Ini 5 Webtoon Favoritku, Kalo Kamu?

5:59 PM Nova Zakiya 6 Comments


Di suatu hari, saat saya sedang merapikan naskah saya untuk program berita siang, tiba-tiba teman saya Ias, bercerita tentang komik yang lagi in di aplikasi Line Webtoon. Saat pertama diluncurkan, saya sama sekali belum minat untuk download (saat itu potongan komik selalu dikirim dari line official account-nya). Mostly komikus yang disini pun mengunggah komik strip-nya di Instagram. Jadi saya merasa belum butuh untuk mengunduhnya.

Namun di hari itu, saya ditunjukkan sebuah komik berjudul Creep karya Ino Septian. Saya pun asyik membaca komik bergenre horor tersebut dari ponsel Ias. Lalu setelah selesai membaca komik tersebut, saya langsung mengunduh aplikasi Line Webtoon. Dengan (sok) inisiatif, Ias langsung memberi tanda favorit di beberapa komik melalui akun saya.

Apa sih LINE WEBTOON itu?

Line Webtoon adalah layanan dimana webtoon-webtoon terbaru dirilis sesuai jadwal yang telah ditentukan penulis komik. Ya bisa dibilang komik online yang kita hubungkan dengan akun Line kita. 

Webtoon sendiri sudah ada sejak 2004, saat mereka memutuskan bergabung dengan NAVER, salah satu portal web populer di Korea Selatan. Dalam perkembangannya, beberapa komik ternyata sempat difilmkan lho. Sebut saja Orange Marmalade yang diperankan oleh Jonghyun 'CNBlue' dan Seolhyun 'AOA', Flower Boys Next Door, Love Cells, We Broke Up, Misaeng, dan masih banyak lagi.

Ada berbagai genre di Line Webtoon, diantaranya drama, fantasi, komedi, slice of liferomance, thriller dan horor. Webtoon sendiri tersedia dalam berbagai bahasa, salah satunya Indonesia. Jadi pilihan komik yang bisa kita baca tergantung dengan bahasa yang kita pilih.
Genre di Webtoon. Kayanya paling ramai di horor sama thriller deh (buat saya hahaha)
Jangan sedih, sejumlah komikus Indonesia juga turut meramaikan Line Webtoon lho. Sebut saja Sweta Kartika dengan Piraku x Piraku, Nurfadli Mursyid dengan tahilalats-nya, Faza Meonk dengan Si Juki, dan masih banyak lagi. Serunya lagi, komik-komik di Webtoon sekarang ga monoton gambar dan tulisan, tetapi juga ada animasi dan suaranya (khususnya di genre horor yang bikin kaget dong huff).

WEBTOON Favorit

Lama-lama, saya jadi addict sama aplikasi ini. Lumayan ngisi waktu banget kalau lagi nunggu atau bete kena macet di jalan. Tapi tetep ya, kuncinya paket data dan koneksi harus kenceng biar bisa menikmati sensasi baca webtoon dengan maksimal.

Nah kali ini, saya akan berbagi apa aja sih webtoon yang paling favorit dan ditunggu-tunggu di tiap minggunya :3

1. Creep - Ino Septian

Pada dasarnya, saya orangnya cukup penakut. Tapi komik Creep ini nggak tau kenapa nagih banget buat dibaca. Kadang di komiknya, banyak animasi-animasi yang ngagetin. Bentuknya komik strip, tapi kalo diamatin, ceritanya kadang nyambung satu sama lain (meski jarak episodenya jauh). Nanti kalian akan akrab dengan yang namanya Mala, Merah, Nilam dan juga Amel beserta tikusnya hahaha. Baca sendiri aja deh dan rasakan sensasinya! Saya aja bacanya sambil miringin hape hahaha.

2. Tahilalats - Nurfadli Mursyid

Kalo komik strip yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi. Pasalnya, si tahilalats ini juga ada di Instagram. Tapi yang diunggah di webtoon ini lebih random lagi. Nggak heran deh kalo lagi diem tau tau cekikikan sendiri gara-gara komik ini haha.

3. Bastard - Kimcarnby/Youngchan Hwang

Komik ini bukan usulan dari siapapun, randomly iseng karena kehabisan bahan bacaan bosen mau ngapain akhirnya nyari sendiri. Ternyata komik bergenre thriller ini nagih. Ceritanya tentang pembunuhan berantai para wanita cantik yang suka bikin gregetan. Paling sebel kalo udah scene bapaknya Jin muncul dengan 'muka khas'-nya. Tapi serunya, di dalemnya diselipin kisah cinta pertama si Jin lho :3

4. Mera, Puti dan Emas - Kathrinna Rakhmavika

Tentu kalian sudah tidak asing lagi sama dongeng 'Bawang Merah, Bawang Putih' dan 'Timun Emas' dong? Nah disini, ketiga tokoh utama di dua dongeng itu bertemu dalam satu scene dan membentuk cerita baru. Cuma jangan dibayangkan si Bawang Merah bakal sejahat yang di sinetron ya! Saya malah ngefans sama si Mera karena rambutnya lucuk kaya mie haha. Seru deh ceritanya. Dan gambarnya pun oke. Bikinan anak Indonesia lho!

5. Pasutri Gaje - Annisa Nisfihani

Baca komik ini harus siap siap baper! Cerita tentang pasangan yang baru aja menikah, pun dengan perkenalan yang mengejutkan. Ya, komik ini seri kelanjutan dari My Pre-Wedding yang mengisahkan pertemuan dan 'lamaran' Mas-Adek yang terkesan mendadak. Nah sementara di komik ini, Mas dan Adek sudah menikah! Tapi nyatanya nggak adem ayem selamanya lho setelah menikah. Seru pokoknya hahaha :3

Sebenernya yang saya baca nggak cuma ini sih, masih ada banyak lagi macam Gloomy Sunday, 90 Days, Si Ocong, Haunted Station, Trickster, Kosan 95, Tales of the Unusual (lah banyak hahaha). Ya gimana ya, abis enak. Tapi tetep sih, sensasi baca komik langsung dalam bentuk fisik (buku) memang nggak tergantikan. Detective Conan tetep jadi juaranya~

Webtoon ini bisa diakses via pc juga lho, coba klik disini deh! Tapi ya tetep, nggak mungkin pc dibawa kemana-mana kan, makanya lebih enak download aplikasinya di smartphone biar bisa baca dimanapun berada cihuy!

Kalo kamu sendiri suka baca webtoon nggak? Kalo iya, yang mana webtoon favoritmu? :3


XOXO!
- Za -

6 comments:

  1. Aku belum pernah pakai webtoon, mba. Jadi pengen langsung buka line nih mba ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe ini juga aku baru pake sekitar sebulan terus nagih haha lumayan buat killing time apalagi kalau pas lagi nunggu narsum kelar pemeriksaan mba :D

      Delete
  2. Kalo saya paling demen baca Yumi's Cell Mbak. Hihihi. Itu ngehe abis crita sel-sel tubuhnya si Yumi :D
    Makasih rekomendasinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya aku juga baca itu tapi cuma sekilas sih nggak ngikutin. tapi lucu juga ya bener bener penggambaran konflik batin (halah) trus keliatan sel sel otaknya yang bereaksi mana aja hehe

      sama sama mas dani :)

      Delete
  3. aku takut nagih Zha hahahha. btw template udah rapih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sesungguhnya emang nagih mba nayy hahaha ini aja jadinya tiap ada notif komik langganan langsung buka trus jadi nunggu per minggunya. kalo ga ada updet jadi cari komik komik baru hahaha
      muehehehe sesungguhnya masih ada yang bingung mba nayy masalah template tapi ntar deh seenggaknya segini dulu aja hahaha

      Delete