CELOTEH CERITA RAMADAN Day 5 : Bangun Sahur

11:09 PM Nova Zakiya 0 Comments

Kalau biasanya di kampung-kampung ada istilah 'tong tong prek' alias anak-anak yang keliling kampung buat bangunin sahur, atau sekedar 'halo halo' di masjid yang sudah berkumandang sejak jam 2 dini hari, namun hal-hal itu nggak ditemuin saat saya tinggal di Jakarta, khususnya di tempat saya, di kawasan Setiabudi. Bangun sahur terkadang berat, apalagi kalau pulang kerja jam 12 malam (kemudian terselip curhat). 
another illustration edit by canva
Tapi anak kosan kudu mandiri, bisa bangun demi makan sahur yang diberkahi Allah SWT. Meski beberapa memilih untuk sahur saat malam hari, tapi dari kecil saya pribadi dibiasakan untuk makan sahur jam 3 pagi. Ya kalo sekarang mah ngaret dikit jadi setengah 4an lewat gitu (asal nggak lewat dari jam 4 hahaha).

Kalau udah pulang jam 12 malem, pasti baru bisa tidur antara jam 1 atau setengah 2 pagi. Otomatis itu godaan terberat buat nggak bangun sahur. Kalau di rumah kan enak, mama biasanya ketok pintu kamar buat bangunin, lah kalo tinggal sendiri? Nah buat menyiasatinya, ada tips dan trik ala zakia nih :3

1. Pasang alarm secara barbar
pasanglah alarm setiap 5-10 menit sekali dengan nada yang barbar
Alarm tentu menjadi senjata utama buat bangun sahur. Bisa dari jam weker ataupun alarm di ponsel. Nah kalo di ponsel, bisa diatur banyak kan. Jangan tanggung-tanggung, pasang tiap 5 sampai 10 menit sekali. Mau bangun? Pasang pake nada alarm yang paling annoying deh, yang mau nggak mau bikin kita bangun, walaupun awalnya cuma buat matiin aja hahaha.

2. Minta ditelepon orang tua
Sebelum tidur, kirim pesan dulu ke orang tua kalau kita minta bangunin. Jangan lupa atur volume nada dering ponsel yang cukup keras ditambah fitur 'geter' yang agak gengges. Dijamin bangun. Soalnya kalau ditelpon mama/abah, kalau nggak diangkat pasti akan berulang kali ditelpon. Bahkan tanpa kita minta pun, biasanya mama akan kirim pesan sekedar nanya 'udah bangun belum?' yang kalau nggak dijawab akan berujung ditelepon. So sweet.

3. Minta diketok pintu sama temen sekosan
Nggak usah ragu buat minta tolong dibangunin sama temen satu kosan, apalagi kalau sama-sama sahur. Tapi pastiin dulu ya, temen sekosan lagi 'libur' atau nggak hahaha.

4. Minta ditelepon pacar
Kalau pacarnya pengertian, biasanya tanpa diminta suka langsung ditelepon. Tapi kalau model pacar cuek, ya udah minta tolong aja bilang 'aku baru pulang, nanti bangunin ya jam 3.30'. Jangan harap dibales, biasanya udah ditinggal tidur, apalagi yang nggak kuat begadang *sigh*. Kalau nggak punya pacar gimana? Yaudah minta bangunin siapa aja, asal jangan lakik orang :3

5. Minta bangunin temen di grup WhatsApp/Line/grup medsos lainnya
Hahahaha nggak jarang saya sering menggunakan trik ini. Dengan intro 'woy gue baru balik nih. nanti yang udah bangun jam 3.30 bangunin yak. misscall aja deh nggak diangkat kok'. Hahahaha.

Well, kalau kamu biar bangun langsung strong harus siapin apa? Anyway, selamat menunggu sahur 4,5 jam lagi ya~

XOXO!

Za.

0 comments: