[FASHION] : Cullotes are Back!

9:12 PM Nova Zakiya 4 Comments

Di penghujung tahun 2015, tren fashion kembali berputar. Salah satunya adalah celana kulot yang belakangan kembali hits dan menjadi must have item di dunia fashion. Celana yang terkenal di tahun 1960-an ini kini menjadi pilihan para seleb dan fashion blogger untuk berbusana baik di acara formal maupun informal. Dengan potongan yang lebar, celana kulot sangat nyaman untuk dipakai. Sudah pasti, kita jadi bebas bergerak! Siluet yang dihasilkan celana ini juga unik lho. 
Get ready, people! They are back! | via whowhatwear.com
Tapi tahukah kalian, sebelum hits diantara kaum wanita, ternyata celana ini dipakai oleh para laki-laki bangsawan di Eropa pada awal abad ke-19. Penggunaan celana kulot oleh laki-laki bangsawan ini pertama kali dipopulerkan di Perancis selama masa pemerintahan Henry III (1574-1589). Hal yang sama pun dikenakan lima presiden pertama Amerika Serikat, mulai dari George Washington hingga James Monroe yang mengenakan celana kulot as their style of the late 18th century. Hmmm… Kalo sekarang udah jarang ya kita lihat cowok pakai celana kulot kecuali dia artis atau fashion blogger hehe.
Tren kulot di tahun 1960 | via personal.stthomas.edu
Nah di tahun 1960, celana ini menjadi must have fashion item di kalangan perempuan. Celana ini begitu populer dipakai para artis Hollywood dan banyak menghiasi majalah fashion saat itu. Desain pipa yang sangat lebar, membuat orang beranggapan celana kulot sepertinya hanya cocok dipakai oleh perempuan dengan tubuh yang tinggi dan kurus.
Perlahan, tren celana kulot ditinggalkan dan berganti dengan celana cutbray hingga skinny pants. Namun ternyata, roda fashion kembali berputar dan menempatkan celana kulot pada kejayaannya kembali di tahun 2015. Celana ini kembali diburu para fashionista. Sebut saja Max Mara, Giorgio Armani, Jill Sander, dan sejumlah desainer pakaian ternama kembali mempopulerkan celana kulot di gelaran fashion mereka. Sudah pasti, kali ini dipadukan dengan apa yang menjadi tren dan lebih modern.
Kulot kembali berjaya di tahun 2015 dengan paduan yang lebih modern | via stylevanity.com
Tak perlu ragu untuk mengenakan celana model ini. Kamu bisa memakainya di berbagai kesempatan, seperti ke kantor, kampus, pesta, atau sekedar hangout bersama teman-teman.  Jangan pernah merasa takut ‘tenggelam’ atau terlihat pendek saat mengenakan celana ini. Kamu bisa menyiasatinya dengan memadukan crop top yang kamu punya. Sebaiknya pakailah atasan yang pas di badan, alias bukan gombrang atau kebesaran untuk menghindari kesan bantet. Padukan pula dengan wedges atau high heels untuk membuat kakimu terlihat lebih jenjang.
via bloglovin.com
Tak ada salahnya memadukan celana kulot dengan leather jacket | via bloglovin.com
paduan crop top dan celana kulot akan selalu pas | via fashionsy
steal Victoria Beckham's style! | via harper's bazaar
Tapi bukan berarti mengenakan celana kulot berarti kamu tidak bisa mengenakan sneakers. Kamu tetap bisa mengenakan sneakers dengan menyiasatinya dengan menggunakan kulot 7/8 untuk mempertahankan kesan tinggi. Atau bisa juga lho dipadupadankan dengan slippers yang kamu punya.
kulot hitam + sneakers putih = perfect! | via aritzia
via bloglovin
via jessicagordonryan.com
my favorite style! | via maddinka
paduan slippers dengan kulot tetap oke lho! | via tingeofblack.tumblr.com
Nah, bagi yang mengenakan berhijab, tentu celana kulot menjadi favorit. Kenapa? Karena celana ini cenderung 'gombrang' sehingga tidak membentuk lekuk tubuh, betul? 
Steal Dian Pelangi style!
Tak ada salahnya memadukan kulot dengan long outer. Jangan takut kamu akan 'tenggelam' | via websta
Inilah saatnya bagi kamu untuk bereksperimen dengan baju yang kamu punya. Kuncinya, percaya diri lah saat kamu mengenakannya, karena apapun baju yang kamu kenakan, dengan model yang sedang hits-hitsnya misalkan, jika kamu tidak pede, maka tidak ada artinya. Then, this is my style with cullotes anyway. Hehe
black peplum + grey cullote + pink heels :3
as I told you, you can wear long outer with cullote hehe. I did it!
Mengenakan celana kulot untuk kondangan juga nggak ada salahnya. Sekali-kali lah nggak pakai kebaya atau kutubaru hehehe
Percaya atau tidak, dua celana kulot yang saya pakai itu punya mama. Kebiasaan saya begitu pulang ke rumah adalah membedah lemari mama dan memilah barangkali ada baju yang sudah tidak dipakai oleh mama lagi tapi bisa saya kenakan (biar ala-ala vintage gitu deh hehe). Sejauh ini ada hampir sepuluh baju mama yang saya bawa ke Jakarta dan ternyata kembali hits saat ini hehe. 
Well, selamat bereksperimen dengan baju yang kamu punya atau bahkan mama kamu punya! As I told you before, being fashionable nggak harus selalu dengan baju baru! Selamat ber-kulot ria!
XOXO!

Za!

4 comments:

  1. iyaa...kan kullot hits jaman kita SD kan...jaman Ibuk kita masih muda...siipp aku udah dikasih 1 nih..tinggal modif perutnya aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha betul banget hehe untung mama aku badannya seaku jadi ngga perlu modif lagi tinggal pake hahaha

      Delete
  2. Karena Alm Mama bisa menjahit dan saya lebih suka pakai celana pendek, maka kulot jadi baju andalan saya. Dan betul, fashion is like a clock, the trend will be back in certain period of time.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, mama aku juga dulu ajarin bikin celana kulot pendek. Yap, tren fashion kembali berputar makanya aku suka cari baju baju lama mama hehe. Thanks for reading, ya, Ratna!

      Delete