CELOTEH CERITA RAMADAN DAY 12: Mengatasi Sembelit

9:37 PM Nova Zakiya 0 Comments

Selain dehidrasi, ada satu hal lagi yang perlu diwaspadai saat kita berpuasa. Yap, sembelit. Pola makan yang kurang benar dan sehat di saat sahur ataupun berbuka puasa seringkali membuat kita susah buang air besar. Bisa jadi kita kurang mengonsumsi makanan berserat. Alhasil, perut berasa begah dan nggak enak.

Jangan buru-buru beli obat pencahar, karena setidaknya ada cara yang lebih tidak kimiawi dibandingkan itu (hahaha).

1. Konsumsi Pepaya
Kita tahu banget kalo pepaya itu buah yang paling yahud buat ngobatin susah BAB. Kandungan seratnya yang tinggi, kandungan vitamin C, vitamin E, beta karoten dan folatnya bagus untuk pencernaan. Jangan salah lho, biar lembek begini, pepaya bisa mencegah kanker usus besar. Maka jangan heran kalo ahli pencernaan pasti akan rekomendasiin buah ini ke pasiennya.

2. Perbanyak makan sayur (-an hijau)
Sesuai tagline saya, #IndonesiaSehatMakanSayur hahaha. Usahain ada sayur di setiap menu buka puasa ataupun sahur. Karena mereka memiliki serat yang cukup, terutama bayam dan brokoli. Both of them merupakan sumber serat yang tinggi yang dapat memperlancar buang air besar kalian


3. Cemilin Kurma
Tak hanya baik untuk takjil, kurma ternyata punya banyak manfaat lain lho. Kandungan fruktosa, selulosa, dan seratnya bagus untuk pencernaan dan mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus. Tak hanya itu, kurma juga bisa mencegah kanker usus besar juga lho.

4. Minum/Makan Yogurt 
Yogurt merupakan makanan olahan dari susu sapi yang difermentasi melalui bakteri. Kalium, riboflavin, vitamin B5, yodium, vitamin B12 dan masih banyak lagi terkandung dalam yogurt. Nah si yogurt ini bisa menjaga kesehatan usus, mencegah gangguan pencernaan, salah satunya ya sembelit itu. Bakteri baiknya menjaga saluran pencernaan kita, sementara probiotik mampu melawan mikroorgamisme berbahaya yang ada di saluran pencernaan. Tapi hati-hati, jangan asal pilih yogurt. Menurut Dr. Regina Karim (Health Marketing Director Danone), pilihlah yogurt yang masa kadaluarsanya kurang dari 3 bulan karena bakterinya masih hidup. Dan kalau bisa jangan yang UHT (Ultra-High Temperature) karena konon si bakteri baiknya udah mati pas proses pemanasan.



5. Banyak Minum Air Putih 
Kalo yang ini udah paling gampang didapet, ya kan? Konsumsi air putih memang paling bagus untuk kesehatan, salah satunya ya mengatasi sembelit. Minum yang cukup, sekitar 2 liter setiap harinya atau katanya sih 8 gelas per hari. Nah pas puasa ini bisa disiasati dengan minum 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat buka puasa, 2 gelas saat makan malam dan 2 gelas sebelum tidur. Ya sebenernya nggak ada aturan pasti kapan minumnya sih yang penting cukup aja hahahaha.

Yaudah segitu aja tips dari saya ya. Semoga sehat selalu di bulan Ramadan ini. Kalo kamu sendiri, tips buat atasi sembelit makan apa?

XOXO!
Za.

0 comments: