someday i remember when i was a little girl :)

7:23 PM Nova Zakiya 0 Comments

ngga tau kenapa hari ini gue keinget sama masa kecil gue yang sangat menyenangkan. punya cita-cita banyak yang kebanyakan sama kaya anak-anak lain.

umur 3 tahun, gue udah mulai ikutan nenek gue yang notabene kepsek TK tempat kakak gue sekolah. tapi selisih umur gue sama kaka gue 5 tahun, jadi ngga satu TK dulu. abis garing di rumah makanya gue lebih milih ikut nenek gue ngajar, lagi kan banyak mainan tuh di TK hehehe. akhirnya salah satu guru mengusulkan, gue mending daftar aja di TK walopun umurnya masih 3 tahun. yaudah daripada gabut juga kali ya gue di TK cuma main doang hahahaha.
dari sinilah awalnya cara pegang alat tulis gue aneh hahaha. konon katanya sih guru gue udah benerin caranya, cuman guenya aja yang kekeuh masih aja sampe sekarang pegang pensil gue kaya gitu hahaha.

pas TK, cita-cita gue pengen jadi dokter. hahahaha flat banget yah sama kaya anak-anak lainnya. oiya disini gue punya temen deket, namanya Desi sama Karin. kemana-mana kita bertiga, nari bertiga, jajan bertiga, padahal masih TK hehehe. tapi kita berpisah karena masuk SD yang berbeda :')
gue di SD deket rumah gue, SD N Kauman 02, Karin di Kauman 07 dan si Desi di Proyonanggan 11.

masuk SD, cita-cita gue belum berubah. alhamdulillah dari kelas 1 sampe 6 gue selalu masuk 3 besar, seringnya sih 1 hahahaha pamer yah. guru-guru juga kalo ada apa-apa misal lomba selalu nyuruh gue. juga ketua kelas gue yang jadi selama 6 tahun. hadeuh -________-"
gue udah mulai suka basket pas SD. pas jam istirahat, gue lebih milih buat main basket sama anak anak cowo. ada satu hal lucu yang bikin gue ngakak kalo inget. dulu, pas gue kelas 5 SD, anak cewe sekelas sempet musuhin gue gara-gara ada anak baru yang lebih milih deketin gue daripada si cewe yang suka itu. akhirnya gue main sama anak-anak cowo saking ga ada temennya. padahal mah gue ga ada feeling sama sekali dah sama si anak baru. masih kecil wooooooy. dan yang paling nyebelinnya itu pas deket ujian ujian gitu kaya ujian kenaikan kelas, mereka baikin gue dengan harapan pengen dapet contekan, tapi beres ujian musuhin lagi. dasar bocah -__________-"
oiya pas SD bakat gue baca puisi sama nyanyi lhoh hahahaha

SMP. gue diterima di SMP N 3 Batang, SMP terfavorit di kota gue yang jalur masuknya tergolong sulit. pas tes masuk, gue lagi kena cacar air dan badan gue ga enak banget. udah bad feeling aja takut ga ketrima. tapi nyokap gue udah pasrah, katanya yang penting gue udah usaha.
hari pengumuman desak-desakan, cari nama gue yang tak kunjung kelihatan. gue ngeliatnya dari peringkat bawah karena kan ga mungkin gue ada di bagian atas, secara yang daftar disini tuh anak-anak SD favorit semua sih. dan gue menemukan nama gue NOVA ZAKIYA tertera di urutan 81 dari 240 siswa yang diterima di sekolah ini. Alhamdulillah sujud syukur karena Allah mengabulkan mimpi gue :)

disini, gue ketemu temen-temen baru, karena anak SD gue yang ketrima disini cuma 2 orang, itupun ga pernah sekelas sama gue. dari awal emang gue suka nari, tapi disini gue ikut sanggar tari modern milik guru fisika gue, bu Isdiana. ada fashion show, cheerleaders, salsa di sanggar ini dan gue suka :)
hahaha kalo ngebayangin dulu sempet nge-cheers pas parade, juga pas classmeeting itu menyenangkan :)
pas SMP gue juga sempet nge-band, pegang bass tapi cuma sekali manggung aja ngga diperdalam lagi hehehe.

ditanya soal cita-cita, gue udah punya cita-cita lain, yaitu pengen jadi penyiar berita di televisi. kayaknya enak gitu deh ya hahahaha. tapi selain itu, gue juga pengen jadi penari :)

SMA. gue pengen banget masuk ke SMA N 1 Pekalongan. ini udah gue tulis di buku mimpi gue. daftar. NEM gue lumayan tinggi, tapi standar disini jauh lebih tinggi -________-"
dari luar Pekalongan, yang diterima cuma 32 orang. dan hari pertama gue udah di urutan 30. nyokap gue udah sering banget bilang gue suruh cabut aja dan sekolah di SMA N 1 Batang. tapi gue mau tetep usaha!
hingga hari terakhir, gue udah di peringkat 32. posisi rawan. kalo ada 1 anak dengan NEM tinggi daftar, otomatis gue tergusur. nyokap gue nyuruh gue buat cabut lamaran itu dan daftar di Batang, karena dia ngga ingin gue sekolah di SMA swasta :(
dengan berat hati gue akhirnya cabut lamaran gue, padahal bokap gue udah ngasih kebebasan sama gue. saat itu gue nangis, di hadapan temen gue, mpil :(

beberapa hari kemudian, gue dapet kabar kalo yang waktu itu peringkatnya ada di bawah gue, DITERIMA gara gara gue cabut lamaran gue. demi apapun saat itu gue ngerasa nyesel, sakit, marah dan ngerasa kalo mimpi gue ke depan udah berantakan. gue ngga pernah niat sekolah di SMA gue saat itu :(

tapi disini, gue menemukan 2 sosok sahabat yang baik. Ikfi dan Nela. dia selalu ada dan kita selalu bareng. konflik pasti ada, tapi kita bisa nyeleseinnya :)

udah kelas 3 SMA, kita mulai mikirin mau kuliah dimana. yang gue tulis di buku mimpi gue dulu, gue kuliah di STAN. tapi berhubung pendaftaran STAN paling akhir, alternatifnya gue daftar di UNDIP, bareng sama kedua sahabat gue itu. tapi sebelumnya nyokap gue nyuruh daftar di UNNES karena saat ini prospek jadi guru itu sangat menjanjikan. di tengah perjalanan gue, ada pendaftaran USMI dari IPB. wow, ga pernah kepikiran gue buat daftar di IPB. jauh dan gue ngga ada gambaran apapun. alasan gue daftar di IPB cuma 1, karena gue ngerasa gengsi, temen gue yang ada angka 6 di rapotnya aja berani, masak gue ngga? sekali lagi ini cuma iseng.
tapi ternyata mimpi gue dibelokkan lagi sama Yang Di Atas. gue ketrima di IPB dan ngga ketrima di UNDIP :(
entah harus seneng ato sedih karena ini bukan jurusan pilihan gue, tapi yaaaa daripada gue ngga kuliah?

IPB. matrikulasi PM. ngga ada nafsu belajar, karena temen-temen gue belum ada yang udah masuk kuliah, lagi pada liburan. lulus PM masuk kelas reguler. temu orang-orang baru dari berbagai daerah. B20 itu kelas gue. tahun kedua. mulai masuk jurusan. IKK. ngga ada bayangan. yang gue tau  semacam psikologi.

dan sekarang, gadis kecil itu bersyukur karena Allah telah membuat hidupnya penuh makna. memang tidak sesuai dengan mimpinya, tapi dia yakin ini yang terbaik. masuk ke SMA yang bukan dia inginkan, diterima di universitas yang sama sekali tidak dia bayangkan akan sekolah disana sebelumnya, semuanya rencana Allah yang ia yakini terbaik untuk dirinya.
dia bersyukur dapat melanjutkan studi di Ilmu Keluarga dan Konsumen
dia bersyukur bertemu dengan orang-orang baru yang membuatnya semakin dewasa
dia bersyukur menemukan seorang sahabat yang selalu berusaha ada di saat dia senang ataupun sedih
dan dia bersyukur atas semua yang telah dilimpahkan-Nya :)

kini gadis kecil itu berharap semoga apa yang ada di depan adalah yang terbaik untuk dirinya, yang bisa membahagiakan mama, abah, kakak, keluarga besar, sahabat-sahabatnya, semua temannya yang selalu menyayanginya. dia tidak akan menyerah untuk menggapai mimpinya yang sudah dia tulis di buku mimpi, yaitu ingin melanjutkan studi di Amerika dengan hasil kerja kerasnya sendiri :)

kita bebas menulis apa mimpi kita, tapi yakinlah apapun yang terjadi di depan, itu adalah yang terbaik yang telah ALLAH pilihkan untuk kita. karena manusia hanya bisa berencana, dan ALLAH lah yang akan menentukan :)

sedikit celotehan dari seorang gadis kecil yang beranjak dewasa, maaf jika masih banyak pemilihan kata yang kurang tepat :)

zhaqia :)

0 comments: