CELOTEH CERITA RAMADAN DAY 29 : Kue Lebaran

4:32 PM Nova Zakiya 4 Comments

Woyooooo~

Selain mudik, lebaran biasanya identik dengan kue-kue khas yang hanya muncul dan tenar di saat lebaran. Yup, sebut saja nastar, kaastengels, sagu keju, putri salju, dan sejumlah cookies lainnya yang biasanya hanya muncul dan dibuat di bulan Ramadan untuk disajikan saat lebaran tiba.
Kue lebaranku tahun ini. Satu toples nastar dari ibu kos (meski namanya ditulis zakiah huff) dan satu toples (untuk saya sendiri) sagu keju buatan Happy aaaak enaaaak
Membuat kue lebaran itu langsung mengingatkan saya pada kebiasaan di rumah sewaktu saya belum merantau. Biasanya di minggu terakhir Ramadan, saya dan mama akan membuat berbagai kue lebaran seperti nastar, kaastengels dan juga putri salju. Tentu saja mama yang ngadon, saya yang bagian nyetak sama ngoles kuning telur atau menaburi keju hahaha.



Foto kiriman Nova Zakiya (@zhaqia) pada

Ini adalah aktivitas yang tentu saja sangat menyenangkan, karena biasanya saya minta mama menyisakan sedikit adonan, untuk saya bentuk sesuai yang ada di otak saat itu. Tentu saja tidak untuk disajikan ke tamu, tetapi untuk dimakan sore harinya saat berbuka puasa hahaha. Bahkan saya merasa senang jika saya kedatangan tamu bulanan saat jadwal membuat kue. Karena saya bisa nyemilin keju dan pamer ke kakak saya (saat itu kakak saya belum menikah) kalau saya bisa makan hahaha nyebelin kan :p

Baca juga : Nostalgia Ramadan Semasa Kecil Bersama Keluarga

Sayangnya, semenjak saya tinggal di Jakarta dan kakak di Salatiga, mama jarang membuat kue karena tidak ada yang membantu. Padahal kue buatan mama juara sedunia lezatnya. Nah sekarang, saya akan berbagi, biasanya ada kue apa saja sih yang mendadak tenar di hari raya Idul Fitri hehe.

1. Nastar
Asal katanya Ananas (alias nanas) dan taart yang diambil dari Bahasa Belanda disingkat nastar. Sudah pasti isinya ya selai nanas. Kadang dibentuk bulat biasa, dibentuk keranjang atau dibentuk seperti buah ceri dengan cengkeh sebagai batangnya. Kue ini sepertinya termasuk kue yang wajib ada karena kebanyakan saat bertamu di rumah tetangga, pasti ada si nastar. Wanginya saat adonan ini dimasukin ke oven itu lho, menggoda iman hahaha.
menggoda ngga? // sumber: pinterest/ catatan-nina.blogspot.co.id
2. Kaastengels
Ini salah satu favorit saya. Kaastengels buatan mama selalu juara enaknya. Bahkan setoples di rumah sering saya adep sendiri. Bae bae gemuk huff.
Foto kiriman Nova Zakiya (@zhaqia) pada
Sesuai namanya, Kaastengels berasal dari Bahasa Belanda, kaas yang berarti keju dan stengel yang berarti batang. Yuhuuuuu, bagi pecinta keju biasanya melipir cinta sama kaastengels juga. Gurih gurih gimana gitu rasanya enaaak.

Kalo versi saya, biasanya taburan keju di atasnya saya banyakin hahaha abis itu dimarahin mama katanya jadi jelek. Harus pas sesuai proporsi katanya sih hehe

3. Sagu Keju
Ini favorit saya semenjak 3 Ramadan yang lalu, setelah Happy, rekan sekantor saya, memperkenalkan kue sagu keju buatannya ke saya. Gilaaaaaa enak bangeeeet. 3 kali Ramadan akhirnya beli tapi buat dikekep sendiri. Nggak rela yang enak begitu dibagi ke tamu. Ya ampun saya pelit sekali soal kue ini hahahaha. Abis enaaaak.
Ini kue paling menggoda iman huff // Sumber: Pinterest // Just Try & Taste
4. Putri Salju
Nah ini kue buatan mama yang saya suka juga. Mama selalu pakai icing sugar yang ngasih sensasi dingin begitu kena di lidah. Enak. Biasanya mama cetak bentuk bulan sabit terus yang bikin beda, mama warnai itu pake warna hijau. Dan biasanya putri salju ini memiliki tekstur lebih renyah, yang kena tangan kalo kekerasan sedikit bisa langsung ampyar. Tapi enak asli enaaaak. Hahahah semuanya aja enak ya
sumber: pinterest // catatan-nina.blogspot.co.id
Nah biasanya kalo di rumah saya, 4 kue ini yang sudah pasti ada (tapi sagu keju nggak disajikan ke tamu ya hahaha anaknya pelit) saat lebaran tiba. Tentu saja dibarengi sama jajanan lain seperti peyek kacang, singkong presto, yupi, sumpia, dan sebagainya.

Kalo di tempat kamu, biasanya ada kue apa saja? Hehehehe.

Selamat mempersiapkan lebaran ya!

Za.

4 comments:

  1. Semua kue itu g ada kalau kamu main ke rumahku Za

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe dulu tante sama mamaku yang suka nyoba nyoba buat kue lebaran mba nayy makanya sampe sekarang jadi ada terus hahaha. jajanan tempat mba nayy juga enak enak ah *ngintip di blognya*

      Delete
  2. Aku suka banget kue sagu , tapi bukan yg keju
    Lebih ke yg semprit bentuk s

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya ya aku tau aku tau. aku juga suka itu. rasanya enaaaak. yang keju modifikasi dari situ dikit kali ya, jadi ada krenyes krenyes gigit kejunya gitu hehe

      Delete