CELOTEH CERITA RAMADAN DAY 10 : Takjil

10:45 PM Nova Zakiya 4 Comments

Buka puasa biasanya tidak langsung makan berat. Minum secangkir teh hangat dan beberapa camilan yang seringkali kita sebut “makan takjil” untuk membatalkan puasa dilanjut sholat Maghrib. Hmmm... rasanya air teh hangat mengalir di kerongkongan itu... nyess banget :3
Nah setidaknya ada makanan makanan takjil yang jarang atau bahkan sama sekali nggak pernah absen di meja saat bedug maghrib ditabuh.

1. Gorengan  
                            “eh, gorengannya mana?”
Pertanyaan ini kerap kali terdengar di jam-jam menjelang buka puasa. Sebelumnya pertanyaan bisa jadi,
                            “jangan lupa beli gorengan ya, gue mau bakwan dong!”
The most wanted, bakwan a.k.a bala bala // source : pinterest 
Yak. Gorengan ini memang jarang banget absen dari peredaran makanan takjil saat buka puasa ala orang Indonesia dimanapun berada (hahaha). Gorengan emang enak sih, bisa ganjel sedikit rasa lapar sebelum makan berat (kan mau sholat Maghrib dulu kan). Mulai dari bakwan, tahu isi, cireng, tempe, risol, pisang goreng sampe tahu kopong. Dimakan sambil minum teh manis anget udah gitu dicocol sambel kacang. Beuh. Sedep!
Lebih magic lagi, jam 5 sore biasanya gorengan yang most wanted udah ludes. Tapi bae bae jangan kebanyakan ya, nanti batuk haha.

2. Arem-Arem alias Lontong Isi
Lontong isi makannya diguyur pake sambel kacang beuh! // Source: pinterest
Namanya lontong ya terbuat dari nasi. Ditambah isi sayur atau oncom. Ini lebih cepet abis ketimbang gorengan karena biasanya dijual terbatas (udah macem preorder novel aja ya). Satu pedagang biasanya ga nyetok terlalu banyak walopun peminatnya banyak. Biasanya dijual Rp 1.500-2.000,- per satuannya. Porsinya yang ngga terlalu besar bisa lumayan ganjel yang laper. Tapi kalo makan 3 buah sekaligus biasanya nggak makan malam hahaha. Cocol sama sambel kacang enak juga :3

3. Berbagai Jenis Es dan Rekan-rekannya
Buka puasa seger banget minum es kelapa muda ya! Baik buat kesehatan juga lho // Source : Flickr
Setelah menahan haus seharian, biasanya es terlihat begitu menggoda. Bagaikan menemukan air di tengah gurun pasir (hahahaha). Mulai es kelapa muda, es cendol, es podeng, es blewah, es timun suri, es buah, sampai es yang saya nggak tau namanya apa, semua dipenuhi pembeli sampe rela antre. Seger sih memang, maknyess gimana gitu :3

4. Kolak dan Bubur Biji Salak
nih yang namanya bubur biji salak. nyoy gitu // source : flickr pinodita
Biasanya ini menu rumahan alias di rumah mama suka bikin ini. Saya pribadi sih lebih suka bubur biji salak sama kolak labu. Pas rasanya kalau mama yang buat (yaiyalah hahaha). Tapi banyak juga kok dijual di abang abang penjual takjil dadakan haha

5. Kurma
Kurma madu mantep tuh :3 // Source: viaberita.com
Menu takjil yang selalu dianjurkan tapi kadang jadi pilihan terakhir karena kedudukannya tergeser oleh gorengan dan kawan-kawan. Sunnahnya makan 3 butir kurma. Manisnya pas, baik buat pencernaan.

Kalo takjil favorit kamu apa?

XOXO!

Za.

4 comments:

  1. Replies
    1. Tenang mas edwin, buka puasa sekitar 5 jam lagi hehe

      Delete
  2. kalau saya, cukup air putih dan buah segar. Kalau ga ada buah segar, baru kurma kering :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba setuju air putih sama buah aja udah seger banget ya buat buka puasa. sehat pula hehe

      Delete