RUMAH POHON TOMBO BATANG

1:10 PM Nova Zakiya 14 Comments

Lama tidak pulang ke rumah (baca: frekuensi bisa pulang dari Jakarta sedikit), ternyata kawasan Batang – Pekalongan, Jawa Tengah memiliki banyak tempat wisata dan tempat nongkrong baru yang kekinian. Ya, memang tak hanya kafe kekinian sekelas Coffee and Beyond, ACP, Warung Orange, The Habit, Risa Cafe dan sejumlah kafe gaul lainnya yang tentu instragam-able banget, namun kini juga bermunculan tujuan-tujuan wisata baru yang tidak lagi hanya Agrowisata Pagilaran, Pantai Ujung Negoro, Pantai Pasir Kencana dan beberapa wisata alam lainnya.

Rumah Pohon II nih :3
Kali ini, saya berkesempatan untuk berkunjung ke Rumah Pohon Tombo yang cukup happening disebut sama sepupu-sepupu saya. Seperti biasa, modal nekat. Bahkan yang tadinya yang mau kesana setidaknya 6 orang (2 orang sebagai penunjuk jalan), akhirnya cuma pergi berdua (dan kami sama sekali tidak tahu jalan kesana).

Berbekal 2 botol air putih dan cemilan (macam mau perjalanan jauh ya), serta penunjuk jalan yang kami dapat dari sebuah artikel di internet (cari di google maps nggak nemu soalnya), berangkatlah kami sekitar 9 pagi. Tak lupa mampir ke SPBU untuk mengisi bahan bakar (untuk si motor dan untuk si pengendara haha).

Jadi jalannya, kita ambil rute arah ke Bandar, Batang. Tinggal lurus kok. Tapi hati-hati jangan sampai mengantuk ya soalnya banyak tikungan tajam hehe. Begitu sampai di Pasar Bandar, perlambat kecepatan kendaraan karena setelah lampu lalu lintas, kita ambil jalur ke kanan (sebelah kantor telkom). Ada petunjuk arahnya kok, sebuah papan kecil bertuliskan “Rumah Pohon Tombo”.

Nah setelah belok, kita tinggal ikutin jalan dan beberapa penunjuk arah serupa di setiap pertigaan. Tapi jangan bingung ketika sudah jalan jauh tapi kok nggak sampe sampe padahal kita udah ngikutin jalan besar (sesuai petunjuk), karena memang jalannya demikian hahaha. Saya dan Ayu (saudara saya, partner sejati kalo ngebolang pas pulang ke rumah), sampai bingung takut nyasar karena memang nggak ada tanda-tanda kita sampai di wisata tersebut.

Niatnya mau ngikutin kemana arah orang kebanyakan perginya, eh tapi beberapa saat kemudian, motor di depan saya tidak bisa nanjak (mungkin lupa nurunin gigi). Iya, jalannya emang banyak tanjakan dan turunan yang cukup curam, makanya hati-hati. Tapi Alhamdulillah sekitar jam setengah 11 kami sampai di tempat tujuan, disambut spanduk bertuliskan 'Agrowisata Tombo'.

Rupanya di tempat ini tak hanya Rumah Pohon Tombo sebagai objek wisata tetapi ada juga kebun teh dan curug (kalau saya tidak salah baca ya hahaha). Parkir motor disini sungguh luas, disediakan satu lapangan. Sayangnya panas banget dan jok jok motornya tidak ditutupi kardus. Kami kira jam segini belum begitu ramai eh ternyata sudah ramai motor dan mobil haha.
Setelah membayar parkir Rp 2.000,- kami berjalan masuk ke loket untuk membeli tiket seharga Rp 5.000,- per orang. Lalu kami mengikuti jalan setapak dimana samping kanan kiri saya adalah kebun yang ditanami sengon, pisang, mawar bahkan ketela pohon.
Jalan setapak menuju Rumah Pohon nih
Sampailah kita di persimpangan jalan dengan papan keterangan Rumah Pohon I ke sisi kiri dan Rumah Pohon II ke sisi kanan. Melihat pengunjungnya banyak berkumpul di Rumah Pohon I, jadi kami memutuskan untuk ke Rumah Pohon II terlebih dahulu.
Papan penunjuk arah :3
Disini ada saung saung juga lho buat istirahat kalo capek jalan hahaha
Jalan menuju Rumah Pohon II

Tetap hati hati ya karena ke bawahnya curam :3
Pemandangan dari Rumah Pohon II
Pose dulu sebelum ke Rumah Pohon I hehe
Setelah puas bermain alias berfoto di Rumah Pohon II, saya dan Ayu beranjak ke Rumah Pohon I. Tapi kami nggak perlu kembali ke track awal karena ada jalan tembusnya. Tetep harus berhati hati ya karena licin jalannya, mungkin habis terkena air hujan hehe.
Pemandangan di sepanjang jalan ke Rumah Pohon I
Karena untuk mendapat foto pemandangan di atas butuh pose khusus dari si fotografer haha
Rumah Pohon I dari atas. Tetep rame bro :3
Let us take selfie!
Big thanks to Ayu who became my candid model 'ala-ala' hahaha
Disini, kalian akan disajikan pemandangan alam hutan pegunungan pinus yang hijau dan rindang. Kalau situasinya sepi, kalian bisa juga mendengar suara aliran sungai yang syahdu atau hembusan angin. Hawanya sudah jelas hawa pegunungan dong, sejuk sejuk enyoy gitu :3
Pinusnya lebih indah di Rumah Pohon I lho keliatannya hehe
Harus cari timing yang pas juga buat kesini biar nggak terlalu ramai dan nggak hujan. Pasalnya, karena berada di kawasan dataran tinggi, hampir setiap sore disini turun hujan. Sementara kalau mau puas berfoto dalam keadaan sepi, datanglah pagi pagi sekali hehe :3

Anyway, naik-naik ke puncak gunung (yang nggak terlalu gunung sih sebenernya haha) tetep bisa pake rok lho. Hahaha. Tentunya harus yang super comfy dong. I've got this outfit from:

• Maroon Rouge Parka + Stormtroopers Caps + Pineapple Bucket Hat Loony Store
  • Coline Misty Grey : Rok Galiya

Sampai bertemu di jalan-jalan berikutnya ya!

XOXO!
Za

14 comments:

1. Eniwei Zha tempat ini di laham PTPn tapi dikelola sama warga. Jadi semacam ilegal gitu sih katanya. Dan PTpn lagi on progress bikin wahana juga

Replies
    1. wah aku baru tau malah tentang ini mba nayy. Tapi sebenernya warganya kreatif juga sih ya, bisa liat peluang tempat biasa dijadiin wisata. Ya, semoga masalah itu bisa cepat selesai ya (jika memang dipermasalahkan hehe).

2. wah jadi kepingin main kesana

1. ayo ayo main ke Batang mas Alwi. Anyway, terima kasih sudah mampir yaa :D

Delete
  3. asyiknya ya, cuma kalau banyak pengunjung itu kekuatannya untuk berapa banyak orang ya, tentu ada batasnya

Replies
    1. harusnya sih memang ada. hanya saja pas kesana, saya tidak melihat pemberitahuan tentang hal itu. Jujur agak ngeri sih pas disana dan ramai hehe

Delete
  4. Keren ya mbak. Tapi kalau banyak yang berjubel di rumah pohon, kesannya jadi serem gitu, takut jatuh :D

Replies
    1. Hahahaha iya mba Nhe, itu yang aku rasain pas kesana dan ramai. Ngeri ngeri sedap gitu hehehe

Delete
  5. saya pernah ke rumah pohon waktu di malang doang nih, btw ga takut apa naik2 kesitu? :p