pelatihan jurnalistik dari Rakyat Merdeka di Graha Pena Jakarta selama 5 hari. Huahh! Saya ambil rejeki yang manggil saya pertama saja lah. Sekian dan terima kasih :3

0 comments: