Warna Warni di Taman Bunga Krisan Batang

5:42 PM Nova Zakiya 16 Comments

Beberapa bulan terakhir, Alhamdulillah banget saya punya waktu lebih sering untuk pulang ke rumah. Dan di saat pulang itu, selalu saja ada tempat wisata baru yang harus banget didatangi saking hits-nya (anaknya nggak mau kalah hits soalnya). In my opinion, pariwisata di kota saya, Batang ini memang sedang gencar-gencarnya mendapat perhatian dari banyak orang, apalagi dengan adanya media sosial seperti Instagram yang promote­-nya oke banget. Padahal sebelumnya mungkin nggak banyak orang tau Batang itu dimana kalo nggak menyebut Pekalongan.

Di zaman saya SMA, wisata paling banter cuma Kebun Teh Pagilaran (yang tiap tahun dipake kemah), Pantai Ngeboom, Ujung Negoro sama Sigandu. Itu juga nggak sebagus sekarang. Eh setelah ditinggal merantau, makin banyak aja wisata wisata lain yang mungkin orang nggak menyangka ‘loh ada tempat begini tho di Batang’.

Nah, setelah kemarin kemarin saya sempat main ke Rumah Pohon Tombo, Sikembang Langit, Jembatan Buntu Subah, dan beberapa tempat lain, kali ini saya main ke Taman Bunga Krisan di komplek Agrowisata Kebun Teh Pagilaran. Seperti biasa, infonya dari partner travelling saya kalau pulang, Ayu dengan memamerkan foto foto yang ada di akun instagram-nya instabatang, explorebatang dan visitbatang.

How to go there…

Saya dan Ayu memutuskan untuk pergi ke taman bunga di hari Minggu pagi (padahal sorenya saya pulang ke Jakarta haha). Berangkat dari rumah sekitar pukul 10.15 WIB dengan patokan dari temannya Ayu, ini taman bunga dekat SD di Pagilaran (yes, Ayu juga belum pernah kemari haha). Kadang kalau lihat di info lokasi di Instagram, taman bunga ini tulisannya ada di Wonobodro. Makanya kalo pas lihat ada papan penunjuk belok ke Wonobodro suka bingung haha.

Oh ya, jalurnya bener bener ke jalur arah Agrowisata Kebun Teh Pagilaran ya. Jadi kalau di persimpangan Pondok Modern Tazakka Bandar, kita belok ke kiri (iya kalo lurus kita sampe ke Sikembang yang ada hehe). Udah tinggal ikutin jalan besarnya aja. Tapi harus tetap hati-hati ya, berhubung menuju dataran yang lebih tinggi, jalannya berkelok dan nanjak. Beberapa belokan ada yang curam jadi jangan lupa stand by klakson kalau mau belok di belokan-belokan itu dan jangan  ngelamun apalagi ngantuk.

Sebenarnya saya dan Ayu agak tebak tebak buah manggis saat kita tiba di pos masuk Pagilaran setelah sebelumnya ada SD dan disitu cukup ramai. Takutnya disitu tempatnya (ngga sampai masuk ke Pagilaran) karena patokannya hanya SD dekat Pagilaran. Cuma kepalang tanggung kalau nggak masuk dan ternyata tempat yang dituju ada di dalam. Jadilah kita bayar Rp 10 ribu per motor (itungannya dua orang masing-masing Rp 5 ribu) untuk masuk ke Pagilaran. Jangan lupa minta karcisnya ya!

Kita masih tertawa-tawa takut salah dan sudah pasrah kalau kalau nggak ketemu tempatnya yasudah kita main di kebun tehnya saja. Tapi saat melihat beberapa ibu-ibu di arah sebaliknya membawa bunga, kita yakin bahwa kita nggak salah jalan. Dan benar saja, di samping SD Negeri Keteleng 01, ramai pengunjung untuk ke Taman Bunga tersebut hehe. Bahkan sebelum sampai di SD, sudah ada semacam poster bertuliskan Green House KWT Sri Tani Lestari Pagilaran.

Jika ditotal, perjalanan saya dari rumah (dekat Alun-Alun Batang) hingga sampai di tempat ini sekitar 1,5 jam dengan kecepatan normal.

Tentang Tiket dan Biaya Masuk

Setelah tadi membayar masuk ke Pagilaran Rp 10 ribu/motor (untuk dua orang), ternyata saat sampai di taman bunga ini kita diharuskan membayar lagi. Pertama untuk parkir motor Rp 3 ribu dan masuk lokasi Rp 5 ribu untuk 2 orang. Hmmm…

Sebenarnya sebelum saya kemari, yang ada di bayangan saya taman bunga ini cukup luas seperti taman bunga begonia tapi versi simpelnya. Ternyata bentuknya hanya 2 buah green house yang tidak terlalu lebar (apalagi kalau pengunjungnya lagi ramai jadi terlihat sempit).

Saat kita akan masuk di rumah yang pertama, ada petugas yang menyobek tiket masuk kita. Katanya nanti separuhnya lagi dikasih ke petugas di rumah bawah. Tapi ternyata nggak diminta juga sih pas di rumah bawah. Hmmm beklah.

Kenapa harus main kemari?

Karena menurut saya ini tempat wisata yang nggak biasa di Batang (eh ya nggak sih? Haha) seperti curug ataupun pantai atau mungkin kebun teh. Di tempat ini, lebih banyak warna yang menyejukkan mata dari berbagai varian bunga krisan. Maka jangan heran kalo orang yang kesini pasti bawa kamera dan berebut untuk dapat spot foto paling bagus.

Oh ya menariknya lagi, bunga-bunga disini bisa kita beli lho! Tinggal kita pilih mau yang mana, terus bilang sama yang jaga deh. Harganya bervariasi, mulai dari Rp 5 ribu hingga Rp 10 ribu. Jadi kita bisa deh buat taman bunga krisan di rumah. Jangan lupa minta tips untuk merawatnya ya!

Dan bunga-bunga ini memang dipanen secara berkala (sekitar 13 mingguan). Jadi jangan heran kalau pas kalian kesana kok bunganya warnanya beda ya hehe.

Kalo laper, tinggal makan di warung atau kang gerobak yang ada di depan taman bunga. Ada siomay, bakso, jagung manis, dan sebagainya. Ya dingin-dingin enakan makan pop mie sih tapi hahaha.

Pesan dan Kesan

Senang! Mata berasa seger liat warna warni. Selain itu, yang lebih menyenangkannya lagi, nggak ada sampah berceceran karena pengelola menyediakan beberapa spot untuk membuat sampah. Cuma ya itu, karena pengunjungnya banyak sementara green house lebarnya tidak seberapa (hanya ada sekitar 4-5 lorong) jadi sesak dan nggak bisa foto bebas (tetep hahaha).

Mungkin kalau datangnya lebih pagi, akan lebih sepi (dan datanglah bukan di hari Sabtu atau Minggu, please). Dan sebaiknya kalau mau berkunjung kemari, datanglah sebelum jam 12 siang. Karena kawasan ini biasanya akan hujan di atas jam tersebut.

Oh ya, bonusnya main kemari, karena ada di kawasan kebun teh, bisa sekalian foto-foto deh di kebun teh Pagilarannya hehe.

Satu pesan lagi, foto boleh tapi jangan sampai merusak ya! Terlalu cantik bunganya untuk dirusak. Dan dari pihak pengelola, merusak berarti membeli guys!

Overall, saya sih nggak nyesel datang kemari. Lumayan lah liat yang indah-indah sebelum balik ke Jakarta cuma liat gedung-gedung hehe. Nanti saya cerita lagi kalau travelling di tempat wisata baru di Batang yaa atau mungkin merambah ke Kabupaten Pekalongan yang belum saya jamah.
Kalau kamu pernah main ke Batang dimana saja? Share ya di kolom komentar :D

XOXO!
Za

16 comments:

1. Bagus tnpatnya zakiya,jadi penasaran sm.batang

Replies
    1. Hihi ayo main ke batang. Pariwisatanya lagi gencar banget dipromote. Banyak yang kekinian dan instagram-able hehe

Delete
  2. Bunganya cantik banget, jadi pengen deh ke sana. Kalau keuangan mencukupi, hehe

Replies
    1. Mari main kemari. Ndak mahal kok biaya dimari. Udah gitu bisa mampir tempat wisata lain kaya kebun teh atau curug lho di kawasan ini :)

3. Bunga Krisan warna-warni cantiiik banget

4. cantik taman bunga nya. semoga tidak dirusak ya

Replies
    1. Alhamdulillah pas kesana pengunjung tertib sih meski banyak dan agak penuh green house nya. Dan petugasnya cukup awas, karena memang banyak yang mau beli bunga juga disini :D

5. BUngannya warna warni dan pemandangannya keren bangeet

1. Setuju banget mba. Plus udaranya sejuk khas dataran tinggi :3

Delete
  6. ruamee banget itu. kalau green house Batang aku belum pernah, taunya dulu yang di puncak itu. sama crysan juga...tapi ga sebebas itu. harus steril pengunjung yang masuk

Replies
    1. Banget mba nayy. Aku kesiangan kayanya :( wah kalo di puncak aku belum pernah. Di sebelah mana ya?

7. Krisan bunga kesukaanku, kalau di mantenan suka minta bunganya hehe
    Wah tempatnya indah ya mbak TFS

Replies
    1. Hehe iya ya krisan sekarang sering banget dipake buat dekor nikahan. Tapi liat langsung disini berasa lebih indah lho :D

Delete
  8. bunga ini kalau di hotel-hotel dijadikan penghias pastry atau makanan..

Replies
    1. Multifungsi banget ya rasanya jadi pengen nanem berkebun sendiri di rumah nanti :D