Stress Healing ala Langit Musik

7:50 PM Nova Zakiya 4 Comments

Setelah resmi 4 bulan menjadi jurnalis seutuhnya (2 tahun sebelumnya jadi jurnalis 'kentang'), saya mulai akrab dengan yang namanya ketidakpastian, terutama soal waktu. Kapan plotingan keluar, kapan narasumber respon sms atau telepon buat wawancara, kapan sidang selesai, dan masih banyak lagi pertanyaan kapan dengan jawaban yang nggak pasti. 
Satu ketidakpastian itu juga bernama 'kapan live report?' karena bisa jadi di plotingan malemnya cuma liputan biasa, pas hari H tau-tau disuruh live. Deg-deg-an? Nggak usah ditanya, jawabannya pasti IYA BANGET. Secara selama ini cuma bikin LOT (live on tape) dan itu pun belum bisa one take OK. Itu udah beberapa bulan yang lalu. Dan tau-tau Rabu (8/3) kemarin, suruh live report dari banjir di kawasan Kebon Pala, Jakarta Timur. It was my very first time. Aaaaaak blank!

Stress Healing Ampuh : MUSIK!
menuju tempat liputan, earphone jangan sampai ketinggalan say! 
Salah satu stress healing method saya dari dulu itu ya dengerin musik favorit. Jadi sepanjang perjalanan dari kantor ke lokasi, kuping disumbat earphone sambil bikin catatan-catatan kecil. Metode ini ampuh buat saya karena sedikit ‘ngademin’ hati dan otak supaya rileks (selain makan es krim tentunya haha).
Dan sebagai mantan anak UKM Musik pas jaman kuliah dulu, saya tahu gimana ‘asyiknya’ bikin musik jadi asa yang nggak tega kalau mau download musik sembarangan. Memang sih banyak situs-situs yang bisa download lagu secara gratis, but you know, itu ilegal dan nggak menghargai hak cipta para musisi. Jangan begitu ya!

Jadi dengerin lagu pake apa? Dengan segala kecanggihan teknologi yang ada saat ini, saya sih lebih suka streaming pake aplikasi Langit Musik. Pertama, sudah pasti sudah ada license-nya jadi legal dan anti-pembajakan pastinya (psst… langit musik ini sudah dilengkapi dengan sistem Digital Rights Management lho jadi semua label dan musisi pasti aman dari pembajakan ayey!).
Kedua, stoknya lumayan lengkap tanpa harus menuhin memori karena download lagu. Ada lebih dari 3 juta lagu, baik dari musisi lokal maupun internasional yang ada di katalog Langit Musik lho!

Sekilas Tentang Langit Musik
Aplikasi Langit Musik ini seolah menjadi jawaban bagi para penikmat musik atas perkembangan teknologi saat ini. Dengan slogan “Musiknya Hidup Kamu”, aplikasi ini bener-bener bisa nemenin kalian dalam kondisi mood apapun. Mau sedih, seneng, patah hati, semangat, dan sebagainya, ada lagu yang cocok didengerin yang disediain sama Langit Musik. Karena dia punya fitur playlist yang memudahkan kita buat dengerin lagu yang cocok sama suasana hati kita saat itu. Ya kan pasti kan suka baper kan kalo denger lagu yang cocok sama suasana hati? :’)
Nih kamu bisa milih playlist sesuai dengan mood kamu saat itu lho

Oh ya, playlist ini nggak melulu soal mood lho, tapi juga bisa berdasarkan genre musik atau tema-tema yang lagi happening. Dan yang lebih menyenangkannya lagi, kita juga bisa bikin playlist kita sendiri! Ya kan namanya selera orang beda-beda kan :3

Asik! Bisa dengerin lagu sambil nyanyi dong~

Dan yang lebih serunya lagi, kita nggak perlu capek-capek googling lirik lagu yang lagi kita putar, karena aplikasi ini dilengkapi fitur lirik. Jadi bisa langsung ikut nyanyi pas buka aplikasinya. Yoi kan!

Fitur Trending bikin kalian tahu apa aja sih lagu yang lagi happening saat ini

Nah kalau kalian lagi bosan sama playlist sendiri dan pengen cobain semacam nostalgia ala ala dengerin radio, Langit Musik bisa jadi jawabannya lho! Selain bisa tau lagu apa sih yang lagi tren saat ini di tempat tinggal kita, kita juga bisa dengerin ala radio pake fitur TagStation yang acak dan penuh kejutan~

Kejutan ala fitur TagStation

Playlist Favorit Penghilang Stress
Playlist penghilang stres ala Zakia :3
Banyak yang bilang lagu-lagu yang saya dengerin itu nggak sesuai sama yang orang banyak dengerin. Itu kata salah satu temen sekantor saya, pas lihat playlist saya mostly isi EDM atau Japanese Rock. Nah saya share beberapa band penghilang stress favorit saya ya!
1.       Rüfüs
Rüfüs ini alternative dance group dari Australia. Sebenernya saya suka lagu-lagu mereka setelah ‘teman’ saya merekomendasikan lagu berjudul You Were Right di suatu sore. Setelahnya saya langsung mendengarkan semua albumnya dan merasa nyaman kalo lagi dengerin ini. Favorit saya selain You Were Right, ada Imaginary Air, Until the Sun Needs to Rise, We Left, hmmm sepertinya saya bisa sebutin semuanya karena semuanya enak :D
2.       One OK Rock
Nah kalo ini band dari Jepang yang beraliran rock. Sebenarnya selain OOR ini, saya lebih suka dengan L’arc~en~ciel atau yang biasa dikenal dengan Laruku. Hanya saja, beberapa bulan belakang, saya memang lebih tertarik dengan OOR, apalagi album barunya baru banget dirilis Januari kemarin. Cuss dengerin, di Langit Musik ada kok. Lengkap!
3.       Flight Facilities
Sama sama berasal dari Australia, grup ini genrenya disco, house, indie pop, sama electronic. Hampir semua lagunya enak, terutama Two Bodies, Crave You, sama Down to Earth :3

Sebenernya selain 3 grup di atas, masih ada beberapa lagi yang saya masukkan dalam playlist saya sebagai stress healing hehe. Ada Lana Del Rey, Ta-Ku, Alina Baraz, The 1975, dan masih banyak lagi. Emmm nggak semuanya musisi luar kok, musisi dalam negeri juga saya suka seperti Banda Neira, Barasuara, Efek Rumah Kaca, Pandai Besi, Maliq & D'essentials, dll. Hehe.

Langit Musik Bisa Unduh Lagu?
Bisa! Tapi bukan unduh seperti layaknya kita mengunduh yang kesimpen di memori eksternal, tetapi bakal kesimpen di aplikasi Langit Musik. Nama fiturnya Listen Offline. Jadi kalau kamu lagi nggak connect dengan internet, kamu tetep bisa dengerin lagu favoritmu di aplikasi ini.

Syaratnya, kamu harus upgrade account menjadi Premium. Nggak mahal kok, sebulan hanya Rp 22 ribu dan Rp 6600 kalau kamu cuma pengen langganan 7 hari. Nggak perlu kartu kredit karena biaya ini akan dipotong dari pulsa nomor telkomsel yang kita daftarkan di awal masuk aplikasi Langit Musik. Mudah kan? :3

Saranku untuk Langit Musik
Overall, saya sih suka sama aplikasi ini. Selain user friendly, sepertinya berbagai keunggulan fitur yang saya suka sudah tertulis di atas. Hanya saja, sedikit saran untuk Langit Musik, mungkin koleksi lagunya bisa diperlengkap kali ya. Karena untuk beberapa artis yang saya suka, hanya ada album remix-nya saja, sementara album original-nya malah nggak ada. Tapi kutetap suka! Nggak kalah saing lah sama aplikasi streaming musik lainnya.
Nah kalau kalian gimana? Tertarik untuk download aplikasi ini? Atau bahkan sudah punya aplikasinya dan sudah punya playlist favorit juga? Well, selamat mendengarkan lagu favoritmu dengan Langit Musik ya!

Postingan blog ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Review Aplikasi Langit Musik kerjasama Langit Musik dan Warung Blogger

XOXO!
Za

4 comments:

  1. Dimana pun dan kapan pun selalu langit musik.. ecieee :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi mas. nggak berat juga aplikasinya hihi

      Delete
  2. kok aku jadi pengen hape sony hehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe memuaskan kok beli laaaah :3

      Delete