[BEAUTY]: REVIEW BIORE UV AQUA RICH WATERY ESSENCE SPF 50+ PA++++

8:30 AM Nova Zakiya 1 Comments


Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+ PA++++ ini bisa dibilang sunscreen sejuta umat. Dimana-mana, entah itu tutorial make up para beauty influencer, review di Female Daily atau temen-temen sendiri, hampir sebagian besar pakai sunscreen biore ini. Saya pribadi penasaran pakai sunscreen biore ini karena terus-terusan liat Kak Icil (@bylizzieparra) yang kalau tutorial daily make up pasti diawali dengan biore dan doi selalu bilang ini bagus. Ya kan anaknya gampang tergoda sama review-an orang yak ini :3
Bahkan baru-baru ini, di Twitter ada sebuah thread yang bilang sunscreen Biore Watery Essence ini ada versi KW-nya. Serem ndak sih :(
Emang sebagus apa sih si mungil biru ini menghalau sinar matahari di kulit kita? Saya tuliskan review saya pribadi setelah saya pakai sebulanan ini ya~

Kenapa Butuh Sunscreen?

Sunscreen is a must! Pemakaian sunscreen tuh jadi tahapan rutin skincare yang sangat penting dilakuin. Karena sinar matahari di atas jam 9 pagi itu jahat. Hahaha. Kalau masih pagi sampai jam 9 itu, matahari lagi oke-okenya karena ada kandungan vitamin D yang bagus buat kita. Tapi, kalau setelah itu, better nggak kena paparan sinar matahari langsung. 
Efek yang paling berasa banget buat saya pribadi kalau si matahari ini udah mulai ‘nakal’ itu perih banget di kulit, berasa kaya nusuk-nusuk gitu. Tapi bisa jadi beda di kalian karena jenis kulit kita kan beda-beda.
kalau judulnya liburan ya udah pasti WAJIB hukumnya PAKE SUNSCREEN!
Hampir semuanya akan menyarankan pemakaian sunscreen setiap hari, bukan cuma pas lagi liburan ke pantai atau berenang aja. Bahkan pemakaiannya sangat direkomendasikan buat kalian yang banyak beraktivitas di lapangan. 
Sunscreen punya fungsi buat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB yang bisa bikin kulit kita rusak, penuaan dini (plus dark spot, beb) dan berisiko kanker kulit. Makanya, lebih baik mencegah daripada mengobati, ya kan?
Kalau saya mulai rutin pake sunscreen ketika saya mulai turun ke lapangan. Karena sebelumnya cuma di kantor, saya pikir day cream yang ada SPF nya udah cukup. Tapi pas saya mulai liputan, inget banget itu hari pertama, kulit tuh langsung ‘cekit-cekit’ rasanya. Perih banget. Barulah dari situ konsultasi sama temen, browsing dan lain-lain, langsung pakai sunscreen.

Tergoda Sunscreen Biore

Bukan bukan, biore ini bukan sunscreen pertama saya. Kayaknya waktu itu belum masuk Indonesia juga sih (FYI, biore ini sunscreen dari Jepang). Sunscreen pertama saya itu merknya ISIS Pharma, dikasih sama dokter kulit dan kecantikan pas abis wawancara dia (buat liputan saya). Cuma karena merknya yang kurang awam, setelah habis saya pakai Banana Boat. Nggak tanggung-tanggung, SPF nya yang 110. Karena pas itu mau liburan ke Belitung juga sih hahaha.
Tapi di tengah-tengah pemakaian si banana ini, sunscreen biore mulai berseliweran di Instagram saya. Ya kan anaknya mudah penasaran dibilang, makanya pas begitu habis, langsung beli si biore ini. Saya beli di Sociolla harganya sekitar Rp 115.800,-.

Mari Kita Ulas dari Packaging

Saya suka sih packaging-nya, simpel banget dengan warna gradasi biru, enak adem diliatnya. Tulisan di mukanya juga nggak banyak, cuma “Bioré UV AQUA Rich Watery Essence SPF 50+ PA++++”. Dia travel-friendly abis, di pouch tuh sama sekali nggak makan tempat. Tube-nya ditutup ulir kaya krim-krim kebanyakan, terus lubangnya itu pas banget. Nggak terlalu kecil tapi nggak terlalu besar, jadi nggak perlu effort aja buat keluarin krimnya.
Sementara di baliknya, full tulisan Jepang yang isinya deskripsi produk. Maap maap nih karena belum lancar Bahasa Jepang jadi belum bisa bacanya hehe. Tapi jangan sedih, deskripsi dalam Bahasa Indonesia tertera di kemasan kotaknya.

Katanya Suncreen Biore itu...

si tutup ulir kemasan biore uv aqua rich watery essence
Sunscreen Biore ini mengklaim dirinya punya teknologi baru, yaitu UV Block dalam Watery Capsule, yang memberikan perlindungan kuat dari sinar UVA dan UVB dengan SPF 50+. Dia juga mengandung Hyaluronic Acid, Royal Jelly dan campuran ekstrak Citrus yang menjaga kelembaban kulit. Ini juga diperkuat dengan teksturnya yang ringan seperti air, nggak lengket dan bikin seger.

Bahan-bahannya

*brb belajar baca tulisan Jepang biar bisa kuliah di Jepang*
Water, Alcohol, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Lauryl Methacrylate/Sodium Methacrylate Crosspolymer, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate, Dimethicone, Acrylates/C10-30 Acrylate Crosspolymer, Glyceryl Stearate, Agar, Polyvinyl Alcohol, Sodium Hyaluronate, Citrus Gandis,  Citrus Medica Limonum, Citrus Aurantium Dulcis, Xylitol, Butylene Glycol, Propylene Glicol, Sodium Hydroxide, Potassium Hydroxide, Phenoxyethanol, Disodium EDTA, BHT, Fragrance.

Tekstur

Seperti yang selalu dibangga-banggakan, sunscreen Biore ini punya tekstur yang ringan dan watery sesuai namanya. Warnanya agak putih kehijau-mudaan sih kalau menurut saya. Wanginya seger ala-ala citrus tapi ya nggak terlalu nyengat.
Kulitnya keliatan kering ya? Huff
Pas diaplikasiin ke kulit, dia ada sensasi dingin (yang didapetin dari alkohol) dan mudah menyerap. Nggak lengket, nggak greasy, ringan dan yang penting nggak ninggalin whitecast yang suka jadi momok kalo kita pake sunscreen. Rasa-rasanya mungkin hampir mirip sama kalau kita abis cuci muka pakai air gitu.

Cara Pemakaian

Layaknya pakai krim muka pada umumnya sih, tinggal usapkan merata di wajah sama leher. Karena SPF-nya cuma 50, kalau kalian banyak beraktivitas di luar, jangan lupa ­re-apply secara berkala, misal setelah wudhu atau berkeringat. Kalau kalian cuma pakai pagi doang sih sama aja bohong huff.

Jadi, Menurut Saya...

Terhitung sudah satu bulan saya pakai sunscreen Biore. Saya pakai sebagai step terakhir morning skin care routine saya, sebelum pakai bedak (Pond’s Magic Powder BB andalan!). Ya emang beneran nggak perlu nunggu lama sih buat pakai bedaknya karena beneran secepat itu menyerapnya.
Wanginya seger sih dan itu kadang bisa jadi mood booster gitu sebelum beraktivitas pagi menghadapi macetnya Jakarta. Sunscreen ini menyarankan dirinya untuk dipakai sekitar 15-20 menit sebelum beraktivitas di luar. Tapi ya dalam kurun waktu yang disarankan itu, kadang buat saya nggak terlalu ngefek.
Maksudnya gini, kulit saya tuh lumayan sensitif kalau kena sinar matahari. Apa ya dibilangnya, jadi kaya sunburn suka perih gitu (untung nggak sampai muncul ruam sih). Saya suka sebutnya dengan istilah “cekit cekit”. Nah tapi, si Biore Aqua Rich ini lumayan nggak bikin ‘cekit cekit’, tapi ‘gremet gremet’. Ibaratnya kalau diurutin, ‘cekit cekit’ itu di level yang perih kena matahari, si ‘gremet gremet’ ini ada di posisi dia dibilang perih nggak, tapi dikata nggak perih juga nggak. Simpelnya, efeknya lebih ringan dari kata ‘cekit cekit’. Hahaha bingung nggak?
Terus menurut saya juga nggak terlalu ngefek sih karena kadang kulit berasa agak kusem juga. Nggak paham sih apakah ada hubungannya sama sunscreen sebelumnya yang saya pakai SPF-nya lebih tinggi (SPF 110 by the way). Cuma karena sekarang saya lebih banyak beraktivitas di dalam ruangan alias nggak terpapar sinar matahari langsung jadi ndak masalah sih. Yang penting, kulit nggak langsung kena sinar matahari. Dah gitu aja.
Abis pake sunscreen terus pake bedak ndak masalah~
Oh ya, sama satu lagi. Beberapa hari setelah pemakaian, kulit saya agak bereaksi dengan munculnya jerawat kecil (ada 3 langsung dan 2 di anak rambut) di pojokan jidat. Ini bukan tempat yang biasa buat saya tumbuh jerawat dan saya tuh tipikal yang jerawatannya karena siklus (mau haid), sementara pas saya pakai ini yang pertama kalinya tuh masih jauh banget dari siklus. Jadi mungkin ini purging karena produknya masih saya pakai sampai sekarang dan jerawatnya nggak nambah. Tapi jadi PR karena ngilangin bekasnya :((
Efek ini mungkin akan beda-beda di masing-masing orang, karena skin type kita yang berbeda. Kalau saya tipe normal to combination.
Coba saya poinkan ya.
(+)
Tekstur ringan, cepat meresap dan kasih efek dingin di kulit
Tetep bikin lembab kulit kaya berasa abis cuci muka
Nggak ada yang namanya whitecast atau greasy setelah pemakaian
Wanginya seger banget cocok dipake siang-siang
Aman-aman aja setelah pakai sunscreen lalu pakai bedak (atau foundation kalau lagi mau dandan formal)
Harganya terjangkau beb!

(-)
Ada alkoholnya
Buat saya nggak terlalu ngefek karena masih ‘gremet gremet’ di kulit 
Kurang cocok dipakai buat beraktivitas di luar ruangan/liburan ke pantai

Overall, saya sih suka. Repurchase? Belum tau sih, malah kepikiran buat balik lagi ke merk sunscreen saya sebelumnya (berasa ngefeknya karena SPF-nya lebih gede haha padahal 50 juga cukup sih). Tapi saya rekomendasiin ini buat kalian yang nggak banyak beraktivitas di luar ruangan. Gimana pun juga, kita harus tetep pakai sunscreen setiap hari dan menurut saya ini lumayan banget terjangkau harganya.
Sama satu lagi, kalian bisa beli di drugstore macem Guardian Watson Century atau di Sociolla kalau mau online. Seenggaknya udah terjamin keasliannya. Kalaupun ada masalah ya kita tau bisa komplen kemana. Sejak beredarnya ulasan soal fake Biore Aqua Rich ini jadi beneran kudu hati-hati. Kalau pengen tau, search aja deh di Twitter. Thread-nya lengkap sama foto yang mungkin bisa jadi pertimbangan kalian buat menilai keasliannya.
Jadi, tertarik pakai sunscreen sejuta umat ini? Atau bahkan udah pernah pakai? Share yuk pengalaman kalian di sini. Hihi

XOXO!
Za

1 comment: