saya dan anak anak hebat :))

8:33 PM Nova Zakiya 1 Comments

Sabtu, 12 Maret 2011. ini pengalaman gue pertama ke SLB. sebelumnya gue ga pernah maen ke tempat itu, ada pikiran pun ga. tapi ntah kenapa gue begitu tertarik dengan dunia anak berkebutuhan khusus setelah gue mendapat banyak pelajaran berharga di IKK. mari kita simak ceman ceman :)

bermula dari gue ikut kumpul klub anak di himpro gue, gue nyatain alasan gue masuk klub ini karena pengen lebih banyak tahu tentang anak berkebutuhan khusus, buat bakal penelitian gue nantinya. terus ka wika nawarin, hari sabtu dia ada program PKM di SLB Dharma Wanita di Malabar, belakang PP. dari pagi sih cuma sayang gue ada praktikum. katanya mah nyusul aja. ngga tau kenapa gue begitu menggebu-gebu pengen kesana.

besoknya abis pulang kuliah rencana emang gue mau nyusul, cuma pengen pulang dulu naroh buku. eh ga tau kenapa gue malah naek angkot kampus dalam ke laladon. mulai ga sinkron sepertinya hahaha. yaudah udah terlanjur juga gue sms ka wika bilang gue mau kesana. di jalan panas macet banget. tapi gue berasa bakal ada sesuatu yang menyenangkan abis ini. turun di pangrango gue jalan. karena takut nyasar, jadi gue nanya dulu ke bapak bapak yang ada di deket situ. eh ga taunya ada di belakang pangrango pas -_______-"

gue sms ka wika, bilang gue udah nyampe. gue duduk di depan ngamatin sekeliling. ga terlalu besar, dan terlihat gersang. ka wika dateng jemput gue. masuklah gue ke dalam sebuah ruangan yang ramai, penuh dengan anak-anak dan musik. ternyata mereka sedang belajar menari tradisional :)
gue dateng langsung disambut senyuman dan sapaan dari mereka, "kaka...kaka..."
senyuman anak anak hebat itu bikin gue terenyuh tadi. langsung mereka ngajakin gue kenalan. ada yang namanya Putra, rumahnya di Bojong kalo ke sekolah naek kereta. ada siska, ria, bertrand, rizki, rame banget pokonya. mereka justru lebih ramah daripada anak lain. beberapa di antara mereka ada yang down syndrome, autism, bahkan ada yang seperti kita. cuma bedanya mereka mengalami keterlambatan dalam berpikir sehingga ga mampu buat masuk sekolah umum.

setelah selesai nari, lanjut dengan karaokean, kita nyanyi nyanyi bersama. mulai dari lagu pop sampai dangdut. mereka semua menari, teriak, bergembira, bersorak sorak. ada suatu kebahagiaan yang ga pernah gue dapetin sebelumnya, yang mana ini lebih mengasyikkan daripada sekedar maen, jalan di mall atau nonton. mereka menari dengan satu leader sambil mempraktekkan gerakan tari yang diajarkan sebelumnya. sayang karena gue telat jadi gue ga sempet ngeliat mereka main angklung. lagu terakhir dinyanyiin oleh mami (lupa nama aslinya maaf hehe). dia nyanyiin lagu Bunda, dan siska menangis mendengar lagu itu. sebenernya gue sendiri pengen nangis, tapi gue tahan, bener bener gue tahan

keceriaan itu berakhir saat jam 12, karena satu per satu dari mereka mulai dijemput. adzan dhuhur pun berkumandang. mereka langsung diam, mendengarkannya. satu hal yang sering kita abaikan di kehidupan normal kita. dan salah satu di antara mereka langsung mengambil air wudhu, sholat. subhanallah gue bener bener takjub :')

dari mereka gue banyak belajar. gue mengerti apa itu kehidupan yang sebenarnya. mereka, yang mungkin bagi sebagian orang dianggap 'ga normal', bahkan banyak yang takut atau malu dengan mereka, harusnya membuka pintu hatinya. memang benar, di balik kekurangan pasti ada kelebihan, dan mereka memang punya bakat di bidang seni. mereka aja masih giat untuk menuntut ilmu, mengasah kemampuan mereka yang bisa menjadi nilai lebih, sedangkan kita, sekali gagal ngga mau nyoba lagi, merasa malu.
yang gue heran juga kenapa ada orang tua yang malu punya anak-anak hebat seperti mereka. seperti aib yang benar-benar mencoreng muka mereka. justru gue bangga dengan mereka, yang baik, ramah dan selalu ceria.

gue bingung mau ngetik apalagi. terenyuh banget sampai gue kehabisan kata kata. gue bersyukur karena Tuhan memberi gue suatu hal yang ga dimiliki oleh mereka. terbuka mata hati gue untuk selalu bersyukur dengan apa yang sudah Tuhan beri ke gue.

sabtu selanjutnya kita bertemu lagi ya adek adek. InsyaAllah kaka akan sering maen kesana, karena kalian istimewa buat kaka. kalian memberi gue rasa senang yang luar biasa dahsyatnya. sampai ketemu minggu depan sayang. tetap menjadi anak yang ceria dan membanggakan :')

gue sama bertrand. imut yah dia ngegemesin




ceria nya mereka






jago nih ngedrumnya :)






















cerianya mereka :)
gue, Ria dan Siska
besok kita jumpa lagi yah sayang :)

1 comment:

  1. woowwww,
    finally found theme,

    bnyak semangat yg bisa d pelajari dari mereka,
    tahun lalu gw survey ksana, ga bnyak sih hanya tanya2 tentang bahasa isyarat, buat tugas sistem pakar gw.

    tapi dr smua kekurangan itu, mereka punya smngat besar. Gw sendiri ngaku, klo smngat gw utk blajar ga lebih besar dari mreka. Padahal gw memiliki "basic" yang utuh anugrah dari tuhan.

    Jadi merasa malu klo lagi malas2an, dan ingat klo ada org2 sperti mreka yg tdk gampang menyerah. Keep ur spiritt..

    ReplyDelete