CELOTEH CERITA RAMADAN DAY 11 : Menu Buka Puasa ala Warteg

11:11 PM Nova Zakiya 2 Comments

Seringkali menentukan mau makan apa saat berbuka puasa sama halnya dengan memilih mau pake baju apa buat kondangan buat wanita (stok baju banyak tapi bilang ngga punya baju). Pilihan makanan emang banyak, tapi kitanya seringkali pilih-pilih, apalagi buat anak kosan. Kadang alasannya bosen, abis kemarin makan itu, masa besok makan itu lagi. Apalagi yang kosannya nggak ada dapur :( #kemudiancurhat
Setelah makan takjil, tentunya kita berpikir 'mau makan berat apa ya hari ini?'. Kalo yang maghrib masih stay di kantor sampe malem, biasanya pilihan makanan deket kantor ya semacam nasi goreng, kwetiau, mie tek tek, soto lamongan, pecel lele, nasi uduk, ayam cabe ijo (lah banyak pilihannya -.-). Tapi kalo tiap hari meski udah digilir makannya tetep aja ada rasa 'yah bosen deh makannya ini ini aja, pengen yang lain'. Hahaha manusia nggak pernah puas memang.
Apalagi buka puasa, pengen yang enak dan sehat. Iya dong biar puasanya tetep fit, ya kan? Sebenernya nggak apa-apa makan yang ada, hanya saja coba diamatin deh, diantara yang disebutkan di atas, ada yang nggak ada nggak? :3
menu makanan warteg deket kosan saya yang asoy. sayang ini foto diambil jam 4, menunya belum banyak. kalo udah jam 5 beuh menunya beragam :3
Yak betul, sayur. Dan buah. (anaknya banyak mau). Makanya menurut saya, warteg (alias warung tegal) menjadi pilihan yang tepat (menurut saya hahaha). Karena pilihan menunya banyak dan bisa kita ganti setiap hari. 4 sehat 5 sempurna men :3

Lalu apa aja sih keunggulan warteg di bulan puasa begini (buat anak kos terutama hahaha)?

1. Menu beragam. Pengen jenis apa aja insyaAllah ada :3
Yak, seperti yang kita tahu, warteg itu apapun jenis makanannya ada. Mau telur? Ada. Mau ikan? Ada. Mau sayur? Ada. Mau ayam? Ada. Mau cumi atau udang? Ya kadang kadang ada hahaha. Pilihan menu yang beragam ini bisa membuat kita memvariasikan menu makan kita. Misal nih hari ini makan pake sayur oyong sama telur dadar. Besok makan sayur sop sama ayam goreng. Dan sebagainya deh hahaha. Pokonya #IndonesiaSehatMakanSayur yaw :3

2. Nasinya banyak (buat anak kosan ini adalah keuntungan besar)
As we know together, nasi di warteg itu berlebihnya kebangetan. Apalagi kalo dibungkus. Bilang setengah bisa jadi itu satu porsi buat kita. Buat anak kosan, ini tentu keuntungan besar. Tinggal bungkus nasinya dipisah sama lauk, bisa dimakan pas buka puasa, setengahnya lagi pas sahur hahaha. Hemat kan :p

3. Ramah di kantong
Makanan warteg itu paling ramah di kantong, apalagi kalau milih menu yang biasa-biasa aja (yang nggak langka macem seafood). Dengan 10 ribu rupiah, kita bisa kenyang kebangetan. Alhamdulillah ya kan jadi hemat hahaha :3

Biarpun warteg makanan yang sederhana, selama sehat dan menguntungkan kenapa tidak? Oh ya, jangan asal murah, tetep perhatikan kebersihan lokasi wartegnya ya (waspada kalo ada kecoa atau tikus yang beredar kan ewwww). Kalo saya sih memang prefer beli makan di warteg buat buka puasa. Soalnya ngincer sayurnya. Tapi kalo bosen bisalah beli makan di tempat lain, macam nasi goreng dan kawan-kawan. Tapi sejauh ini, masih beli makannya di warteg terus sampe dibela-belain minta anter sama temen sekantor ke warteg ini hahaha.

Jadi kalo kamu, lebih suka buka puasa pake apa? 

XOXO!
Za.

2 comments:

  1. Selama puasa ini belum ke warteg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha aku hampir setiap hari beli makan di warteg mba nayy haha karena ngincer sayurnya sih :))

      Delete