Aku, Kamu, Kita Saling Percaya

9:42 PM Nova Zakiya 0 Comments

Karena dalam sebuah hubungan hanya ada 3 aturan:1. Aku percaya kamu2. Kamu percaya aku3. Kita saling jaga kepercayaan kita masing-masing


Nasehat itulah yang pernah diberikan oleh salah satu teman sekantor saya waktu itu. 3 poin yang kedengarannya simpel namun sangat sulit untuk dilakukan bukan?

Saya sendiri setuju dengan pernyataan tersebut, bahwa sebuah hubungan memang harus dilandasi rasa saling percaya. Jika tidak, maka kita akan terus-terusan berprasangka buruk terhadap pasangan kita, memikirkan hal-hal yang sebetulnya tidak penting untuk dipikirkan. Dan pada akhirnya hanya menimbulkan masalah bagi hubungan kita dengan pasangan. Ibarat kata "dikit-dikit dicurigai", lama kelamaan pasangan bisa jadi lelah dan justru melakukan apa yang selalu dituduhkan.

Apalagi bagi kalian yang menjalani long distance relationship alias LDR. Saling percaya benar-benar menjadi kunci awetnya hubungan selain komunikasi yang lancar. Tapi di bagian ini seringkali lebih susah.

Beberapa kasus, ketika sudah percaya dengan pasangan, namun ternyata si pasangan malah menyalahgunakan kepercayaan yang kita berikan. Sakit? Tentu. Parahnya, bisa jadi kita menjadi susah untuk percaya dengan orang lain, apalagi di saat kita akan menjalin hubungan dengan orang baru. Oke terlalu jauh.

Ada sebuah quote dari buku yang pernah saya baca, namun maaf saya lupa judul bukunya.

Membangun sebuah hubungan itu butuh dua orang yang solid. Yang sama sama kuat. Bukan yang saling mengisi kelemahan. Karena untuk menjadi kuat adalah tanggung jawab masing masing orang. Bukan tanggung jawab orang lain. Find someone complimentary, not supplementary
Jadi, apakah kalian juga setuju dengan kedua pernyataan tersebut?

0 comments: