TANGKAL BAHAYA POLUSI DENGAN NATSBEE HONEY LEMON BIAR #ASIKTANPATOXIC

11:54 PM Nova Zakiya 2 Comments


Jakarta lagi rame-ramenya nih karena ada event Asian Games 2018. Puluhan hingga ratusan perwakilan dari 45 negara hadir ke Indonesia untuk mengejar gelar juara dari 40 cabang olahraga yang dipertandingkan di Asian Games 2018. Tambah macet? Pemerintah dalam hal ini pihak kepolisian lalu lintas, Dinas Perhubungan dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) melakukan perluasan ganjil genap sih untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan itu. Data dari BPTJ sih menyebut bahwa kecepatan rata-rata kendaraan yang melintas di titik-titik yang diberlakukan ganjil genap meningkat sebesar 44.08% dan emisi CO2 menurun 20.30%. Menurun bukan berarti sama sekali nggak ada lho ya, karena namanya polusi masih ada aja di Jakarta apalagi di jam jam sibuk haha.
Oke tapi saya nggak mau bahas soal itu. Ini hanya semacam pembukaan. Tapi yang akan saya bahas adalah nggak cuma pemerintah aja lho yang sibuk sana sini mempersiapkan dan menyukseskan Asian Games 2018, tetapi juga para pekerja media. Dari zaman persiapan sampai ini bentaran lagi udah mau abis, sibuknya super. Berhubung saya nggak meliput Asian Games 2018 (karena sudah resign hehe), jadi saya ceritakan persiapannya aja ya dan menangkal debu debu polusi yang nakal selama beraktivitas!

Sibuknya Wartawan dari Kapan?
Beh. Dari tuh venue masih direnovasi sampai udah bisa dipake, sampe acara kelar dan seterusnya. Kenapa? Karena kita mewakili mata pemirsa, masyarakat sebangsa dan setanah air, untuk mengabarkan sejauh mana persiapan Indonesia menjadi tuan rumah gelaran pesta olahraga terbesar se-Asia ini. Tentunya, nggak pengen malu-maluin dong ya!
bayangkan dari lantai 6 kita lari turun tangga bawa tripod demi kalian pemirsa. huff
Berhubung waktu itu saya wartawan RI2 alias gabung di tim medianya Wapres Jusuf Kalla (perwakilan dari kantor ya), jadi saya sempat ikut beliau waktu meninjau venue sebelum acara dimulai. Pagi-pagi kita sudah lari-larian turun tangga bawa tripod dari lantai 6 sampai lantai dasar di Wisma Atlet Kemayoran (soalnya kalau nungguin lift lama dan Pak JK sudah turun ke bawah). Satu per satu, Pak JK bareng sama Gubernur DKI Anies Baswedan dan perwakilan menteri juga ketua Inasgoc, melihat tempat-tempat yang nantinya akan digunakan oleh atlet negara lain, mulai dari kamar, taman, dining room, dan lain-lain. Belum selesai sampai situ, Pak JK juga sempat makan pisang di samping kali Sentiong (yang banyak orang kenal kali item) untuk membuktikan disitu tidak bau.
Mampir di Stadion Atletik yang udah bagus terus ketemu Zohri
Selesai dari situ, kita langsung menuju Gelora Bung Karno untuk meninjau stadion atletik dan akuatik. Udah jangan ditanya, panas debu keringat sungguh mensponsori liputan hari itu. Mungkin karena judulnya liputan persiapan acara olahraga terus wartawannya juga kudu olahraga kali ya hahaha.
Mejeng dulu di trotoar baru daerah Sudirman
Perbaikan sih nggak cuma diterapkan di venue-venue pertandingan aja, tetapi juga infrastruktur kota seperti trotoar. Suka perhatiin nggak sekarang trotoar di sepanjang Jalan Sudirman sampai MH Thamrin itu bagus banget dan lebih lebar? Bisa dibilang space untuk pejalan kaki 2 kali lipat ukuran semula. Udah gitu ditambah tanaman jadi ada buat mengurangi polusi udara. Ingat, mengurangi ya bukan menghilangkan sama sekali. Apalagi kalau liputan disini jam-jam berangkat kantor kan ya banyak kendaraan lewat kita macem sarapan asap kendaraan haha.

Udah Resign dari Wartawan, Enak Dong Nggak Kena Polusi
Mohon maap nih, dikata kita resign terus cuma ‘ngedekem’ dalem rumah apa begimane nih? Memang nggak sepadat dulu sih kegiatannya, karena masih rehat sebentar sambil ngurus WO dulu jadi ya seputar ketemu klien aja biasanya. Atau memanfaatkan waktu sebelum kerja (tetap) beneran lagi dengan me time ke toko buku lah, salon atau pulang ke rumah kumpul keluarga. Pokoknya bener-bener dimanfaatkan waktunya dengan baik. Atau karena masih dalam proses pencarian jati diri gitu (sok muda ya), jadi suka dateng ke kajian ba’da Isya hari Rabu di Masjid Universitas Al Azhar Indonesia.
Padat kendaraan di pagi hari yang terulang di sore hari juga
Kena polusi apa nggak? So pasti gengs! Hampir sebagian besar kegiatan saya lakukan di jam-jam sore menjelang jam pulang kerja, atau bahkan abis Maghrib sekalian. Itu polusi lagi numpuk-numpuknya, nggak ada beda sama saya dulu liputan pagi haha. Ini aja ya, bikin tulisan ini, baru aja pulang menembus kemacetan Jalan Sudirman ke Al Azhar (dan sebaliknya dong! Padahal udah malem) karena ya masih ada euforia Asian Games 2018 di GBK. Banyak bener yang nonton dah, bagus masyarakat kita turut mendukung! Tapi jadinya perjalanan yang seharusnya bisa ditempuh 20 menitan, bisa hampir 45 menitan pemirsa! Tak terkecuali bus Transjakarta yang juga kena imbas antara halte GBK ke halte Bundaran Senayan. Oke bhaique!

Emang Bahayanya Polusi Apaan?
Suka pada ngerasa sesak atau pusing kalau lama-lama di jalan ngirup asap kendaraan gitu nggak sih? Kalau saya sih iya. Kelamaan dikit bawaannya pusing, apalagi kalau lagi pakai helm langsung kepala berasa nyut nyut aja. Hal ini karena pada udara yang sudah terkena polusi terdapat banyak sekali senyawa, unsur ataupun partikel berbahaya bagi makhluk hidup, seperti Partikulat Matter (PM10 dan PM2,5) yang gampang banget menembus darah dan alveoli (bagian terkecil paru-paru). Belum lagi natrium dioksida, ozon, karbon monoksida yang pasti berimbas negatif ke sistem pernapasan kita. Bahkan bisa juga lho meningkatkan resiko penyakit kardiovaskular atau gangguan jantung dan pembuluh darah kayak tekanan darah tinggi, stroke, diabetes, dll. Serem ya.

Ya Tapi kan Namanya Polusi Nggak Bisa Dihindari. Kita kan Butuh Beraktivitas di Luar
Ya ya memang, saya juga nggak bisa menghindari takdir ini kok. Selama masih tinggal di perkotaan, ya ini bakal tetap jadi salah satu masalah kita bersama (ya dong bersama masa sendiri hehe). Tapi ada pepatah bilang, “MENCEGAH LEBIH BAIK DARI MENGOBATI”. Caranya?
Gambaran kehidupan yang tak bisa dihindari. tsaaah!
Pertama, kita bisa menggunakan masker kalau bepergian. Kedua, banyak minum air putih. Ketiga, konsumsi madu lemon. Ini sih yang biasa saya lakukan ya. Karena bagaimana pun toxic-toxic ini harus kita lawan  demi hidup sehat. Abis kalau kita aja gaya hidupnya tidak sehat, berujung stress, terus makin ngendep dah tuh toxic dalam tubuh kita (ditambah terpapar polusi setiap hari lagi! HAH!).
Masker? Oke mudah. Air putih? Tiap hari suka bawa tumbler. Madu? Hmm agak ribet sih kalau buat saya, karena kalau saya minum madu itu biasanya saya bikin minuman sendiri pakai lemon gitu. Soalnya ini bagus lho buat kekebalan tubuh, menghilangkan racun tubuh atau si toxic tadi, dan bonus satu lagi, baik buat kulit juga buat diet. Tapi. Ya. Kadang males aja bikinnya. Hahaha.
Natsbee Honey Lemon temani aktivitas liputan saya dulu yihaaa
Makanya pas Pokka ngeluarin produk minumannya, Natsbee Honey Lemon alias si minuman madu lemon ini seakan menjadi jawaban atas segala kemageran saya meracik minuman madu lemon setiap hari. Kan kalau tinggal minum gini praktis banget, orang rasanya juga mirip-mirip sama yang saya racik. Manisnya pas, madunya berasa, asem lemonnya juga berasa. Seger deh, apalagi kalau udah didiemin di kulkas seharian terus diminum pas siang hari lagi terik. MasyaAllah nikmat mana yang mau kalian dustakan, gengs?
Enak diminum selagi dingin di siang terik. Beh mantap betul!
Menyenangkannya, harganya terjangkau! Sebotol isi 450 ml ini dihargai sekitar Rp 6.500,-. Enak nih buat stok di kosan. Haha. Terus ya, di angka kecukupan gizinya, tertulis Vitamin C nya 100%, lemak totalnya 0%. Suka girang nggak sih kalau liat informasi nilai gizi gini di bagian lemaknya 0% tuh? Kalau saya sih girang banget haha. Biar empunya ini, si Pokka asalnya dari Jepang, tapi nggak usah khawatir lho. karena Natsbee Honey Lemon ini udah terdaftar di BPOM dan udah dapet sertifikat halal dari MUI. Kalian bisa cek deh di website-nya MUI hehe.

Rekomendasiku bulan ini, Natsbee Honey Lemon yuhuuu
Jadi saya sih yes, alias merekomendasikan minuman madu lemon ini ke kalian semua. Beberapa temen sekantor saya dulu pas masih liputan bareng, saya bagi juga dan enak mereka bilang. Jadi nggak cuma pendapat saya aja dong ya hehehe.

Tuppy sama Blobby aja minum Natsbee Honey Lemon lho hahayy
Jadi (lagi), udah siap bersihkan hari aktifmu, #AsikTanpaToxic dengan Natsbee Honey Lemon yang kandungan Vitamin C-nya nggak main-main? Selamat mencoba ya!

XOXO!
Za

2 comments:

  1. paduan madu dan lemon bagus ay sinergis bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dooong pasti. Yang ini praktis pula tinggal minum hehe

      Delete