CELOTEH CERITA RAMADAN DAY 16 : Atasi Radang Tenggorokan saat Puasa

10:40 PM Nova Zakiya 0 Comments

Jadi di hari ke-16 ini, batuk saya belum juga membaik. Malah kalo malam, tidur saya jadi tidak nyenyak, karena harus terbangun karena batuk dan itu sakit :( 
Kadang malah disertai badan anget juga dan bagian leher (pas tekanan yang batuknya itu) disentuh sakit. Kata temen, itu radang tenggorokan. Setelah dirunut, ya pola makan dan asupan yang kurang sehat mendasari terjadinya radang tenggorokan.

Nah, biar nggak kena radang juga seperti saya, ada tips nya nih yang saya kutip dari seorang pakar nutrisi.

1. Kurangi konsumsi gorengan atau something else yang digoreng
Si primadona takjil ini ternyata menjadi musuh utama saat sakit tenggorokan menyerang. Dan beberapa kawan-kawannya seperti chiki dan snack lainnya. Ya memang sih, dari awal puasa, saya takjil kerap ngemil gorengan, ya abis adanya itu :(
siapa yang tidak tergoda namun apa daya :(
Makanya, kurangin deh itu makan gorengan atau snack kering lainnya yang bisa memicu batuk dan radang. Banyakin minum air putih hangat karena itu rasanya enak banget pas kena tenggorokan yang nyeri ini. 


2. Konsumsi sup
Lalu bagaimana dengan menu makan berat? Sebisa mungkin hindarin yang digoreng atau ditumis (kecuali kalo nggak ada banget hahaha). Paling bagus lagi begini, makan sup ayam hangat. Semangkuk sup ayam ini ternyata punya banyak nutrisi baik lho buat membantu melawan infeksi yang terjadi di tenggorokan.

Terus terus sodium yang ada di garam dan kaldu punya sifat anti inflamasi yang sangat baik buat ngurangin rasa sakit di tenggorokan. Apalagi kalo yang buat mama #kemudiancurhat

*resep di atas bikin ngeces ya :'( 


3. Kumur pake air garam
Selain minum air hangat, coba kumur pake air garam hangat deh. Bikinnya gampang. Campurkan satu sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat. Kalo nggak kuat asinnya, tambahin sedikit madu juga boleh.

Konon katanya nih, kumur pake air garam hangat bisa mengurangi pembengkakan di tenggorokan dan membantu meredakan iritasi karena bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan.

4. Tidur yang cukup
Ini yang paling penting. Obat dari segala penyakit ya tidur yang cukup. Kalo bisa tidur selama 8 jam biar kebutuhan istirahatnya tercukupi (katanya..). Tenaganya jangan terlalu diforsir alias jangan kecapekan. Minum vitamin atau susu beruang perlu tuh. Karena istirahat yang cukup bisa bantu melawan virus dan penyakit yang bersarang dalam tubuh, apalagi kalo masih begini cuacanya. Sebentar panas banget teriknya, sebentar hujan. 


Semoga tetap sehat ya kita semua supaya khusyu' menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan. Karena sedih lho, Ramadan udah lewat setengah bulan :'(

Salam sehat!
Za.

0 comments: