Tempe, Makanan 'Ndeso' namun Mendunia

10:53 PM Nova Zakiya 0 Comments

Tempe, makanan yang dibuat dari kedelai ini, kita kenal sebagai makanan khas Indonesia. Lalu, bagaimana jadinya jika tempe dibuat dan dijual di London, Inggris?
Sumber: Google
Adalah William Mitchell, warga negara Inggris yang merintis usaha penjualan tempe di ibu kota negaranya. Ia mengaku mulai gemar menyantap tempe saat bekerja sebagai guru bahasa Inggris di Jakarta 1995 silam. Setiap hari ia makan berbagai olahan tempe di warung makan. Saking doyannya, ia bahkan sampai mempelajari cara membuat makanan khas Indonesia tersebut di sejumlah kota di Pulau Jawa, termasuk di Malang, Jawa Timur.

Tahun 2013, William memutuskan untuk kembali ke negaranya, setelah dirasa mampu membuat tempe. Lalu ia mencoba peruntungannya dengan membuka warung tempe di sebuah pasar di Kota London. Enam bulan pertama, William mengalami kesulitan dalam memasarkan tempenya, ditambah faktor cuaca yang membuat pembuatan tempe di London berbeda dengan membuat tempe di Indonesia. Namun kini, tempe buatan William telah memiliki banyak pelanggan. 

Selain meraup keuntungan dari bisnis ini, William memiliki cita-cita untuk memperkenalkan tempe agar bisa masuk ke setiap dapur di Inggris lho.



Di saat orang Indonesia sendiri lebih menyukai makanan-makanan dari luar (dan beberapa diantaranya berupa junk food), justru makanan yang 'Indonesia banget' ini mulai mendunia dan disukai oleh warga Inggris. Kadang kita sendiri merasa malu dan ndeso jika makan hanya berlauk tempe, padahal tempe sering digunakan sebagai pengganti daging untuk nilai gizi makanan sangat tinggi dan baik untuk kesehatan, tak kalah dengan keju. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat dari tempe bagi kesehatan tubuh kita:
  1. Sumber protein
  2. Mengurangi resiko serangan jantung
  3. Sumber vitamin
  4. Menetralkan radikal bebas
  5. Mencegah anemia
  6. Mencegah diare dan kolera
  7. Mengandung serat tinggi untuk mengontrol kadar gula darah
  8. Menurunkan lemak dalam darah
  9. Dapat dikonsumsi semua kelompok umur
Bagaimana? Masih merasa malu mengonsumsi tempe sebagai lauk dan salah satu sumber protein kita? Yuk, mulai cintai makanan dalam negeri! :D

Sumber: BBC Indonesia ditambah opini pribadi :D

0 comments: