SEMARANG TRIP - Having Fun at UMBUL SIDOMUKTI Part 2

11:27 PM Nova Zakiya 0 Comments

WE ARE THE SUNRISE HUNTER!

Berada di kawasan pegunungan, udah pasti pemandangan ini paling ditunggu-tunggu oleh semua orang. Apalagi setelah kemarin kita nggak dapet sunset. Jam 5 kita bangun dan bersiap (tentu setelah solat Subuh). Baru keluar kamar alias di teras aja pemandangannya udah begini.

Ambar memutuskan untuk tetap tinggal di kamar, jadilah gue dan Diah yang tentu saja nggak akan menyia-nyiakan momen ini. Kita tunggu detik demi detik dari yang awalnya hanya semburat warna jingga, siluet pepohonan, hingga akhirnya perlahan muncul sang mentari. Pemandangan di bawah yang masih tertutup kabut bagaikan lautan. Subhanallah, liburan yang begini nih yang bikin kita semakin bersyukur dan mengagumi semua ciptaan-Nya.
Photo by @diah_up
Photo by @diah_up

Lagi-lagi yang kita kira udah jam 8 ternyata baru jam setengah 7-an, mentari mulai terik dan kita pun kembali ke kamar, bersiap untuk sarapan.

Menu sarapan pagi yang disediakan pihak Pondok Wisata Umbul Sidomukti adalah soto kudus dan roti bakar. Ronde pertama, kita ambil si soto yang mangkuknya kecil jadi kita ambil 2 mangkuk disatuin (gue hanya ambil ayam suwir dan sate telur puyuhnya yang enak). Ditambah perkedel, tempe mendoan kecil, sama kerupuk dan teh manis hangat, makan di rooftop menghadap ke pemandangan kota di bawah.
Sate telur puyuhnya juara enaknya!
Ronde dua, gue dan Diah meracik roti bakar. Agak lama memang karena memanggang, mengoles sendiri. Alhamdulillah kenyang, panas mulai terik jadi kita kembali ke kamar, lanjut nonton kartun hari Minggu, bebenah kamar dan mandi.

After watched my fav serial, Bima Satria Garuda, kita jalan-jalan keluar. Niat hati ingin mengulangi ke Pondok Kopi tapi apa daya kaki tak sampai. Jarak Pondok Wisata dan Pondok Kopi lumayan jauh dan nanjak, sedangkan pihak Umbul belum menyediakan transportasi untuk kesana. Jadilah kita jalan hanya sampai dekat pintu masuk Pondok Wisata. Ya, setidaknya dapet langit biru dan Rawa Pening sedikit :3
Rawa Pening-nya kelihatan, dikit.
langit birunya Subhanallah

Akhirnya kita masuk lagi ke kawasan Pondok Wisata lewat pintu masuk pengunjung GRATIS (karena kita sudah pesan penginapan disitu). Sempat mampir jajan kue leker pisang coklat keju seharga Rp 2 ribu/pieces saja!

Di kawasan ini juga ada fasilitas outbond seperti flying fox, menyeberang di ketinggian, ATV, naik kuda, dan sejumlah kegiatan outbond lainnya. Cuma Ambar yang ambil paket flying fox terusan seharga Rp 35 ribu kalau nggak salah (gue sama Diah enggak hahaha mengingat masih ada tempat yang mau kita kunjungi dan hidup kita masih ada untuk esok halah).

Sekitar jam 11 kurang, kita udah duduk duduk cantik di rooftop, ngaso dan foto. Men kabutnya udah sampai nutup kawasan outbond lho! Indah dilihat tapi emang udah mulai mendung-mendung cantik. Ambar memutuskan untuk pulang duluan karena mendadak ada urusan, sehingga gue melanjutkan liburan ini hanya berdua dengan Diah.
lelah banget kayanya hahaha
Kabutnya nutup jalur flying fox sis!

Setelah solat Dhuhur sekitar jam 12 kurang, kita harus check out dari tempat indah ini. Pengen extend tapi nanti tabungan kita jebol hahaha. Hopefully, kita ada waktu lagi untuk main ke tempat ini, tapi inapnya mau di Pondok Kopi dong! It's a must!
Sayonara!
Kang ojek sudah datang diantarlah kita ke Jimbara dan hujar turun deras pas kita sudah di angkot. Next, we want to go to Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong (selanjutnya akan gue sebut Watugong). Turun di Babadan dan masih hujan, neduh sebentar dan akhirnya disuruh naik another bus tuyul sama kenek. Saran gue, jangan percaya begitu aja sama kenek yang gampang jawab iya pas ditanya lewat A, B, dan sebagainya. Alhasil, jadilah kita tertipu karena ternyata ini bus nggak lewat Watugong (Watugong terletak di pinggir jalan raya yang dilewati bus tuyul Semarang-Ambarawa ataupun Semarang-Salatiga) dan diturunin di shelter BRT/TransSemarang, semacam TransJakarta gitu deh.

Jadi saran kita, ada baiknya bertanya sebelum naik sesuatu di kota orang. The power of asking, men! See you on the next post ya!

MARI BERHITUNG!
Kue leker pisang coklat keju : Rp 2.000,-/buah
Flying fox terusan : Rp 35.000,-
Ojek ke Jimbaran : Rp 25.000,-
Angkot Jimbaran-Babadan : Rp 5.000,-
Bus tuyul : Rp 3.000,-
BRT (TransSemarang) : Rp 3.500,- (pindah bus sudah tidak dikenakan biaya)