CELOTEH CERITA RAMADAN Day 4 : Stok Sahur ala Anak Kosan

9:34 PM Nova Zakiya 6 Comments

edited by me use canva
Pertanyaan ini tentu menjadi pertanyaan rutin bagi anak kos di bulan Ramadan. Eh ya nggak sih? Saya pribadi sih iya haha. Karena pada dasarnya, anak kos harus mandiri menyiapkan segala sesuatunya sendiri, termasuk menentukan apa yang akan kita makan saat sahur~

Terkadang kita bosan karena menu makanan yang itu-itu saja, tapi nggak punya pilihan lain daripada nggak makan sama sekali. Apalagi kalau di kosan nggak ada dapur atau kita sendiri nggak punya alat-alat masak yang portable. Mau nggak mau beli jadi meski menu yaaaa seadanya, adanya telor ya telor mulu, adanya ayam ya ayam mulu.

Tapi biasanya, saat jam sahur tiba, kita mager buat pergi ke luar beli makan. Nggak jarang, mie instan jadi pelarian. Apalagi indomie goreng beuh sedappp kan dari baunya juga. Tambah kornet telor keju sayur aduuuuh nikmat~
Mie goreng sedep yekan~ // Pic from fussfreecooking.com
Sayangnya, terlalu banyak makan mie instan juga nggak baik bagi kesehatan. Nggak mungkin dong 30 hari berturut-turut kita makan mie instan. Nah untuk menyiasatinya, buat anak kosan yang mager keluar setiap hari, bisa nih nyetok yang begini:

1. Abon
Abon ini adalah salah satu andalan bagi anak kosan yang nggak mau ribet tapi tetep mau makan nasi. Emang paling nikmat disajiin sama nasi panas. Ditambah rasanya abon ini yang sekarang udah macem-macem, mulai dari abon daging sapi (yang standar sih ini), abon ayam, lele, tuna, tongkol, belut juga udang. Makan nasi abon doang aja udah nikmat, apalagi ditambah lauk lain macem telor dadar anget. Bahkan ditambah chitato atau lays aja enak asli hahaha (mental anak kosan banget chiki dijadiin lauk)

2. Roti
Nih buat yang ngga terlalu mewajibkan nasi sebagai makanan utama, bisa diganti sama roti tawar. Mau yang lebih ngenyangin, bisa pilih roti gandum, lebih sehat pula. Bisa divariasiin sama selai, butter ataupun meses. Tambah ovomaltine atau nutella juga nikmat, apalagi ada cream cheese juga beuuh nimbun lemak hahaha.

3. Sereal dan susu
Ini menu agak sehatan nih, sereal sama susu. Apalagi yang terbuat dari gandum utuh (bukan ngiklan kok haha). Sereal ini kaya akan karbohidrat kompleks yang memberi banyak energi bagi tubuh. Nah kalo susu udah jelas dong kaya akan vitamin dan mineral. Konon katanya nih, kalo yang udah terbiasa sahur pake sereal + susu bakal ngerasa lebih energik dan aktif, juga nggak terlalu laper di jam-jam krusialnya. Hmmm.. kalo aku sih yes.

4. Oatmeal
Kalo ini jelas lebih sehat, makan oatmeal. Udah mah seratnya tinggi dan bisa mengurangi tingkat kolestrol dalam darah. Tentu oatmeal sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung. Biar rasanya nggak flat-flat banget, bisa disajiin sama buah-buahan segar macam pisang, strawberry ataupun anggur.

5. Buah-buahan
Yang nggak kalah penting buat disetok selama bulan puasa adalah buah. Ya pisang atau alpukat boleh banget buat sahur. Kenapa? Karena pisang mengandung kalium, magnesium, karbohidrat, vitamin dan mineral. Pisang juga bagus buat kesehatan lambung dan usus. Sementara alpukat mengandung vitamin A, C, dan E juga kalori, protein, lemak serta minyak yang tinggi. Alpukat tentu bisa menjadi sumber energi melimpah yang dibutuhkan tubuh selama bulan puasa.

6. Air putih segalon
Ini paling penting di antara kelima jenis yang udah disebutin di atas. Jangan sampai kita kekurangan cairan di saat puasa. Kebutuhan akan air minum 2 liter tetep harus dipenuhi (tapi nggak harus 2 liternya pas sahur, diatur aja sampe buka dan malem hari hahaha). Air putih juga penyelamat banget kalo kita kesiangan bangun sahur (ala ala anak kosan kaga denger alarm). Bahkan dari Abu Sa'id Al Khudri RA, Rasullullah SAW bersabda,
"Sahur itu makanan yang barokah, janganlah kalian meninggalkannya walaupun hanya meneguk seteguk air, karena Allah dan malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang yang sahur,"

Tidak hanya itu, kebutuhan akan serat selama bulan puasa harus terpenuhi juga. Jadi usahain pas buka puasa ataupun sahur tetep makan buah dan sayur ya (pasang hashtag #IndonesiaSehatMakanSayur) hehehe.

Nah kalau ditanya apa stok saya buat sahur, saya sedia ini :3

All time fav cereal~
Apalagi bentuknya unik, limited edition Koko Krunch kepala Koko, mau makan juga semangat (padahal engga juga hahaha). Tinggal sediain susu, udah kelar dimakan buat sahur, praktis dan enak dan kenyaaaaaang. Aku cinta sereal <3

Nah kalau kalian sahur biasanya udah sediain apa dong? :3

XOXO!

Za.

6 comments:

  1. Aku tetepp ya nasi padang wkakka

    ReplyDelete
    Replies
    1. hebaaaat mba nayy hahaha dengan porsi dibungkus kah? :))

      Delete
  2. gw setelah menikah ya, punya kebiasaan baru: masak sendiri. haha. tadi sahur gw makan nasi goreng campur suwir ikan plus tempe dan nugget digoreng terpisah. tapi intinya sih lihat kulkas dulu, cek isinya ada apa aja, kira2 apa yg bisa dimasak lalu diapakan, lalu olah lah. misalnya tadi ada es buah sisa kemarin buka puasa, dimakan pas sahur. hahaha. tapi emang katanya oats itu lebih bikin tahan puasa dibanding nasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. seger dong bang makan es buah pas sahur bang hahaha. mungkin nanti setelah berkeluarga bakal lebih mikir untuk masak sendiri kali ya bang, biar lebih sedep hahaha. duh jadi mau dimasakin sama (calon) suami hahaha

      Delete
  3. ahahah betul banget itu menu sahur anak kosan sejati :D kalau aku sih paling sering roti sama milo kotak gitu. Atau beli dari malemnya, tinggal diangetin pas mau sahur deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. anak kosan maunya yang praktis praktis ya :))
      oh ya betul, roti sama susu kotak juga suka distok, enak diminum dingin hahaha

      Delete