CELOTEH CERITA RAMADAN DAY 15 : Isi Kotak Obat ala Anak Kos

5:41 PM Nova Zakiya 2 Comments

Hello! Hahaha
I skipped my 2 days of Ramadan’s writing project (day 13 and 14 hahaha). Pardon me because I got cough and fever.
Menjadi anak kos emang dituntut buat mandiri, termasuk saat sakit. Beli makan dan beli obatnya pun sendiri hahaha (karena nggak enak ngerepotin temen sekos sama ibu kos sih sebenernya). Tapi daripada kita meringkuk di kasur meratapi nasib badan kita yang panasnya nggak turun-turun atau batuk pilek yang tidak juga mereda, emang lebih baik buat dipakai gerak tau, biar badan agak segeran gitu. Ya meskipun geraknya juga terpaksa hahaha.
taken with Sony Xperia C5 Ultra // effect by vsco
Nah, buat mengantisipasinya, biar sekiranya nggak harus panik saat sakit melanda, apalagi panas panasnya tengah malem trus mau pergi ke klinik 24 jam atau rumah sakit badannya agak agak, kita bisa stok obat-obatan ini nih

1. Parasetamol
Demam. Penyakit ini sering bertandang kalo sistem imun tubuh melemah atau abis keujanan. Kadang sekedar anget anget pup ayam, kadang panasnya berasa bisa dipake goreng telor. Parasetamol, si obat yang cocok diminum saat negara api menyerang (maksudnya pas panas badan lagi yahudnya). Obat ini memang berguna untuk meredakan demam. Tapi kalo udah minum paracetamol tapi masih aja panas, mending periksa gih daripada kenapa-napa :3

2. Antiseptik, plester dan kawan-kawan
                      "Ngapain simpen antiseptik? Emang kita jatoh setiap hari?"
              "Iya jatuh hati emang ngga perlu pake betadine kok," *kemudian baper*
Meski terlihat tidak terpakai setiap saat (emang ngga pake setiap hari sih), tapi manfaatnya segudang. Apalagi yang baru pake sepatu baru terus lecet di bagian belakang hahaha
Nggak hanya dalam bentuk cair atau oles, antiseptik pun ada yang berbentuk obat kumur. Fungsinya tentu sama sama untuk membunuh kuman dan bakteri jahat yuhuuuu~

3. Balsem dan koyo
Sama-sama penghasil panas, keduanya cocok disediain kalo idung lagi mampet, flu trus badan pegel pegel. Panasnya emang kadang lebih setrong ketimbang minyak kayu putih, tapi lebih enak aja gitu (terus masuk ke opini pribadi hahaha). Kalo si koyo ini, bakal jadi penyelamat ketika kita kudu pake heels yang tinggi seharian. Beuh abis itu ditempel ke betis, pinggang, punggung, pelipis, udah enak, serasa lagi dipijit hahaha

4. Obat masuk angin
Ini masuk angin kadang jadi langganan orang, apalagi yang suka kena angin malam. Bahkan nganga aja angin bisa masuk ke tubuh kita hahaha. Walhasil, perut kembung dan badan greges. Udah paling enak minum yang semriwing. Nah biasanya nih obat masuk angin rasanya semriwing begitu, bentuknya cair, tinggal sobek langsung syur tuang minum langsung hahaha. Bahkan beberapa temen saya yang mau pergi ke luar negeri, obat masuk angin ini menjadi salah satu bekal wajib yang harus dibawa hahaha.

5. Plester kompres
Sebenernya ini efektif ngga efektif sih hahaha pengalaman dari make sih begitu, panasnya tetep, eh berkurang dikit lah. Tapi yang saya suka adalah efek dinginnya yang tahan lama dan nempelnya yang setrong abis. Cocok buat yang tidurnya nggak bisa diem dan nggak mau ribet meres kompres sendiri ganti kompres sendiri nyiapin kompres sendiri (kok ngenes ya). 
pilihan eik~
6. Suplemen (atau vitamin)
Nah, kalo ini bener-bener yang namanya - meminjam istilah dan nadanya si Roger - 'mencegah lebih baik dari pada mengobati'. Pasti nggak ada yang mau jatuh sakit dong, ya kan? Nah si suplemen ini katanya bisa menambah sistem imun tubuh menjadi lebih kuat dan tidak gampang sakit (bacanya ala ala VO iklan hahaha). Biasanya (lagi) saya konsumsi vitamin C. Kalo nggak mau yang dalam bentuk obat, bisa sediain aja susu beruang. Si susu sapi murni yang iklannya bentuk naga tapi merek dan kemasannya beruang hahaha. Kandungan mineral, lemak dan vitamin dalam susu ini akan berpengaruh pada kekebalan tubuh yang semakin meningkat :3
Ya tapi sekali lagi, pasti ngga ada yang mau sakit sih. Seenak-enaknya rasa obat, mau rasa mint, mau rasa strawberry ataupun rasa jeruk, tetep aja itu judulnya obat, ya kan? Maka dari itu, menjaga kesehatan memang teramat sangat penting. Jangan lupa atur pola makan juga ya, tetep dengan hashtag #IndonesiaSehatMakanSayur dan buah juga. Semacam 4 sehat 5 sempurna lah. Banyak minum air putih juga yaa. Karena sehat itu mahal coy.

Nah kalau kalian, obat apa sih yang wajib ada dan selalu distok di rumah?

Salam sehat!
Za.

2 comments:

  1. Replies
    1. oiya betul juga hahaha ga kepikiran mba nayy aku ga pernah stok itu hahaha

      Delete