I Accepted #NulisRandom2015 from nulisbuku.com

11:33 PM Nova Zakiya 2 Comments

I can't believe that I can finish this challenge.


Menulis sebulan penuh tanpa jeda selama 30 hari dengan topik apa saja itu gampang-gampang susah. Pas tiba-tiba terlintas tema yang bagus di otak ya nulis lancar, giliran nggak ada ide ya udah mandeg. Gue pribadi memang suka menulis, tapi tidak setiap hari. Bahkan kadang, apa yang ada banyak topik di otak juga tidak jadi tertuliskan di blog karena malas. I have a lot of ideas but can't write this on my blog

Terus di akhir bulan Mei lalu, gue melihat tantangan ini di twitter @nulisbuku tepatnya disini. Tertariklah gue untuk mengikutinya. Pertama, topiknya bebas alias tidak ditentukan. We can write everything we want, bahkan hanya satu paragraf pun tak masalah. Kedua, gue ingin menantang diri gue pribadi yang selama ini suka menunda-nunda untuk posting di blog. Gue pengen lihat sejauh mana gue bertahan dalam tantangan ini, dan ternyata terselesaikan lah selama 30 hari hahahaha *tertawa penuh kemenangan*

hasil tulisan random sebulan~
Oke, saya akan menulis kesan-kesannya saya mengikuti tantangan ini *halah*

Pertama, ini seru banget. Tiap hari lo dituntut untuk posting satu tulisan apapun itu, mau isinya pengalaman lo hari itu, curhatan tak terarah lo, apa yang lo rasain saat itu, semua boleh dituliskan. Ya meski tiap hari gue terbiasa dikejar deadline naskah dan paket berita buat tayang di program gue hari itu juga, tapi yang ini rasanya beda. Ketika tulisan lo banyak yang view, apalagi untuk topik-topik yang agak pinter dikit, terus dikomen (ada dari lembaga penting) rasanya bangga aja hahaha. Dan ini menyenangkan banget serius. Bahkan saat sakit juga gue belain nulis biar nggak bolong. Beberapa gue tulis juga pas udah jam 11 malem, dimana sejam lagi udah habis harinya hahahaha.

Kedua, gue sampe bela-belain download aplikasi Blogger for Android, demi posting tulisan setiap harinya. Apalagi, bulan lalu gue ambil cuti 10 hari dan pulang ke rumah dan malas bawa berat-berat alias bawa laptop. Jadi semua hasil tulisan gue kemarin mengandalkan smartphone, sinyal dan kuota paket data. Nah kurangnya aplikasi ini adalah belum bisa ngatur alignment dan posisi gambar yang mau kita upload. Jadi aja suka berantakan.

Ketiga, I write everything sampe tingkat kerandoman gue mencapai maksimal. Hmmm.. menulis setiap hari sebenarnya bagus, hanya saja kadang jadi ada yang ngasal. Begini begini maksudnya, ketika lo nemu topik yang bagus untuk ditulis hari itu, ya lo selamat. Tapi ketika otak mandeg bener-bener bingung mau nulis apa, akhirnya tulisan kacau nan random-lah yang dihasilkan hahahaha. Jadi, menulis ngga menulis sebenarnya efektif ngga efektif *apa sih*, kecuali lo orangnya benar-benar kreatif dan penuh ide, yang bisa melihat atau merasakan sesuatu berpotensi menjadi tulisan. Coba tengok, berapa banyak tulisan gue yang super duper ngaco di atas? Hahahahaha

Dari event ini, gue jadi belajar untuk langsung menulis ketika gue punya ide untuk menulis. Tapi, jangan asal menulis, harus dilengkapi dengan riset yang dilakuin sebelum ngepos tulisan, biar tulisan yang ditulis lebih akurat dan nggak mengada-ada. Banyak membaca juga penting lho saat kita belajar menulis. Dimana ketika membaca, lo akan belajar 'oh tulisan yang bagus tuh begini' dan 'oh jadi tulisan gue kurangnya disini'. Membaca benar-benar bisa membuka wawasan lho hehe.

Jangan takut salah dalam menulis, setiap orang memiliki ciri khasnya sendiri dalam menulis. Lengkapi dengan data yang bisa dipertanggungjawabkan, meski itu opini pribadi lo. Jadi ketika ada orang yang mempertanyakan, lo bisa mempertanggungjawabkan tulisan lo itu. 

Oke, sepertinya omongan gue udah terlalu  muter-muter dan nggak jelas. Dan ternyata gue sudah ditungguin produser gue haha. It's time to go home! Yup, gue masih di kantor baru beres on air haha. Yang jelas, gue seneng ikut event ini dan sangat senang pas berhasil melewatinya dengan lengkap tanpa ada bolong satupun.

Semangat menulis untuk hari-hari berikutnya! Salam hangat dari penghuni sarang rajawali yang sedang jatuh cinta dengan seorang lelaki karena pertemuan awalnya di mushola kantor yang kemudian menjadi imam sholatnya dan berharap menjadi imam dalam kehidupannya! Amin!

XOXO!

-za-

2 comments:

  1. Cieeee Zaqiaaaa :-)

    Salam dari anak pabrik yang jatuh cinta sama pria gara2 benerin mesin bareng dia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha yang dikomen yang paragraf terakhirnya doang ah jadi mau malu :p

      Delete