THANK YOU, THE WORLD OF GHIBLI JAKARTA

11:31 PM Nova Zakiya 0 Comments


Demi apapun, satu tahun itu ternyata cepat sekali berlalunya ya! Perasaan baru kemarin Studio Ghibli dan Kaninga Pictures, Marubeni Indonesia, dan Hakuhodo DY Media Partners mengumumkan rangkaian acara bertajuk ‘TheWorld of Ghibli Jakarta’. Baru kemarin juga nonton Spirited Away, film pertama Ghibli dalam rangkaian ini yang diputar di bioskop, yang biasanya hanya ditonton di laptop. Terus sekarang, di bulan Maret ini, resmi udahan dong rangkaian acaranya :(

Akhirnya Nonton Ghibli di Bioskop!
April 2017 menjadi bulan yang paling menyenangkan bagi penggemar film-film Studio Ghibli. Karena apa? Karena akhirnya kita bisa nonton film mereka di bioskop dengan layar yang lebih lebar dan suara yang mumpuni dibandingkan kebiasaan kita yang nontonnya semula di laptop aja. Film pertama yang diputar adalah Spirited Away di berbagai daerah.


Kemudian berlanjut dengan film favorit saya, My Neighbor Totoro di bulan Mei yang diputar di XXI dan CGV! Ah demi apapun, meski sudah berkali-kali nonton ini, tapi menonton di bioskop menjadi satu hal yang nggak mungkin saya lewatkan. Dan rasa harunya lebih berasa. Oh ya, masing-masing film ini durasi tayangnya di bioskop sekitar satu minggu di awal bulan. Jadi dari jauh-jauh hari memang sudah diatur pokoknya di awal bulan ini harus menyempatkan diri demi Ghibli.

Bos besar kembali mengenang masa kejayaannya di layar lebar tahun 1988. Dan tepat bos besar pindah ke Jakarta tepat banget @theworldofghiblijkt lagi ngadain banyak event Ghibli, mulai dari screening film sampai Agustus nanti ada exhibition juga. Bos besar merasa ga sabar bertemu rekan rekan sejawatnya di Studio Ghibli 💃💃💃 . . PS. Tinggal 4 hari lagi lho Totoro tayang di bioskop Indonesia. Cek jadwalnya di worldofghibli.id atau di cgv blitz. Kamu juga bisa beli tiket exhibition-nya juga kalo buka via PC. Ah ga sabar. Makasih banyak @theworldofghiblijkt aku padamu ❤❤❤ . . #Nontontotoro #totoro #tonarinototoro #ghibliaddicted #GhibliJKT #ghiblinesia #studioghibli #totoroishere #totoro_society #Japan #toyphotography #toyphotogram #totoromerchandise #ceritazakia #blogger #lifestyleblogger
Sebuah kiriman dibagikan oleh Nova Zakiya (@novazakiya) pada
Ada juga film film lainnya yang diputar di bulan berikutnya seperti Ponyo, Princess Mononoke, Nausicaä, Castle in the Sky, Porco Rosso, Pompoko, Howl’s Moving Castle, Only Yesterday, Whisper of the Heart, Kiki’s Delivery Service, From Up on Poppy Hill, Arriety, dan When Marnie was There yang ditayangkan setiap bulannya. Sayangnya, mungkin karena peminatnya kurang (pernah lho pas nonton berasa sepi banget huff) atau banyaknya gempuran film lain yang banyak saat itu membuat film-film Ghibli ini agak tergeser. Seperti dari yang semula durasi penayangannya satu minggu penuh, menjadi paling banyak 3 hari di akhir pekan. Terus juga semula ada di bioskop XXI dan Cinemaxx, terus akhirnya hanya di CGV. Untung tempat tinggal saya dekat dengan CGV Grand Indonesia jadi gampang lah ya.
Oh ya, judul-judul tersebut tidak termasuk dengan film-film lain yang diputar sepanjang pameran Ghibli berlangsung di bulan Agustus-September. Jadi pas bulan tersebut, kita penggemar Ghibli benar-benar dimanjakan dengan pemutaran film Ghibli setiap harinya. Seneng nggak sih? Terus di bulan terakhir ini, ada 5 film Ghibli yang ditayangin berturut-turut dari Senin sampai Jumat minggu terakhir Maret ini. Yihaaa!

Tak hanya pemutaran film sebenarnya, tapi Ghibli Jakarta ini juga mengadakan lomba mewarnai bagi anak-anak dan juga audisi musik soundtrack film Ghibli. Duuuuh gemas!

Merinding di Ghibli Exhibition!
Event ini yang menurut saya menjadi gong rangkaian Ghibli di Jakarta. Jadi dari jauh-jauh hari semenjak mereka mengumumkan akan membuat rangkaian acara bagi penggemar Ghibli di Indonesia, mereka sudah bilang akan menghadirkan pameran dengan nuansa mirip dengan museum Ghibli di Mitaka, Jepang. Kebayang nggak gimana nggak sabarnya menunggu bulan Agustus itu datang?
Ada Totoro terbang! Jadi pengen nemplok haha
Pamerannya digelar di Ritz Carlton Pacific Place Jakarta. Tiket sendiri sudah mulai dijual sejak Mei 2017 kalau saya tidak salah ingat. Harganya sih lumayan pricey, tapi buat saya itu kebayar sih dengan instalasi di dalam pamerannya yang... WOW! Untuk dewasa, HTM nya seharga Rp 300K di weekday dan 350K di weekend. Sementara untuk pelajar harganya Rp 250K.
logo Ghibli Jakarta nih hihi
Jauh jauh hari saya sengaja booking di tanggal 28 Agustus 2017 alias hari Senin, karena pasti lebih sepi ketimbang weekend, ya kan? Hahaha. Saya kesana bersama Inang, teman saya sesama penyuka Ghibli yang juga baru ketemu di event yang diadakan oleh Project Ghibli Jakarta, bulan Juni 2017.
Ternyata, pas kami datang kesana, belum semua instalasi pameran selesai alias belum 100%. Di awal pembukaan pameran, kurang lebih semingguan gitu memang sudah di-announce bahwa instalasinya belum selesai. Ya memang saya akui pasti tidak mudah sih membuatnya, apalagi mereka mendapat bimbingan langsung dari Studio Ghibli Jepangnya lho! Yang jelas, karena belum 100% itulah, kami mendapat kesempatan untuk datang sekali lagi ke pameran setelah semua instalasinya selesai! Yihaaa!
Di pameran itu sendiri terdiri dari 3 area. Area pertama setelah pintu masuk berisi sejarah Ghibli beserta orang-orang di belakangnya seperti Hayao Miyazaki, Toshio Suzuki dan Isao Takahata. Kemudian ada juga semua poster film Ghibli dari awal sampai akhir, dari film Nausicaä yang rilis tahun 1984 sampai film La Tortue Rouge tahun 2016. Terus ada lagi gambar ruang kerja di Studio Ghibli Jepang, beserta sketsa sketsa pensil film-film Ghibli yang langsung didatangkan dari Jepang! Tapi yang perlu diingat, di area ini, pengunjung tidak boleh memotret ya.
Lanjut ke area kedua itu adalah area trailer room. Jadi disini disediakan layar lebar dan penonton bisa ‘ngemper’ di bawah buat menikmati semua trailer ke-22 filmnya! Peraturannya masih sama ya, pengunjung tidak boleh merekam atau memotret.
Pemandangan pertama di area boleh foto. CASTLE IN THE SKY!
Kami baru diperbolehkan memotret ketika sampai di area ketiga yaitu pameran 3D-nya. Boleh bilang saya lebay, tapi begitu masuk bawaannya pengen nangis (sebenarnya dari awal baca sejarah dan profil di area pertama juga udah mau nangis sih haha). Merinding banget karena semua instalasinya serupa banget dengan apa yang di film. Detailnya jangan ditanya, detail banget. Aduh pengen nangis beneran sih. Beberapa barang juga langsung didatangkan dari Jepang seperti ornamen dan buku buku di rumah Kusakabe (film My Neighbor Totoro). Bahkan ya, di instalasi Kiki’s Delivery Service, roti-rotinya sama persis. Ah, sepertinya saya ndak usah banyak nulis ya, kalian bisa liat sendiri di foto-foto ini! Hihi.
Semacam kuburan robot robot di Laputa (CASTLE IN THE SKY)
Sayang  nih robotnya belum ada bunganya kaya di film CASTLE IN THE SKY hihi
Masih dari CASTLE IN THE SKY guys!
Jembatan tempat Chihiro ketemu Kaonashi di film SPIRITED AWAY! Oh ya setelah saya datang yang kedua, jembatan ini sudah tidak boleh diinjak oleh pengunjung hehe
Rumah pemandian Yubaba di film SPIRITED AWAY ini detail banget! 
Ini bagian belakangnya! Keren ya?
Bahkan sampai setting kotanya aja mirip. Plus banyak makanan juga di etalasenya, tempat orangtuanya Chihiro jadi babi
Menuju rumah Marnie! (dari film WHEN MARNIE WAS THERE)
Beli roti dulu sekalian dianterin sama KIKI'S DELIVERY SERVICE~
Kiki dan Jiji menjaga toko~
Mampir di rumah Kusakabe sebelum ketemu Totoro
Lorong tempat Satsuki sama Mei lari-larian nyari tangga. Tuh, detail mainan dan alat alat di rumahnya aja sama banget kaya di film
Ruang tengah Rumah Kusakabe. Udah cocok tinggal di Jepang belum? Hihi
Style Inang ala ala Mei di film Totoro, da saya cuma pake kimono ala ala aja hehe
Pas nonton filmnya, selalu ngebayangin betapa fluffy-nya Nekobasu ini. Dan di pameran ini, beneran fluffy dong! Pengen dibawa pulang :))
CINTAKU TOTORO!
Dari film PORCO ROSSO~
Pada kedatangan saya yang kedua, saya ndak mau rugi dengan meminjam kamera mirrorless punya Yana (saya belum punya waktu itu hehe). Biar foto-fotonya lebih kece!
Karena instalasi sudah 100%, pengunjung bisa menukar tiketnya dengan wristband ini
Ini keren banget sih. Baling-balingnya muter gitu. Pas pertama dateng belum selesai sepertinya. (CASTLE IN THE SKY)
Robot di Laputa yang udah nonaktif (CASTLE IN THE SKY)
Dari film SPIRITED AWAY. Tebak ini lampu dimana?
Pose sebelum masuk terowongan di SPIRITED AWAY 
Ketemu Dewa Rusa yeay! (PRINCESS MONONOKE)
Ketemu Kodama juga. Sayang kepalanya ngga gerak hihi (PRINCESS MONONOKE)
Pose bareng topengnya San (PRINCESS MONONOKE)
Terbang dulu guys pinjem sapunya Kiki hehe (KIKI'S DELIVERY SERVICE)
Lukisan di rumah Kusakabe (MY NEIGHBOR TOTORO)
Properti termasuk buku bukunya ini didatangkan langsung dari Jepang lho! Makanya ruangan ini nggak boleh dimasuki dan disentuh ornamennya (MY NEIGHBOR TOTORO)
Dari depan rumahnya Kusakabe (MY NEIGHBOR TOTORO)
Ada yang ngumpet! (MY NEIGHBOR TOTORO)
BERSANDAR~
Bawa daku ke Jepang~
Bersama rekan sejawat di dalam Nekobasu~
Kalau matanya merah berarti Ohm sedang marah! Ini gerak lho pas pameran~ (NAUSICAA)
Mau ikut Howl's berkelana? (HOWL'S MOVING CASTLE)
Sebelum ke pintu keluar, keliling sekali lagi di pameran, dan jodoh ketemu sama Kaonashi! Langsung ajak foto sebelum akhirnya dibikin antrean buat foto bareng sama doi hehe (SPIRITED AWAY)

Maka di Akhir Kata...
Saya sih senang banget, Ghibli bisa mampir ke Jakarta. Secara saya belum punya kesempatan untuk ke Jepang langsung (terutama ke Museum Ghibli-nya), rangkaian acara ini seenggaknya bisa mengobati kerinduan saya akan momen-momen di film Ghibli. Apalagi sama Totoro yang real size dan peluk-able itu. Ya Allah seneeeeeng banget!
Pelukan terakhir tahun ini :((
Sebenarnya nggak rela rangkaian ini sudah berakhir di bulan ini. Beberapa film juga saya belum sempat nonton di bioskop karena pas jadwal tayang lagi di luar kota. Tapi ya mau gimana lagi, gimana pun juga tim Ghibli Jakarta ini sudah berusaha keras meng-arrange event ini sedemikian menyenangkannya. Ah. Saya speechless karena nggak tau harus ngomong apalagi selain makasih banyak sudah memberikan momen bahagia ini. Semoga di tahun berikutnya ada acara serupa lagi dan juga saya bisa langsung menyambangi museum Ghibli di Jepang haha. Ah ya, sampai jumpa di Jepang juga ya kalau gitu. Hihi.

XOXO!

Za

0 comments: