9 Beauty Products Terfavorit 2018

10:20 AM Nova Zakiya 5 Comments


2018, orang makin banyak yang ngomongin dan peduli sama skin care. Entah ini emang beneran karena makin banyak akun-akun yang bahas soal skin care tahun ini, atau saya yang telat masuk ke dunia ini jadi baru ketemu akun-akun itu. Yap, saya baru nyentuh skin care yang lengkap (alias nggak hanya facial foam, moisturiser, sama sunscreen) di pertengahan tahun ini. Trigger-nya, karena kulit wajah saya waktu itu berasa super kering, dehydrate, hyperpigmentation, clog prone, dan kawan-kawannya 😩

Kulit Sehat adalah Sebagian dari Investasi!

FYI, skin type saya tuh normal to combination dan ini jadi patokan saya kalau beli beauty product terutama skin care. Waktu kulit saya super kering itu, saya banyak tanya-tanya ke temen saya yang lebih expert soal skin care dan juga baca-baca review di Female Daily Apps (follow me @novazakiya hahaha!).
Produk skin care yang pertama saya beli di masa pemulihan ini adalah essence. Konon katanya, essence itu bisa balikin kelembaban kulit. Lama-lama jadilah saya mulai beli-beli yang lain macem toner, micellar water, moisturiser (beda dari yang sebelumnya saya pakai), sheet mask, eye cream, dan lain-lain.
Rasanya, sekali kita beli skin care, tiap gajian bawaannya pengen beli mulu. Dalihnya, kulit yang sehat juga bagian investasi gengs!

Di sisi lain, saya juga mulai hobi pakai eksplor make up, ya walaupun ga se-heavy dan seniat yang lain sih. Cuma no make up make up aja. Sebagian dilakuin karena emang tuntutan profesi saat itu yang harus oncam dan nggak boleh kucel. Eh sama, makin keterusan.
Nah, di penghujung tahun ini, saya pengen share soal beauty product yang jadi favorit saya tahun ini. Ini hasil saya mencoba-coba sampai akhirnya ketemu yang memang beneran cocok. Kali bisa jadip pertimbangan buat kalian beli beauty product juga. Hihi. 

1. SK-II Facial Treatment Essence (FTE)


Sampai detik ini, SK-II FTE jadi produk holy grail buat saya! Karena memang sebagus itu hasilnya cintaaa bangeeet :3
Ini produk penyelamat saya dari ‘kekeringan’ waktu itu. Galaunya bukan main, secara lumayan pricey kalo nggak cocok kan sayang banget. Riset sana sini, tanya tanya ke temen yang pada pernah pake, baca baca review orang yang mostly jarang banget ketemu yang nggak cocok. Waktu itu, pilihan lainnya ada Wardah White Secret Pure Treatment Essence atau Avoskin PHTE yang harganya lebih ramah di rekening. Plus banyak yang bilang si avoskin ini dupe-nya SK-II. Hanya saja, saya mikirnya mending beli sekalian yang mahal deh tapi ngefek ketimbang yang lebih murah trus nggak cocok ujungnya beli yang mahal. Pemikiran yang salah ya? Hahaha.
Saya beli Pitera Set yang isinya si FTE ini, SK-II Facial Treatment Clear Lotion (toner 30 ml) sama sheet mask. Emang hasil terbaik kalau dipake barengan sih. Sebulan pemakaian, kulit rasanya lebih cerah, noda-noda jerawat tersamarkan, berasa lebih pede kalau bare face. Sementara buat ngilangin jerawat kaya review di luaran sana yang bilangnya tinggal kompres semaleman terus besok paginya jerawat kempes, saya nggak merasakannya sih. Huff.
Size FTE 75 ml ini menurut saya cukup awet sih. Saya pakai dari Mei, sekarang bulan Desember baru abis setengahnya. Saya pakai pagi malam, 2-3 tetes di tangan lalu di-tap tap ke wajah secara lembut. Jangan harap wangi karena baunya asem-asem nggak terdefinisi. Tapi ya, sebagus itu. Worth to buy karena ada harga ada rupa! Hahaha.

Baca Juga: Rutinitas Perawatan Kulit ala SK-II Jaga Kulit Cerah Pasca Lebaran

2. Banana Boat Sunscreen Lotion SPF 110 PA+++


Sunscreen super duper efektif menangkis radiasi sinar ultraviolet yang jahat! Pertama kali saya beli waktu mau liburan ke Belitung. Rutin saya pakai selama mantai di sana dan bener-bener nggak belang. Seseneng itu pulang dari pantai yang panas trus kulit nggak kebakar :3
Sebelumnya bisa dibilang saya sering bolos pakai sunscreen. Tapi, setelah pulang liburan itu jadi rajin pakai sunscreen karena ternyata bahaya juga kalau nggak dipakai setiap hari. Bisa nimbulin dark spot, jerawat sampai risiko kanker kulit. Terlebih, kerjaan saya yang selalu liputan kemana-mana waktu itu bikin makin nggak boleh bolos pakainya.
Enaknya si Banana Boat ini, teksturnya emang cukup rich tapi cepet menyerap. Abis itu pakai make up juga nggak masalah. Udah gitu nggak bikin berminyak dan water resistant. Rajin-rajin re-apply sih, terutama kalau abis wudhu untuk hasil terbaik :3
Berhubung sekarang kerjaan saya lebih banyak di dalem ruangan, saya pakai sunscreen lain yang SPF 50. Si SPF 110 ini saya pakai kalau lagi banyak berkegiatan di luar. Tapi tetep lebih suka pakai ini sih, mungkin karena lebih lama pakai SPF 110 jadi pakai yang lebih kecil berasa nggak ngefek hehe.

3. For Skin’s Sake Stimulate MatrixylTM 3000 Eye Gel


Awalnya tau For Skin’s Sake itu dari Ka Icil yang selalu review cotton pads-nya yang bagus. Nah, kebetulan pas saya mau beli si kapas, mereka baru keluarin si eye gel dan eye cream. Kebetulan lagi, eye cream saya yang sebelumnya abis dan nggak terlalu sreg buat repurchase (nggak terlalu berhasil soalnya). Lucky me, baru launching, dia udah didiskon sekitar 50%-an kalau nggak salah di Female Daily. Ya nggak pakai mikir langsung beli lah haha.
Saya milih eye gel karena dari deskripsinya lebih cocok sama permasalahan di area mata saya yang mata panda, berkantong dan mulai ada garis-garis halus. Dan pas dateng produknya, langsung suka karena pas dipakai jauh lebih relaxing ketimbang eye cream saya terdahulu. Bentuknya gel jadi lebih dingin. Keunggulan lainnya, dia mengklaim dirinya no paraben, no animal testing, no added fragrance dan vegan jadi aman beb.
Eye gel ini cukup ngefek buat saya, karena mata panda lumayan berkurang walaupun nggak ngurang banyak karena masih keseringan begadang. Kayanya hasil terbaik kalau ini dipakai rutin plus nggak tidur terlalu malem deh. Cus lah jadi resolusi tahun 2019!

4. Bioderma Hydrabio H2O


Micellar water terfavorit karena ngapus make up berasa effortless haha. Apalagi ngapus make up mata, tinggal tuang di kapas, diemin sekitar 10 detikan (lebih boleh) di mata, lalu usap halus dan taraaaa… eyeshadow eyeliner langsung keangkat! Kalau waterproof paling perlu diulangin ngusapnya (pake kapas yang sama) dan bersih!
Wanginya lembut. Nggak lengket dan bikin kulit lembab. Pas nggak pakai make up pun tiap malem sebelum cuci muka saya bersihin dulu pakai Hydrabio H2O ini. Karena kotoran yang nyisa di kulit (terutama wajah) bisa nyumbat pori-pori dan bikin jerawat. Tapi, sangat tidak disarankan pakai ini buat ngapus lipstick karena rasanya pahit.
Soal kenapa saya pilih si Hydrabio yang biru ini, karena seri ini memang dibuat untuk kulit yang dehidrasi, cocok sama masalah kulit saya yang selalu berasa kering. Sementara yang hijau si Sebium itu buat kulit berminyak dan berjerawat, dan yang pink si Sensibio itu buat kulit sensitif.
FYI, kulit dehidrasi sama kulit kering itu beda ya. Kulit kering itu biasanya bawaan dari lahir karena rendahnya produksi minyak di kulit. Cirinya, kulit berasa nggak elastis, kusam, garis halus di wajah keliatan, bahkan sampai bisa terkelupas. Bisa juga karena perubahan cuaca sih.
Sementara kalau kulit dehidrasi itu bisa dialami oleh skin types manapun, mau kulit kering, normal ataupun berminyak. Penyebabnya bisa karena polusi, obat, eksfoliasi berlebihan dan juga perubahan cuaca ekstrim. Intinya, kulit kurang air jadi berasa kering, lebih sensitif, muncul garis wajah plus terkadang juga gatel. Kalau udah gini, banyak banyak minum air putih atau pakai skin care yang mengandung hyaluronic acid.

5. Bioderma Hydrabio Gel-Crème


Moisturiser ini dapet awalnya dapet sepaket sama Bioderma Hydrabio H2O yang value set (kemasan 15 ml). Sama sekali nggak expect apapun pas pertama pakai, karena udah punya moisturiser sendiri yang rasanya udah cocok bertahun-tahun. Bahkan pas awal pemakaian, rasanya sempet ada rasa gatel di bagian pipi yang bikin saya pakai kalau mau keluar rumah sebentar (bukan buat ke kantor).
Tapi, lama kelamaan berasa efeknya. Kulit lebih lembab dalam waktu yang cukup lama yang pasti, rasanya lebih halus dan cerah, juga ringan pas dipakai karena cepat menyerap. No paraben, non-comedogenic, dan hypoallergenic. Rasanya kaya yang, ‘wah ini nih rasa yang selama ini saya cari pas kulit saya dehidrasi’. Alhasil, jadilah beli lagi yang 40 ml karena yang 15 ml jelas lebih cepat habis. Hehe.

6. Vaseline Repairing Jelly


Jadi, selain masalah kulit yang suka berasa dehidrasi, bibir saya juga cukup sensitif dan gampang banget kering. Apalagi kalau salah pakai lipstik alias nggak cocok, kulit bibir langsung ngelupas dan bawaannya pengen dikelet mulu tapi sakit. Makanya, produk ini jadi penyelamat bibir saya yang gampang kering huhu.
Kalau dipakai sebelum tidur, bangun pagi bibir tuh rasanya lembut banget. Kalaupun ada kulit mati, dia ngelupas sendiri gitu, kaya tinggal kita angkat nggak pake effort berlebih. Saya juga pakai ini sebagai base sebelum pakai lip cream. Secocok-cocoknya saya sama lip cream, tetep saya lebih suka mencegah bibir ngelupas dengan pakai ini dulu.
Nah, selain buat bibir, si Vaseline ini tuh multifungsi buat anggota tubuh lainnya. Kalau saya pribadi kadang suka pakai di kulit yang bener-bener kering misal di siku tangan atau tumit kaki atau bagian tubuh lainnya yang kering. Pas dioles memang rasanya kurang nyaman sih, karena berasa panas nggak seger. Tapi efek setelahnya, lembut itu kulit yang sebelumnya kering.
Ini produk yang selalu saya bawa kemana-mana karena tiap ngerasa kering bibirnya langsung dioles ini deh.

7. Pond’s Magic Powder BB


Saya pernah nulis kenapa saya sesuka ini sama Pond’s Magic Powder BB dan ini bedak ketiga saya. Dua sebelumnya beli di Thailand karena belum masuk Indonesia. Tapi sekarang udah masuk jadi gampang belinya dan mureeeeeh banget beb.
Bedak ini tuh seringan dan se-translucent itu jadi berasa nggak medog alias nggak terlalu keliatan bedakan dan saya suka yang begini hehe. Bedaknya warna coklat beige gitu trus ada glitter-nya tapi pas dibaur ke wajah langsung nge-blend dan menyesuaikan sama skin tone kita. Lumayan matte dan coverage-nya oke walaupun nggak menyamarkan noda-noda hitam bekas jerawat 100 persen. Yang jelas, nggak bikin kucel muka hihi.

8. Face Glow By Lizzie Parra


Ini produk baru launching bulan November tapi sukses bikin saya sejatuh cinta itu. To be honest, saya nggak terlalu suka pakai blush on powder, lebih seneng pakai cream blush karena hasilnya yang lebih natural dan nggak bikin bruntusan. Karena saya ngikutin banget akun @blpbeauty dan Ka Icil, lihatlah pas acara launching-nya. Udah tergoda, tapi masih ditahan. Besokannya pas ke Lotte mampir ke Beauty Space (offline store-nya BLP), nyobain dan sesuka itu sama hasilnya 😭.
Dia tuh sekali disapu di pipi aja langsung keluar warnanya, natural banget kaya pipi tuh merona alami. Saya sengaja cari alasan biar nggak beli dengan tanya produk ini lebih cocok kalau pakai foundation ke BA-nya. Eh dia langsung bilang kalau dia sekarang lagi nggak pakai foundation tapi pakai blush on ini dan hasilnya bagus. Entah beneran atau nggak tapi saya langsung nggak bisa menolak dan sama sekali nggak nyesel udah beli.
Jadi produk ini isinya ada blush on dan highlighter. Saya beli yang summer sunrise, alias yang warnanya coral jadi natural banget pas dipakai. Saya make sehari-hari buat ngantor dan tanpa foundation tetep kece, malah belum pernah coba kalau pakai foundie gimana hasilnya. Highlighter-nya juga nggak lebay, dipakai ke kantor pun nggak masyalah. Shade ini yang paling favorit lho kata BA-nya BLP. Dan saya berhasil meracuni temen tuk membelinya gegara dia baca review saya di Instagram hihi.
Sebenernya pengen banget nulis review-nya di satu artikel terpisah, nanti ya kita buat. Karena waktu itu udah foto tapi ternyata nggak terlalu keliatan kalau difoto blush-nya. Padahal udah tebel pakenya huhu.
Oh ya, BLP juga ngeluarin brush dan itu lembut banget. Saya punya yang brush-nya blush on jadi udah paket lengkap banget deh sukaaaaa :3

9. Lip Coat Peach Soda By Lizzie Parra


Lagi-lagi dari produk @blpbeauty yang sulit untuk saya tolak. Dari awal launching, udah secinta itu sama shade-nya. Ini udah repurchase yang kedua kalinya karena menurut saya ini warna peach yang saya banget.
Pas dipakai di bibir peach-nya oke, nggak gonjreng yang orange banget gitu dan bikin muka kelihatan fresh. Perasaan saya yang dari dulu nggak berubah, setiap pakai lip cream ini tuh warna blush on saya jadi lebih keluar (warna pipi merona alami gitu beb), mau pakai face glow atau cream blush.
Ringan banget pas dipakai dan nggak lengket. Walaupun matte, tapi dia nggak bikin bibir saya kering dan pecah-pecah (kaya yang tadi saya bilang, bibir saya cukup sensitif sama lipstik huhu). Coverage-nya oke, pigmented alias nggak perlu oles banyak biar warnanya keluar. Tapi, agak transferable sih karena kalau saya minum pagi-pagi di kantor suka nempel lipstiknya. Memang nggak banyak sih, warna yang stay di bibir juga masih bagus hehe.
Yang saya suka lagi dari lip coat ini tuh dia kalau warnanya udah ilang menyisakan warna bibir asli yang lebih cerah. Tapi ini berlaku di bibir saya ya, nggak tau kalau di kalian seperti apa. Yang jelas, saya belum menemukan warna peach yang secocok ini. Rasanya semua warna peach keluaran @blpbeauty itu adalah pencarian saya selama ini haha.
Baca selengkapnya cerita saya soal produk ini di [BEAUTY]: Review Lip Coat Peach Soda By Lizzie Parra.

Final Thoughts

Memang sejak Mei tahun ini saya udah nyobain beragam skin care dan make up. Tapi lebih banyak jajan skin care sih karena rasa ingin tahu saya yang tinggi (namanya juga anak baru masih seneng senengnya). Apalagi tiap bulan ada aja produk baru yang keluar, mau itu produk lokal ataupun Korean skin care yang lagi happening banget dan masuk ke Indonesia. Salahnya saya, semua saya cobain dan dalam waktu yang bersamaan jadi pas muncul purging atau breakout nggak gampang buat nyari penyebabnya.
Kaya sekarang, kulit saya jadi muncul bruntusan terutama di bagian pipi dan jidat. Jadi saya ngelakuin skin care detox buat ngembaliin kulit saya dulu. Skincare detox ini masih di tahap mengurangi skin care yang saya pakai dan balik lagi ke produk awal saya yang memang udah cocok.  Next, saya mau coba detox makanan juga sih.



Nah, 9 produk favorit saya ini termasuk yang masih saya pakai sampai sekarang (produk make up-nya cuma 3 haha). Nanti saya ceritakan ya kalau skincare detox saya berhasil, plus review skin care yang saya pakai. Nggak kayak produk make up yang bisa langsung di-review dalam waktu pemakaian 2 minggu, saya butuh waktu sebulanan lebih untuk lihat hasil dari skincare yang saya pakai. Itu kalau nggak males hahaha.
Jadi kalau kalian, beauty product apa yang paling favorit di tahun ini? Share di kolom komentar ya!

XOXO!
Za

5 comments:

  1. Penasaran sm si ponds bb powder itu tp mikirnya males apply hrs pake brush gitu ga sih? Hehe
    Favoritku di lini make up tahun ini sih lip tint emina. Super suka!

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo aku lebih suka pake beauty blender sih buat pake bedaknya kak, cuma kalau lagi ga bawa beauty blender aku tepuk tepuk aja di wajah pake tangan langsung hihi. Oh ya? wah aku harus nyoba berarti. produk emina favoritku itu cream blushnya hihi

      Delete
  2. Replies
    1. iya hehehe soalnya ada banyak yang dicoba :3

      Delete
  3. Aku dulu juga suka banget sama bedak BB nya si Pond's. Dulu pake nya pas bedak ini belum masuk Indonesia. Mau repurchase saat itu bingung beli di mana, soalnya bisa punya pun gara-gara dikasih oleh-oleh sama bos yang baru pulkam dari Thailand.XD

    ReplyDelete