MAMA, A Mother's Love is Forever

1:15 PM Nova Zakiya 0 Comments

 Sebuah film horor dengan cerita yang cukup mengharukan. Film yang disutradarai oleh Andres Muschietti ini diadaptasi dari sebuah novel karya sang sutradara yang berjudul "Mama" pada tahun 2008.

Film ini berkisah tentang dua orang anak (kakak-beradik) bernama Victoria (Morgan McGarry) dan Lily (Maya Dawe) yang diselamatkan oleh "Mama" (Javier Botet). Kejadian bermula ketika ayahnya, Jeffrey (Nikolaj Coster-Waldau) membunuh dua rekan kerjanya dan juga istrinya, kemudian ia membawa kabur dua anaknya yang saat itu berumur 3 tahun (Victoria) dan 1 tahun (Lily). Akan tetapi di perjalanan, mereka mengalami kecelakaan yang menyebabkan mobilnya jatuh ke hutan. Beruntung mereka bertiga selamat dan menemukan sebuah pondok di tengah hutan bernama "Helvetia". Saat itu, ayahnya berniat untuk membunuh kedua anaknya, dimulai dengan membunuh Victoria. Jeffrey melepas kacamata Victoria sehingga dia tidak dapat melihat dengan jelas dan menyuruhnya untuk membalikkan badan menghadap jendela. Saat itu Victoria sudah mengingatkan ayahnya bahwa ada seorang perempuan di luar yang melayang-layang (kakinya tidak menapak ke tanah). Jeffrey menodongkan sebuah pistol ke kepala anaknya, tetapi disaat dia akan menarik pelatuknya, "Mama" datang dan membawa Jeffrey entah kemana (dibunuh). Victoria dan Lily kemudian tinggal di pondok tersebut berdua, yang kemudian dirawat oleh sang "Mama".


 Lima tahun kemudian, Lucas (Nikolaj Coster-Waldau), pamannya, tetap mencari keberadaan anak-anak tersebut. Hingga akhirnya mereka ditemukan dengan perilaku yang sudah sangat tidak wajar. Victoria (Megan Charpentier) dan Lily (Isabelle Nelisse) berkelakuan sangat liar dan seperti binatang berjalan dengan empat kaki serta antisosial. Beruntung saat Victoria diberikan kacamata, ia masih dapat mengenali Lucas walaupun awalnya ia mengira Lucas adalah ayahnya. Kemudian mereka berdua dirawat oleh Lucas dan Annabel, pacarnya (Jessica Chastain) di sebuah rumah setelah memenangkan hak asuh mereka di pengadilan. Kejadian-kejadian aneh mulai bermunculan di rumah tersebut.

Dr. Dreyfuss (Daniel Kash), yang sedari awal mengamati perkembangan anak-anak tersebut, semakin penasaran dan terus melakukan hypnotherapy terhadap Victoria. Dia menceritakan bagaimana ia dapat bertahan hidup selama lima tahun di dalam hutan dengan diselamatkan oleh "Mama". Lily pun semakin berkelakuan aneh, dia sering berbicara sendiri dan bermain-main dengan roh "Mama". Setiap malam sang "Mama" datang untuk me-nina bobo-kan kedua anak tersebut. Annabel menjadi penasaran karena setiap hari dia menemukan hal-hal misterius tersebut. Hal ini diperparah dengan Lucas yang koma akibat diserang oleh "Mama".

Victoria mengatakan bahwa dia (re: Mama) cemburu jika ada yang perhatian dengan Victoria dan Lily. Hal ini tentu saja membuat Dr. Dreyfuss dan Annabel penasaran. Dr. Dreyfuss sendiri kemudian melakukan pengamatan dan menelusuri siapa "Mama" sebenarnya. Bahwa "Mama" kehilangan anaknya dan jasad anaknya disimpan di sebuah lembaga pemerintahan, sedangkan dirinya meninggal terjun ke sebuah danau. Victoria terus mengingatkan mereka berdua agar menjauh dari dirinya dan Lily. Dr. Dreyfuss yang penasaran akhirnya memutuskan untuk pergi ke pondok "Helvetia" dan justru ia tewas secara misterius disana.

Annabel yang mengetahuinya kemudian mengambil berkas-berkas penelitian milik Dr. Dreyfuss di kantornya. Lucas sendiri tiba-tiba bangun dari koma-nya setelah bermimpi didatangi oleh Jeffrey yang menyuruhnya untuk menyelamatkan kedua anaknya di pinggir danau. Annabel yang sudah membaca semua penelitiannya kini mengetahui dan menyadari bahwa ada roh jahat pula yang tinggal di rumah mereka yang selalu mengawasinya. Hingga pada akhirnya Victoria dan Lily dibawa oleh "Mama" ke danau.
Annabel yang mengetahuinya langsung menyusul dan disana ia bertemu dengan Lucas. Dan benar, Victoria dan Lily ada di pinggir danau bersama "Mama" dan akan terjun bersama disana. Annabel mencoba mencegahnya dengan menyerahkan jasad anak yang sebenarnya. Disitu "Mama" berubah menjadi sosok yang anggun dan cantik (diperankan oleh Hannah Cheesman). Saat bersamaan, Lucas dan Annabel mencoba membawa Victoria dan Lily untuk pulang, tetapi secara refleks Lily memanggil "Mama" karena sudah terbiasa sejak kecil bersamanya. Hal ini membuat "Mama" marah dan kembali merebut Lily dan Victoria dengan menyerang Lucas dan Annabel. Annabel sendiri walaupun dalam keadaan terluka tetap berusaha untuk mencegah "Mama" membawa Victoria dan Lily. Berulang kali Victoria menyuruhnya untuk pura-pura tidur saja agar tidak dilukai oleh "Mama" akan tetapi Annabel terus memegangi baju Victoria. Victoria memutuskan untuk tetap tinggal dan tidak mengikuti "Mama" dan Lily. Lily terus-terusan menangis dan membujuk Victoria untuk ikut bersamanya, begitu pula dengan "Mama", tetapi Victoria tetap tidak mau. Hingga akhirnya hanya "Mama" dan Lily yang terjun ke danau dan Victoria meyakini bahwa Lily telah menjadi kupu-kupu hitam yang muncul setelah mereka terjun ke danau.

Alur cerita film ini benar-benar di luar dugaan saya. Awalnya saya mengira bahwa sosok "Mama" ini memanglah mama dari Victoria dan Lily, ternyata bukan. Betapa kasih sayangnya tidak terputus karena sudah merawat kedua anak tersebut selama lima tahun dan merasa cemburu saat ada yang memberi perhatian selain dirinya. Benar-benar alur cerita yang apik. Letak "horor"-nya menurut saya adalah ketika "Mama" muncul tiba-tiba dan humming a lullaby kepada kedua anak tersebut. Sungguh mengagetkan karena saat saya menonton film ini seperti saya sedang dikejar sesuatu yang membahayakan. Tapi secara keseluruhan, film ini bagus dan mengharukan, terutama di bagian Lily yang berpisah dengan Victoria.

In my opinion, this film is very recommended for you guys. Kita bisa melihat betapa sayangnya seorang mama kepada anak-anaknya. Jadi tunggu apalagi, ayo segera ke bioskop dan rasakan sensasinya :D

Sutradara : Andres Muschietti
Produser : J. Miles Dale, Barbara Muschietti, Guilermo del Toro
Penulis Naskah : Neil Cross, Andres Muschietti, Barbara Muschietti
Genre : Horor
Durasi : 100 menit
Bahasa : Inggris
Distribusi : Universal Pictures
Photo by : Google


0 comments: