Menengok Pantai Utara Pekalongan

10:42 PM Nova Zakiya 0 Comments

Tadinya rencana hari ini adalah melihat upacara larungan (upacara memberi sesaji ke Pantai Utara) dan sejumlah atraksi lain seperti barongsai di kawasan Pecinan. Saya mendapat informasi tersebut dari salah satu petugas Museum Batik hari Rabu lalu saat saya dan saudara saya berkunjung kesana. Maka berangkatlah kami ke kawasan Pecinan sekitar jam setengah 3 sore, namun sepi tak ada aktivitas ataupun sisa-sisa keriaan, baik di klenteng, gereja maupun di kawasan Jetayu.

Sudah terlanjur keluar rumah, Ayu menawarkan untuk ke Pekalongan Mangrove Park, yang terletak di Kelurahan Kandang Panjang, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan. Dari Jetayu, raba-raba jalan kita asal pilih jalan lewat Jl. WR. Supratman. Prinsipnya pokoknya kita ke arah utara alias ke arah pantai. Ayu pun lupa jalan, namun akhirnya kami sampai di Pantai Pasir Kencana lalu belok ke kiri dan urutin jalan aja.

Jangan ditanya jalannya seperti apa, masih jalan yang nggak rata, beberapa ada kubangan air dan sedikit pasir. Laut Utara benar-benar pas di samping kita. Sempat hampir mengurungkan niat karena melihat ombak memecah ke jalan, namun sayang sudah hampir sampai. Ternyata ombaknya pun nggak sampai pecah ke jalan karena ada 2 tembok pembatas disana.

Akhirnya kami pun sampai di tempat tersebut. Sekilas mengenai Pekalongan Mangrove Park, Menteri Kehutanan RI meresmikan tempat ini pada 2013 sebagai Pusat Restorasi dan Pengembangan Mangrove (PPRM) yang merupakan bagian dari pembangunan agrowisata. Kawasan ini dulunya lahan tambak udang milik Dinas Pertanian Perikanan dan Kelautan Kota Pekalongan yang sudah tidak produktif lagi. Kawasan ini kemudian dikembangkan sebagai kawasan konservasi sekaligus wisata alam dan edukasi.

Masuk ke kawasan, motor kami langsung diarahkan ke tempat parkir. Cuaca hari ini panas sekali, ditambah di kawasan seperti ini dan suasana di dalam taman ini pun sepi. Ada 2 pasangan yang sudah beranjak mau pulang, jadi kami pun mengurungkan niat untuk masuk ke dalam, karena masih banyak tukang juga. Sepertinya kawasan ini belum selesai dengan sempurna, mungkin. Jadi kami putar balik, karena jujur saya lebih tertarik mengambil gambar pantainya hahaha.

Mungkin di lain waktu kami akan mengeksplor lebih dalam Pekalongan Mangrove Park ini, jika tempat ini sudah selesai dan tidak terlalu banyak tukang di dalam. Beberapa melihat review tempat ini cukup bagus untuk foto-foto kok hahaha. Jadi inilah yang kita dapat tadi sore.

P.S.
Beberapa sudah saya upload di akun Instagram saya : zhaqia

Selamat menikmati!

0 comments: